%0 Journal Article %@ 2089-5003 %A Sri Astuti, Astuti %A Pramudiani, Puri %A Masykuroh, Khusniyati %A Ulfah, Syafika %D 2021 %F repository:28996 %I Universitas Negeri Yogyakarta %J Jurnal Pendidikan Karakter %N 1 %P 117-133 %T SINERGITAS GURU DAN ORANGTUA DALAM INTEGRASINILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARINGDI MASA PANDEMI COVID-19 %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28996/ %V 12 %X Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pola sinergitas antara guru dan orang tua dalam integrasi nilia-nilai karakter pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Responden penelitian ini yaituguru dan orangtua siswa dari tiga Sekolah Dasar Muhammadiyah,yaitu SD Muhammadiyah Bojonggede Provinsi Jawa Barat, SD Muhammadiyah 24 Rawamangun Provinsi DKI Jakarta, dan SD Muhammadiyah 12 Pamulang Provinsi Banten. Responden berjumlah 25 guru dan 141 orangtua. Angket menggunakan skala likert,dan data yang didapatkan dianalisis secaradeskriptif kuantitatif dan dilanjutkan dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pada indikator pembimbingan karakter, sinergitas guru dan orang tua di tiga sekolah tersebut sudah berjalan baik.Keduanya telah bersama-sama memberikan pembimbingan karakter kepada anak. Sedangkan untuk indikator penilaian karakter dan menjalin komunikasi terdapat perbedaan pola sinergitas antara guru dan orang tuadi ketiga sekolahtersebut