eprintid: 28673 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/86/73 datestamp: 2023-08-23 04:26:50 lastmod: 2023-08-23 04:26:50 status_changed: 2023-08-23 04:26:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suchriyah, Sarah title: Analisis Konten Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas V Sekolah Dasar dari Perspektif Kesetaraan Gender. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Sarah Suchriyah, Analisis Konten Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas V Sekolah Dasar dari Perspektif Kesetaraan Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof DR.HAMKA. Buku teks pembelajaran merupakan sumber pembelajaran utama yang dipakai oleh guru dan peserta didik untuk mencapai Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya Masyarakat lebih cenderung mengkritisi kemampuan guru dalam mengajar, sehingga mengabaikan sumber belajar yang dipakai guru dalam proses pembelajaran. Pemberian stimulasi bagi anak Sekolah Dasar melalui visual, gambar yang terdapat pada buku lebih menarik perhatian mereka dari pada tulisan yang panjang. ilustrasi gambar yang terdapat pada buku-buku sekolah dasar lebih menonjolkan peran laki-laki ketimbang perempuan.Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang analisis konten buku PAI dan Budi Pekerti untuk mengkaji isi konten, bahasa,dalil dan bias gander yang terdapat pada buku PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian library research dan metode analisisnya adalah metode analisis isi (content analysis) yaitu meneliti isi konten buku PAI dan Budi Pekerti Kelas V penerbit Pusat Kurikulum dan Pembukuan Kemendikbud yang dipakai di SDN 02 Muncul. Penelitian ini juga mengunakan metode deskriptif analisis, yaitu menguraikan data, mengumpulkan data, menganalisis, mentafsirkan dan menginterprestasikan data untuk mengambil kesimpulan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa isi materi yang terdapat dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas V ini tidak mendeskriminasikan antara laki-laki dan perempuan (netral gender). Namun, masih ditemukan bias gander dari segi ilustrasi gambar yang ditayangkan. Demikian juga dari aspek ibadah, pada buku ini setiap kegiatan beribadah selalu mengedepankan laki-laki daripada perempuan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Al-qatawneh, S. S., Alsalhi, N. R., & Eltahir, M. E. (2019). Heliyon The citizenship values included in intermediate stage Arabic-language textbooks and teachers ’ awareness of them in the UAE : A case study Elements of CiƟzenship Rights. Heliyon, 5(November), e02809. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02809 As’ad, M. (2016). Problematika Pemanfaatan Buku Teks PAI Pada SD di Kota Ambon. Jurnal Pustaka, 4(1), 11–24. Badan, A., Nasional, S., & Selatan, C. J. (2012). Badan Standar Nasional Pendidikan Daftar Isi. Basuki, W., Rakhmawati, A., & Hastuti, S. (2015). ANALISIS ISI BUKU AJAR BAHASA INDONESIA WAHANA PENGETAHUAN UNTUK SMP/MTs KELAS VIII. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(2), 54080. Budiyono, S., Waluyo, H. J., Slamet, S. Y., & Rohmadi, M. (2016). The Text- Based Indonesian to Stimulate Achievement and Motivation ( A Textbook for the Seventh Graders of Junior High Schools ). 5(11), 1595–1599. https://doi.org/10.21275/ART20163114 Edukasi, J., April, S., Sebelas, S., & Sumedang, A. (2018). KONSEP PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA DINI Siti Noor Rochmah Program Studi PGPAUD STKIP Sebelas April Sumedang. 2(2). Efendi, A. (2009). Beberapa Catatan tentang Buku Teks Pelajaran di Sekolah. Insania, 14(2), 320–333. Retrieved from ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/334/299%0A Efendy, R. (2014). Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan. Jurnal Al- Maiyyah, 7(2), 142–165. Retrieved from http://ejournal.kemsos.go.id/index.php/SosioKonsepsia/article/view/809/407 Eksistensi, M., Islam, P., & Era, D. I. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. 1(2), 221–239. Hasanah, U., & Musyafak, N. (2018). GENDER AND POLITICS: Keterlibatan Perempuan dalam Pembangunan Politik. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(3), 409. https://doi.org/10.21580/sa.v12i3.2080 Jahidi, I. (2004). Gender Mainstreaming di Bidang Pendidikan Antara Peluang dan Tantangan. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 20(3), 327–341. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2016). Dokumen kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, (Desember), 1–23. Analisis Konten Buku..., Sarah Suchriyah, FAI, 2020. 89 Khoiriyah, U. (2019). Nilai-nilai Kesetaraan Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Menengah Atas Kurikulum 2013. IAIN Salatiga. Lasaiba, D. (2016). Gender Relation Dalam Buku Ajar Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Al-Iltizam, 1(2), 1–16. Lon, Y. (2017). Pendidikan HAM , Gender dan Antikorupsi (1st ed.; STKIP St.Paulus Ruteng, Ed.). NTT: STKIP St.Paulus Ruteng. Mahmudah, R. (2016). Analisis Kualitas Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menegah Pertama (SMP) Kurikulum 2013 di Kabupaten Malang. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang. Maksum, A. (2016). ANALISIS KUALITAS BUKU PELAJARAN IPS SD Arifin Maksum & Juwita Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Negeri Jakarta QUALITY ANALYSIS OF PRIMARY SCHOOL SOCIAL SCIENCE. 30(1), 41–46. Nasional, D. P. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 tentang Buku. 1–7. Pemerintah indonesia. (2017). Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan. Peraturan Mentri Nomor 9 tahun 2018. (2018). Retrieved from https://hkln.kemenag.go.id/download.php?id=1605 Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057 Rasyidin, A. (2010). Bias Gender Dalam Buku Pendidikan Agama Islan Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Keislaman, 7(1), 81–114. Riadi, R. (2018). ANALISIS BUKU AJAR (BSE) PAI SD KELAS TINGGI (Studi Analisis di SD 1 Lembah Sari Kec. Batu Layar). Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1058 Sahra, S. (2013). Kesetaraan Gender dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya Terhadap Hukum Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(2), 373–394. Saidah, N. (2009). KAJIAN PSIKOLOGIS TERHADAP STIMULASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAl. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 73–88. Setiawan, A. S. J. N. K. R. W. B. (2016). The Development of Integrated and Adiwiyata-Based Thematic Textbooks for the Fourth Graders Ofprimary Schools in Ngawi Regency, East Java, Indonesia. International Journal of Analisis Konten Buku..., Sarah Suchriyah, FAI, 2020. 90 Science and Research (IJSR), 5(8), 1688–1693. https://doi.org/10.21275/ART20161225 Shodiq, M. J. (2014). Bias Gender dalam Buku Bahasa Arab Siswa MA Kelas X dengan Pendekatan Saintifik 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 307. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.307-326 Sievert, H., Ham, A. Van Den, Niedermeyer, I., & Heinze, A. (2019). Effects of mathematics textbooks on the development of primary school children ’ s adaptive expertise in arithmetic. Learning and Individual Differences, 74(February), 101716. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.02.006 Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743 Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 386–396. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920 Sumar, W. tunei. (2015). Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan. Musawa, 7(1), 158–180. https://doi.org/10.1016/j.anuro.2003.10.003 Suwardi, Sri Anitah W, Muhammad Akhyar, A. (2017). Gender Bias in Islamic Textbooks for Muslim Children in Indonesia. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, 2(2), 214–235. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v2i2.214-235 Utaminingsi, A. (2017). Gander dan Wanita Karir (1st ed.; U. Press, Ed.). Malang: UB Press. citation: Suchriyah, Sarah (2020) Analisis Konten Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas V Sekolah Dasar dari Perspektif Kesetaraan Gender. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28673/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_1607015031_SARAH%20SUCHRIYAH.pdf