eprintid: 28309 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/83/09 datestamp: 2023-08-16 07:26:04 lastmod: 2023-08-16 07:26:04 status_changed: 2023-08-16 07:26:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sastradinata, Pandu title: Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah, Biaya Promosi dan Nilai Tukar Terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan Pada Sektor Pariwisata Halal di Provinsi Aceh ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Pandu Sastradinata, “Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah, Biaya Promosi dan Nilai Tukar Terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan Pada Sektor Pariwisata Halal di Provinsi Aceh”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan bank syariah, biaya promosi dan nilai tukar terhadap peningkatan jumlah wisatawan pada sektor pariwisata halal di Provinsi Aceh. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan menggunakan data periode 2016-2018. Analisis data yang digunakan yaitu analisi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa variabel pembiayaan bank syariah dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah wisatawan di Provinsi Aceh. Sedangkan variabel nilai tukar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan jumlah wisatawan di Provinsi Aceh. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Agus Tri Basuki dan Nano Prawoto. (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Anshori Muchlis dan Iswati Sri. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press. Antonio Muhammad Syafii. (2001). Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. Ardiwidjaja Roby. (2018). Arkeowisata Mengembangkan Daya Tarik Pelestarian Warisan Budaya. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama. Cheriatna. (2018). Laris Manis Bisnis Wisata Halal. Jakarta: Gema Insani. Deni Muhammad dan Winarni Sri. (2017). Pengaruh Pramuwisata dan Promosi Terhadap Kunjungan Wisatawan Kota Palembang. Jurnal manajamen dan bisnis Brawijaya, Vol. (15), hal. 42-43 https://core.ac.uk/download/pdf/267823934.pdf (Diakses: 13 Oktober 2020) Fatwa DSN-MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 Global Muslim Traveler Index 2018 Harsono Rezeki Ardelia, dan Worokinasih Saparila. (2018). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. (60), hal. 105-106 http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2512 (Diakses: 3 Agustus 2020) Hasan Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksaara. Hasan Nurul Ichsan. (2014). Pengantar Perbankan. Jakarta: Referensi GP Press Grup. Hasan Nurul Ichsan. (2014). Perbankan Syariah (sebuah pengantar), Jakarta: Referensi GP Press Group. Ismail. (2011). Perbankan Syariah, Jakarta: Prenamedia Grup. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia. (2019). Industri Halal dan Prospek Perbankan Syariah. No. 155. Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024 Pengaruh Pembiayaan Bank..., Pandu Sastradinata, FAI, 2020. 67 Mill Robert Christie. (2000). Tourism The International Business. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Muhammad Iqbal Fadli. (2019). Pola Hubungan Pembiayaan Bank Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan Religi/ Halal dan Pertumbuhan PAD, I-Finance: a Research Journal On Islamic Finance, Vol (5), Hal. 60-61 http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/I-Finance/article/view/3620 (Diakses: 11 November 2019) Muljadi A. J. Dan Andri Warman. (2014). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo. Purba Jan Horas V, dan Magdalena Annaria. (2017). Pengaruh Nilai Tukur Terhadap Ekspor dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. DeReMa Jurnal Manajemen, Vol. (12), hal. 287 https://core.ac.uk/reader/208307200 (Diakses: 3 Agustus 2020) Putra I Gede Eka Sanjaya, Susila Gede Putu Agus Jana dan Yulianthini Ni Nyoman, (2016). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya promosi, dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, Vol (4), hal. 4-5 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6765 (Diakses: 3 Agustus 2020) Rachman Aulia Fuad dan Rochmanika Ridha. (2012). Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil , dan Rasio Non Performing Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia, IQTISHODUNA:Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol (8), Hal. 1-2 http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/1768 (Diakses: 13 Oktober 2020) Rochaety Eti, Tresnati Ratih dan Latief Abdul M. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media. Satriana Eka Dewi dan Faridah Hayyun Durrotul. (2018). Wisata Halal: Perkembangan, Peluang, dan Tantangan, Jurnal of Halal Product and Research (JHPR), Vol (1), hal. 33-34 https://e- Pengaruh Pembiayaan Bank..., Pandu Sastradinata, FAI, 2020. 68 journal.unair.ac.id/JHPR/article/download/10509/5804 (Diakses: 06 Agustus 2020) Sidharta Raden Bagus Faizal Irany. (2017). Optimalisasi Peran Perbankan Syariah Dalam Mendukung Wisata Halal. Jurnal Distribusi. Vol (5), hal. 3-4 http://distribusi.unram.ac.id/index.php/distribusi/article/view/29 (Diakses: 11 November 2019) Siregar Syofian. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana. Sugiyono. (2014). Metodoogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Afabeta CV. Suryabrata Sumadi. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Teguh Muhammad. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Umam Khaerul. (2013). Manajemen Perbankan Syariah. Bandung: Pustaka Setia. Undang- undang Perbankan No. 10 Tahun 1998. Wardiyanta. (2006). Metodologi Penelitian Pariwisata, Yogyakarta: CV Andi OFFSET (ANDI). Yoeti Oka A. (1990). Tours And Travel Management. Jakarta: Pradnya Paramita. Zebua Manahati. (2016). Pemasaran Pariwisata (Menuju Festival Sail Daerah), Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama. citation: Sastradinata, Pandu (2020) Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah, Biaya Promosi dan Nilai Tukar Terhadap Peningkatan Jumlah Wisatawan Pada Sektor Pariwisata Halal di Provinsi Aceh. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28309/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1607025028_Pandu%20Sastradinata.pdf