eprintid: 28842 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/88/42 datestamp: 2023-09-02 02:34:14 lastmod: 2023-09-02 02:34:14 status_changed: 2023-09-02 02:34:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Harliandi, Egi title: Pengaruh Pengetahuan, Pemahaman, Reputasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Takmir Masjid dalam Menggunakan Produk Tabungan Wadiah (Studi Kasus Takmir Masjid Nasabah Bank DKI Syariah Kecamatan Cengkarreng). ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Egi Harliandi, Pengaruh Pengetahuan, Pemahaman, Reputasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Takmir Masjid dalam Menggunakan Produk Tabungan Wadiah (Studi Kasus Takmir Masjid Nasabah Bank DKI Syariah Kecamatan Cengkarreng).Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh Pengetahuan, Pemahaman, Reputasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Takmir Masjid dalam Menggunakan Produk Tabungan Wadiah (Studi Kasus Takmir Masjid Nasabah Bank DKI Syariah Kecamatan Cengkarreng). Dengan pengambilan sampel sebanyak 80 responden takmir masjid dengan menggunkan rumus slovin dan diperkuat dengan teori. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pengetahuan (X1) berpengaruh terhadap Keputusan dalam menggunakan tabungan wadiah (Y) dengan nilai signifikansi 0.01 < 0,05 dan nilai koefisien regresi 0.216. 2) Pemahaman (X2) berpengaruh terhadap Keputusan dalam menggunakan tabungan wadiah (Y) dengan nilai signifikansi 0.003 < 0,05 dan nilai koefisien regresi 0.268. 3) Reputasi (X3) berpengaruh terhadap Keputusan dalam menggunakan tabungan wadiah (Y) dengan nilai signifikansi 0.004 < 0,05 dan nilai koefisien regresi 0.257. 4) Kualitas Produk (X4) berpengaruh terhadap Keputusan dalam menggunakan tabungan wadiah (Y) dengan nilai signifikansi 0.028 < 0,05 dan nilai koefisien regresi 0.207. dilihat dari nilai Adjusted R Squere sebesar 0.791 atau 79,1% yang artinya variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen, dan sisanya 20,9% dijelaskan faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Referensi Buku : Adrian, Payne. The Essence of Service Marketing. New Jersey: Prentice Hall. Inc,1993. Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta:Gema Insani, 2001. Arifin, Zainul. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah, Jakarta:Pustaka Alvabet, 2006. Ascarya. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017. Ayub, Moh.E. dkk. Manajemen Masjid. Jakarta: Gema Insani Press.1996. Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.2017. Dahlan, Ahmad. Bank Syariah: Teoritik, Praktik, Kritik. Yogyakarta: Teras, 2012. Damyati, dkk., Perilaku Konsumen.Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2017. Drs.Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011. Gazalba, Saidi. Masjid Pusat Ibadah dan Kebudayaan Islam. Cet.VI Jakarta: Pustaka Al Husna. 1994. Harahap, Sofyan Syafitri. Manajemen Masjid. Jogjakarta: Bhakti Prima Rasa.1996. Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008. Ikatan Bankir Indonesia. Memahami Bisnis Bank Syariah, Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2014. Ikit. Manajemen Dana Bank Syariah, Yogyakarta: Gava Media, 2018. Kasmir. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi ke-2. Jakarta: Rajawali Pers, 2014. 100 Pengaruh Pengetahuan, Pemahaman..., Egi Harliandi, FAI, 2019. 101 Kotler. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta : Salemba Empat, 2002. Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Prenalindo, 2002. Kountur, Ronny. Metode Penelitian: Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Buana Printing, 2009. Muhammad. Manajemen Dana Bank Syariah, Yogyakarta:Ekonisi, 2005. Muhammad. Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011. Rangkuti, Freddy. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2017. Rifa’i, A. Bachrun dan Moch. Fachruroji. Manajemen Masjid. Bandung: Benang Merah Press.2005. Sudarsono, Heri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustras, Yogyakarta: Ekonisia, 2004. Sudirman, H.Makka. Rekontruksi Manajemen Masjid dan Peran Kelebean Bima: Pemda Kabupaten Bima.2016. Sujarweni, Wirana. Statistika Untuk Penelitian”, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Supardi. Metodologi Penelitian Ekonomi & Bisnis.Yogyakarta: UII Press.2005. Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.2008. Sutarmadi, Ahmad.dkk. Manajemen Masjid Kontemporer. Jakarta: Media Bangsa.2012. Tanjung, Hendri. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing, 2013. Umar, Husein. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Pradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Rajawali Pers, 2013. Pengaruh Pengetahuan, Pemahaman..., Egi Harliandi, FAI, 2019. 102 Wijayanti, Titik. Marketing Plan Dalam Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia, 2014. Wiroso. Penghimpunan Dana & Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah, Jakarta: Grasindo, 2005. Referensi Jurnal : Gampu, Anggita Novita. “Analisis Motivasi, Persepsi, dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah memilih PT. Bank Sulut Go Cabang Utama Manado”, dalam Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol: 3, 2015. Herlina. “Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Metode Permainan Bingo”. Jurnal PGSD UIN. Vol.10 2015. Hidayah, Astika Nurul dan Ika Ariani Kartini. “Peranan Bank Syariah Dalam Sosialisasi Dan Edukasi Masyarakat Tentang Kemanfaatan Produk Dan Jasa Perbankan Syariah’ dalam Jurnal Kosmik Hukum, Vol. 16 No. 1 Januari 2016 ISSN 1411-9781. Husadatama, Galuh. “Analisis Determinasi Pemahaman Pemilihan Perbankan Oleh Masyarakat Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur”, dalam jurnal Fakultas Ekonomi dan Binis, 2015. Khedhaouria, Anis. “Sourcing Knowledge for Innovation : Knowledge Reuse and Creation in Project Teams”. Jurnal of Knowledge Management. Vol. 19. 2015. Lestari, Alfi Muflikhah. “Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah”, dalam jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2015. Nasir, Muhammad. “Pengetahuan Masyarakat Umum dan Masyarakat Terhadap Bank Syariah”, dalam jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, Vol. 17, 2016. Pengaruh Pengetahuan, Pemahaman..., Egi Harliandi, FAI, 2019. 103 Pratomo, Wahyu Ario. “Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Keuangan Deli Serdang”, dalam Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.2 , 2014. Pursetyaningsih. “Pengaruh Harga, Reputasi, Kualitas Jasa, Promosi, Keterpaksaan Berpindah, Dan Rekomendasi pada Perilaku Nasabah Berpindah Bank”, dalam Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Vol.1 No.3, Desember 2008. Rochmanto, Bayu Al dan Ibnu Widyanto. “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen dalam Minat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal”, dalam Jurnal Manajemen, Vol: 4, 2015. Utari, Desi Suci. “Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Jasa Asuransi (Kasus pada PT.Asuransi Bsam Cabang Pekanbaru)”, dalam Jurnal Jom FISIP, Volume 2 No.2- Oktober 2015. citation: Harliandi, Egi (2019) Pengaruh Pengetahuan, Pemahaman, Reputasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Takmir Masjid dalam Menggunakan Produk Tabungan Wadiah (Studi Kasus Takmir Masjid Nasabah Bank DKI Syariah Kecamatan Cengkarreng). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28842/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1407025039_EGI%20HARLIANDI.pdf