eprintid: 28758 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/87/58 datestamp: 2023-08-26 02:39:27 lastmod: 2023-08-26 02:39:27 status_changed: 2023-08-26 02:39:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hayati, Aida title: Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat DalamMengajukan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Bank BJB Syariah KCP Bumi Serpong Damai. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: AIDA HAYATI: 1607025080, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat DalamMengajukan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Bank BJB Syariah KCP Bumi Serpong Damai. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti atas pengaruh antara Pemasaran, Minat, Promosi, Harga, Tempat, Kualitas Pelayanan dan Kemudahan Terhadap Minat Masyarakat dalam Mengajukan Pembiayaan Murabahah. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan cara simple random sampling. Dari hasil analisis uji t dengan tingkat signifikasi 5% atau 0,05 menunjukan bahwa Pemasaran sebesar 0,024 berpengaruh positif, Promosi sebesar 0,694 tidak berpengaruh signifikan, Harga sebesar 0,014 berpengaruh positif, Tempat sebesar 0,275 tidak berpengaruh signifikan, Kualitas Pelayanan sebesar 0,000 berpengaruh positif, Kemudahan sebesar 0,151 tidak berpengaruh signifikan dengan nilai F hitung diperoleh sebesar 0, 829. Angka ini menunjukan bahwa Minat dalam mengajukan Pembiyaan mampu dijelaskan oleh faktor Pemasaran, Promosi, Harga, Tempat, Kualitas Pelayanan dan Kemudahan sebesar 82,9% , sedangkan sisanya 17,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Referensi Buku Abdul Rahman Shaleh dan Muhib Abdul Wahab, Psikologi Suatu pengantar dalam Prespektif Islam (Jakarta: Prenada Media, 2004) Abdullah Amrin. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2008) Abdullah Said, Bank Islam dan Bunga (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008) Ascarya, Akad & Produk Bank Syariah (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008) Fridayana Yudiaatmaja, Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013), Ikit, Manajemen Dana Bank Syariah (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2018) Iskandarwasid & Dadang Suhendar, Strategi Pembelajaran Bahasa (Bandung: Rosda, Cet ke-3, 2011) Ismail, Perbankan Syariah (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2011) J.Supartono, petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah untuk menyusun skrpsi, Tesis dan Disertasi (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012) Kotler, Manajemen Pemasaran edisi 9. (Jakarta: Prehalindo,2002) Muhammad Ayub, Understanding Islamic Finance A-Z Keuangan Syariah (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009) Faktor-Faktor yang..., Aida Hayati, FAI, 2020. 84 Mahmud Machfoedz, Pengantar Pemasaran Modern (Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan) Mardani, Fiqh Ekonomi Syariah Fiqh Muamalah (Jakarta: Kencana, 2012) Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, (Jakarta: Rajawali Press, 2016) Ni Desak Made Sri Adnyawati, Perilaku Konsumen (Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2017) Prawoto, Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2015) Rochaety, Metode Penelitian Bisnis (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2007) Sofjan Assauri. Manajemen Pemasaran (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015) Sopiah, Perilaku Konsumen (Yogyakarta: Ando, 2015) Sudarsono. Kamus Filsafat dan Psikologis (Jakarta: Anggota IKAPI, 1993), Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif (Bandung: Alfabeta, 2017) Umar Husein, Manjemen Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 2002) Veithzal Rivai, Islamic Financial Management, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2008) Yudrik Jahja, Psikologi perkembangan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011) Yusanto, Ismail. Menggagas Bisnis Islam. (Jakarta: Gema Insani Press, 2002) Faktor-Faktor yang..., Aida Hayati, FAI, 2020. 85 Referensi Jurnal Ahmad Saifurriza Effasa. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Pedagang Muslim Dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah Mandiri Kc Sumberrejo-Bojonegoro. Vol 8 No. 1 Juli 2019, Hal 41. http://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/article/viewFile/893/752 Ni Made Ayu Krisna Dewi, “ Pengaruh Volume Perdagangan Saham, Leverage dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Volatilitas Harga Saham. Vol. 17 No. 2 2016. Dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/20226 Sigit Sanjaya dan Nila Pratiwi, “Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Kurs, dan Inflasi terhadap JII”, dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3, No. 1 (2018), h. 53-54 dari https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/144/147 Yenti Afrida, “ Analisis Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah, dalam jurnal ekonomi dan Bisnis Islam, Vol 1, No. 2 (2016) Hal. 3 dari http://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/32 citation: Hayati, Aida (2020) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat DalamMengajukan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Bank BJB Syariah KCP Bumi Serpong Damai. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28758/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1607025080_AIDA%20HAYATI.pdf