eprintid: 28379 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/83/79 datestamp: 2023-08-18 03:53:28 lastmod: 2023-08-18 03:53:28 status_changed: 2023-08-18 03:53:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nabila, Arina title: Metode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Arina Nabila, Metode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Akhlak merupakan aspek yang paling esensial dalam kehidupan, baik dalam kehidupan individu maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Perlunya penanaman nilai-nilai akhlak pada anak dianggap sangat penting karena pandainya seorang anak tak luput dari akhlak yang baik. Hal ini tak lepas dari pandangan komunitas pemulung yang beranggapan bahwa akhlak lebih penting dibandingkan yang lainnya, penanaman nilai-nilai akhlak yang diterima oleh anak pemulung dapat dikatakan seadanya karena rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki oleh orang tua pemulung. Maka sehubungan dengan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai penanaman nilai-nilai akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak yang ditanamkan bagi komunitas pemulung di lapak tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi yang bertujuan untuk menggambarkan pengalaman hidup narasumber dengan kebiasaan yang berkaitan dengan nilai-nilai akhlak yang terjadi di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. Adapun penanaman nilai-nilai akhlak yang terjadi di Lapak Pemulung Ani Jaya berasal dari kegiatan yang dimiliki ketua lapak dan berasal dari pendidikan formal, non formal, dan informal yang dimiliki oleh masing-masing keluarga. Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya kesamaan dari ketiga kelurga yang menjadi subyek penelitian yakni dalam metode penanaman nilai-nilai akhlak menggunakan metode punishment, teguran, dan nasehat. Selain itu terdapat 2 faktor pendukung yang terjadi di lapak yaitu faktor internal berupa: adanya semangat yang tinggi pada anak-anak lapak, adanya keinginan untuk lebih maju, dan contoh baik yang di berikan orang tua, adapun faktor eksternal berupa: adanya pengajian yang diadakan ketua lapak, sarana ibadah yang memadai dan tidak dikenakan biasaya. Selain itu terdapat 2 faktor penghambat dalam metode penanaman nilai-nilai akhlak yaitu faktor internal berupa: sifat-sifat beragam yang dimiliki anak, status pendidikan orang tua , dan kurangnya biaya, adapun faktor eksternal yaitu: kurangnya administrasi, pergaulan sekitar lapak, dan gadget yang terjadi di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdullah, M. Q. (2019). PENGANTAR ILMU DAKWAH - Dr. Askahar. (2019). AKIDAH DAN AKHLAQ ISLAM. Jurnal Ushuluddin Adab Dan Dakwah, 2(1), 26–40. https://doi.org/10.5281/zenodo.3541389 Azhar Ahmad, & Ab. Halim Tamuri. (2007). Penghayatan Akhlak Pelajar Sekolah Menengah. Jurnal Yadim, (5), 1–10. Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205 BPS. (2020a). Profil Kemiskinan di Indonesia. Berita Resmi Statistik, (56), 1–12. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/01/15/1743/persentase-pendudukmiskin- september-2019-turun-menjadi-9-22-persen.html BPS. (2020b). STATISTIK. (40), 1–20. Efendi, N. (2017). Implementasi metode penanaman nilai akhlak pada anak oleh orang tua siswa mts muhammadiyah masmambang kabupaten seluma. An- Nizom, 2(3), 600–611. Habibah, S. (2017). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 73–87. Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, 2014. Kamila, N. (2010). KEBERFUNGSIAN SOSIAL KELUARGA KOMUNITAS PEMULUNG DI SEKITAR TPA NGABLAK, YOGYAKARTA. Jurnal Dakwah, XI(1), 43–66. Kemdibud, P. D. S. (2020). Statistik Pendidikan. Kemdikbud, P. D. S. (2020a). Statistik Pendidikan. Retrieved from http://statistik.data.kemdikbud.go.id/ Kemdikbud, P. D. S. (2020b). Statistik Pendidikan. Kuntoro, I. A., Saraswati, L., Peterson, C., & Slaughter, V. (2013). Micro-cultural influences on theory of mind development: A comparative study of middleclass and pemulung children in Jakarta, Indonesia. International Journal of Behavioral Development, 37(3), 266–273. https://doi.org/10.1177/0165025413478258 Metode Penanaman Nilai..., Arina Nabila, FAI, 2020. 85 Mas’ud, I., Ali Fahmi, A., & Abroza, A. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Penananaman Nilai-Nilai Akhlak Siswa Sma Negeri I Sekampung Lampung Timur. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman, 4(2), 317. https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i2.953 Maulida, A. (2013). KONSEP DAN DESAIN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ISLAMISASI PRIBADI DAN MASYARAKAT Oleh: Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02, 397–407. Mukti, F. D. (2018). INTEGRASI LITERASI SAINS DAN NILAI-NILAI AKHLAK DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 318–338. Munirah. (2017). Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 39–47. Nasihuddin, M. (2016). Percikan pemikiran pendidikan hamka. Jurnal Al Lubab, 1(1), 166–180. Nurhayati. (2014). AKHLAK DAN HUBUNGANNYA DENGAN AQIDAH DALAM ISLAM Nurhayati 1. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 289–309. Raka Galih Sajiwo. (2019). Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Keluarga Pemulung. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 8(2), 202–218. Setiawan, H. (2019). Wanita, jilbab & akhlak. Setyowatiningsih, L., & Surati, S. (2017). HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KEJADIAN INFEKSI Soil Transmitted Helminths PADA PEMULUNG DI TPS JATIBARANG. Jurnal Riset Kesehatan, 6(1), 40. https://doi.org/10.31983/jrk.v6i1.2325 Shafiee, M. (2015). Pembentukan Akhlak Mahmudah Sebagai Mekanisme Pembangunan Insan: Analisis Terhadap Tafsir Fi Zilal Al-Quran. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 10(10), 36–48. Siti Lailatul Qodariyah. (2017). AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ALQURĀN. Jurnal Al-Fath, 11(2), 145–166. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Subahri, S. (2015). AKTUALISASI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 168–182. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.660 Sumarni. (2012). SOSIAL EKONOMI KOMUNITAS PEMULUNG DI TPA LUBUK MINTURUN. Journal of Economic and Economic Education, 1(1), 111–119. Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al- Metode Penanaman Nilai..., Arina Nabila, FAI, 2020. 86 Ghazali. Jurnal At-Ta’dib, 10(2), 362–381. Sutardji. (2009). KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DAN SOSIAL EKONOMI PEMULUNG Sutardji Jurusan Geografi FIS - UNNES Abstrak. Jurnal Geografi, 6(2), 121–132. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JG/article/download/98/99 Syarbaini, Syahrial. Pendidikan Pancasila di Perguruan tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014. Wathoni, L. M. (2020). Akhlak Tasawuf Menyelami Kesucian Diri. Wiguna, A. (2017). Upaya Mengembangkan Sikap Spiritual Dan Sosial Peserta Didik Berbasis Psikologi Positif Di Sekolah. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2), 47–61. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.684 Zaitun. (2018). Penguatan Karakter Bangsa Melalui Nilai-Nilai Akhlak Gurindam Dua Belas (G12). PGSD FKIP UNIVERSITAS PASUNDAN, (November), 328–344. citation: Nabila, Arina (2020) Metode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak di Lapak Ani Jaya Jurang Mangu Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28379/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_1607015056_ARINA%20NABILA%20ZAH.pdf