eprintid: 28308 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/83/08 datestamp: 2023-08-16 07:23:08 lastmod: 2023-08-16 07:23:08 status_changed: 2023-08-16 07:23:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hidayat, Nisa Adzkia title: Pengaruh Pendapatan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Menabung Pada Produk Tabungan iB Maslahah (Studi Kasus Bank Jawa Barat dan Banten Syariah KC Soepomo) ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Nisa Adzkia Hidayat, Pengaruh Pendapatan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Menabung Pada Produk Tabungan iB Maslahah (Studi Kasus Bank Jawa Barat dan Banten Syariah KC Soepomo). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini membahas pengaruh pendapatan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas menabung nasabah pada produk tabungan iB Maslahah (Studi Kasus Bank Jawa Barat dan Banten Syariah KC Soepomo). Pendapatan nasabah sangat berpengaruh untuk setiap kebutuhan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan dimasa depan dan untuk menyimpan sebagian pendapatannya, maka nasabah akan menyimpan tabungannya di bank. Adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam bank, nasabah akan merasa nyaman untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Karena sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Semakin meningkatnya kualitas pelayanan maka akan terciptanya loyalitas menabung nasabah. Loyalitas menabung nasabah juga akan menguntungkan bagi bank, karena adanya peningkatan nasabah yang menggunakan produknya. Melalui analisa tersebut adanya pengaruh anatara pengaruh pendapatan dan kualitas nasabah dapat menciptakan loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersumber dari data primer Pengaruh Pendapatan dan..., Nisa Adzkia Hidayat, FAI, 2020. xi berupa kuesioner. Data tersebut diolah dengan analisis statistik berupa analisis instrumen, analisisi deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, kondisien determinasi, analisis regrasi linier berganda yang dilakukan menggunakan suatu aplikasi berupa SPSS 22. Hasil dari peneliatian adalah pengaruh pendapatan dan kualitas pelayanan keduanya memiliki pengaruh terhadap loyalitas menabung nasabah. Dimana pengaruh pendapatan sebesar 22% sedangkan kualitas pelayanan sebesar 28,1%. Variabel pengaruh pendapatan dan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi loyaitas menabung nasaba sebesar 54,7% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai pengaruh pendapatan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas menabung nasabah, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas menabung nasabah, sedangkan pengaruh pendapatan dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas menabung nasabah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: https://kumparan.com/suhail-eresmair/pandemi-covid-19-menguji-bank-syariah-menghadapi- krisis-1t8zaV1I0Ll (Diakses Pada 11 Mei 2020, pukul : 11.02) Iftia, Hidhayah. 2017. “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Cikarang)”. Cahyanti, RAA. 2019. “Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah Melalui Digitalisasi Produk Jemput iB Maslahah di Bank Jabar Banten Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tangerang)”. Sa’adah, Siti Arafah. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciputat”. Sempanan, Dian. 2017. “Pengaruh Kepercayaan Nasabah, Pendapatan Nasabah, Kualitas Pelayanan dan Nisbah Bagi Hasil Tabungan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada BMT Pahlawan Tulungagung.” Riefan Asya Maulanan, Neneng Nurhasanah, dan Sri Surwasi. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pengaruh Pendapatan dan..., Nisa Adzkia Hidayat, FAI, 2020. 87 Kasus Pada Tabungan Anak iB Maslahah Bank BJB Syariah KC Pelajar Pejuang).” Rum Alim, Moch. 2001. Dasar-Dasar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta :IND HILL CO. Chabibah. 2010. Ensiklapedia Pendapatan Nasional. Jawa Tengah : ALPRIN. Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta : PT Grasindo, Anggota Ikapi. Iqbal, Muhammad. 2007. Pelayanan Yang Memuaskan. Jakarta : PT Elex Media Komputindo. Setiawan, Supriyadi. 2011. Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya. Kampus IPB Kencana Bogor : PT Penerbit IPB Pers.Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas Kerjasama Dengan Bank Indonesia, Ekonomi Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Annual Report Bank Jawa Barat dan Banten Syariah. 2016. Hani T. Handoko. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta Alfisyahrin Muhammad. 2018. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Pubik (EDISI REVISI). Yogyakarta : Gava Media Pengaruh Pendapatan dan..., Nisa Adzkia Hidayat, FAI, 2020. 88 Ikatan Bankir Indonesia. 2014. Memahami Bisnis Bank Syariah. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama Jajuli, Sulaeman. 2015. Produk Pendanaan Bank Syariah. Yogyakarta : Deepublish Maisur, Muhammad Arfan, dan M. Shabri. 2015. “Pengaruh Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religusitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah di Banda Aceh”. Alida Palilati. 2007. “Pengaruh Nilai Pelangan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan” Syafi’i Antonio, Muhammad. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta : Gema Insani Press Ichsan Hasan, Nurul. 2014. Perbankan Syariah (Sebuah Pengantar). Ciputat : GP Press Group Wangsawidjaja. 2012. Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama Abdul Rozak. 2020. “Implementasi Akad Wadiah Pada Tabungan iB Maslahah Dalam Meningkatkan Loyalitas Menabung Nasabah Bank BJB Syariah KCP Pabuaran Cirebon” Kurnia Ayu. 2017. “Pengaruh Nilai Nasabah, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah BJB Syari’ah Cabang Bekasi” Pengaruh Pendapatan dan..., Nisa Adzkia Hidayat, FAI, 2020. 89 Ghofur Anshori, Abdul.2019. Perbankan Syariah Di Indonesia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press Siti Maryawati. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Terhadap Brand Equity Bank Syariah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah (Survey pada Nasabah bank bjb syariah KCP Kuning)” citation: Hidayat, Nisa Adzkia (2020) Pengaruh Pendapatan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Menabung Pada Produk Tabungan iB Maslahah (Studi Kasus Bank Jawa Barat dan Banten Syariah KC Soepomo). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28308/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_160702018_NISA%20ADZKIA%20HIDAYAT.pdf