eprintid: 28257 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/82/57 datestamp: 2023-08-15 04:24:44 lastmod: 2023-08-15 04:24:44 status_changed: 2023-08-15 04:24:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fahira, Annisa title: Pengaruh Faktor Personal Selling, Direct Marketing & Sales Promotion terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan iB Hasanah Card: Official Travel Pada Bank BNI Syariah KCP Harapan Indah ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Annisa Fahira: 1607025048 “Pengaruh Faktor Personal Selling, Direct Marketing & Sales Promotion terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan iB Hasanah Card: Official Travel Pada Bank BNI Syariah KCP Harapan Indah”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti atas Pengaruh Faktor Personal Selling, Direct Marketing & Sales Promotion terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan iB Hasanah Card: Official Travel Pada Bank BNI Syariah KCP Harapan Indah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BNI Syariah KCP Harapan Indah dengan pengambilan sampel sebanyak 99 dengan rumus solvin. Penelitian ini menggunakan metode Nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan menggunakan software SPSS versi 17. Variable independen dalam penelitian adalah Personal Selling (X1), Direct Marketing (X2), Sales Promotion (X3) dan variabel dependen yaitu Keputusan Nasabah. Dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel Personal Selling sebesar 0,015 < 0,05 yang berarti berpengaruh positive dan variabel Sales Promotion sebesar 0,03 < 0,05 yang berarti berpengaruh positive. Sedangkan variabel Direct Marketing sebesar 0,765 > 0,05 yang berarti tidak berpengaruh positive dan signifikan. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama atau simultan variabel Personal Selling, Direct Marketing, Sales Promotion terhadap keputusan nasabah menggunakan iB Hasanah Card: Official Travel dengan nilai F Hitung diperoleh 10,371 yang berarti lebih besar dari F table yaitu 2,70 serta memiliki nilai signifikan yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Nilai pada uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,247. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: A.J, M. (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Rajawali Pers. Agung, A. A. P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Bisnis. Malang: Alfabeta. Algifari. (2013). Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi (ed. 2). Retrieved from http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=35015&pRegionCode=UNIAD&pClientId=125 Ansofino, Jiolanis, Yolamalinda, & Afilindo, H. (2016). Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta: Depublish. Areks, E., & Nadjib, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Pada Objek Wisata Alam Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(4), 360. https://doi.org/10.31947/KJIK.V4I4.633 Bank Indonesia. (2018). Memperkuat Perekonomian Indonesia melalui Wisata Halal. Retrieved November 9, 2019, from bi.go.id website: https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Memperkuat-Perekonomian-Indonesia-melalui-Wisata-Halal.aspx Basu, S., & Irawan. (2010). Manajemen Pemasaran Moderm. Jakarta: Rajawali Pers. Basuki, A. T. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 102 (Cet.2). Jakarta: PT Raja Grafindo. Basuki, A. T. dan, & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. In PT Rajagrafindo Persada (Cet.2). Blattberg, R. C. (1990). Sales Promotion: Concepts, Methods, and Strategies. England: Prentice Hall. BNI Syariah. (2008a). iB Hasanah Card: Official Travel. Retrieved June 21, 2020, from bnisyariah.co.id website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/personal/kartuibhasanah/kartuibhasanah BNI Syariah. (2008b). Tarif BNI iB Hasanah Card: Official Travel. Retrieved June 21, 2020, from bnisyariah.co.id website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/personal/kartuibhasanah/tarifbniibhasanahcard BNI Syariah. (2008c). Visi & Misi. Retrieved June 21, 2020, from bnisyariah.co.id website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/perusahaan/tentangbnisyariah/visimisi BNI Syariah. (2010). Sejarah BNI Syariah. Retrieved from https://www.bnisyariah.co.id/id-id/perusahaan/tentangbnisyariah/sejarah BNI Syariah. (2017). Dukung Perkembangan Pariwisata, BNI Syariah Hadirkan BNI iB Hasanah Card: Official Travel : Official Travel Card for World’s Best Halal Tourism Destination. Retrieved November 11, 2019, from Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 103 bnisyariah.co.id website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/beranda/berita/siaranpers/ArticleID/837/Dukung-Perkembangan-Pariwisata-BNI-Syariah-Hadirkan-BNI-iB-Hasanah-Card-Official-Travel-Card-for-World-39-s-Best-Halal-Tourism-Destination BNI Syariah. (2018a). BNI Syariah Berikan Kemudahan Travelling di Hasanah Halal Travel Fair 2018. Retrieved from https://www.bnisyariah.co.id/. website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/beranda/berita/siaranpers/ArticleID/1338/bni-syariah-berikan-kemudahan-travelling-di-hasanah-halal-travel-fair-2018 BNI Syariah. (2018b). Kinerja Gemilang, BNI Syariah Raih The Best Sharia Bank. Retrieved from www.bnisyariah.co.id website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/beranda/berita/siaranpers/ArticleID/1424/kinerja-gemilang-bni-syariah-raih-the-best-sharia-bank BNI Syariah. (2019a). BNI Syariah Launching Kartu Platinum BNI iB Hsanah Card Design Sawahlunto di 14th The IFSB Summit. Retrieved January 19, 2020, from bnisyariah.co.id website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/beranda/berita/siaranpers/ArticleID/2627 BNI Syariah. (2019b). BNI Syariah Raih Best Performance Bank Syariah dan Best CEO di Bisnis Indonesia Financial Awards 2019. Retrieved from www.bnisyariah.co.id website: https://www.bnisyariah.co.id/id-id/beranda/berita/siaranpers/ArticleID/2548 Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 104 Chookaew, S., Chanin, O., Charatarawat, J., Sriprasert, P., & Nimpaya, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country. Journal of Economics, Business and Management, 3(7), 741. https://doi.org/10.7763/JOEBM.2015.V3.277 Dradjat, M. T. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Kunjungan Wisata Waterboom Pada PT Planet Beckham 18. Eprints Universitas Negri Makasar, (1293141024), 1. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/10961/ Fuad, M., Nurbaya, S., & Amirullah. (2017). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Indomedia Pustaka. Gillani, S. H. B., Ijaz, F., & Khan, M. M. (2016). Role of Islamic Financial Institutions in Promotion of Pakistan Halal Food Industry. Islamic Banking and Finance Review, 3(1), 30. Grifin, R. W., & Ebert, R. J. (2007). Bisnis. Jakarta: Erlangga. Handayani, E., & Dedi, M. (2017). Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 7(2), 151. Hasibuan, L. (2019). Selamat, Indonesia Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia! Retrieved November 15, 2019, from www.cnbcindonesia.com website: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190409174407-33-65545/selamat-indonesia-jadi-destinasi-wisata-halal-terbaik-dunia Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 105 Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Hidayat, R. (2017). Pengaruh Halal Travel dan Tourism Terhadap Perkembangan Sektor Perbankan Syariah di ProvinsiNusa Tenggara Barat. Research Repository, 90–95. Retrieved from http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/16713 Husin, K., & Aziz, S. H. A. (2003). Teori dan Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. In Pedagogi : Asas Pendidikan (p. 4). Inclusive, A., & Economy, E. (2018). Your gateway into the Islamic economy. Jaelani, A. (2017). halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospect. In Munich Personal RePEc Archive. Retrieved from Munich Personal RePEc Archive website: https://mpra.ub.uni-muenchen.de/76235/1/MPRA_paper_76235.pdf Kothler, P. (1998). Principels Marketing. Jakarta: Pt Prenhallindo. Kothler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kountur, R. (2009). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. In PPM Manajemen. https://doi.org/10.1002/ajh.23895 Luturlean, B. S. (2019). Strategi Bisnis Pariwisata. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=BVi9DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false Magister, A., Pariwisata, K., Pascasarjana, S., & Gadjah, U. (2013). Bauran Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 106 Promosi Di Taman Wisata Ratu Boko. 5(3), 188. https://doi.org/10.22146/jnp.6691 Maruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. https://doi.org/10.1007/s10872-006-0051-9 Misbahhudin, & Hasan, I. (2013). Analisis data Penelitian dengan Statistik (Cet.2). Jakarta: Bumi Aksara. Muhammad, I. F. (2019). Pola Hubungan Pembiayaan Bank Syariah Terhadapa Peningkatan Jumlah WIsatawan. 05(01), 69. Noor, D. J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. In Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah (p. 131). Jakarta: Prendamedia Group. Pew Research Center. (2015). The Future of World Religions: Population Growth Projections, 2010-2050. Retrieved November 9, 2019, from pewforum.org website: https://www.pewforum.org/2015/04/02/religious-projections-2010-2050/ Prayitno, G. (2019). Salah kaprang Orang Indonesia Memahami konsep wisata Halal. Retrieved April 12, 2020, from https://www.kompasiana.com/ website: https://www.kompasiana.com/gigih98582/5d6cc745097f362d34323a82/salah-kaprah-orang-indonesia-memahami-konsep-wisata-halal?page=all Priyadi, U. (2016). Pariwisata Syariah:Prospek dan Perkembangan. Yogyakarta: Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 107 Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Integrated Marketing Communication. Bogor: Grafika Mardi Yuana. Subagiyo, R. (2017). Metode Penelitian ekonomi Islam. Jakarta: Alim Publishing. Subroto, B. (2011). Pemsaran Industri. Yogyakarta: CV Andi Offset. Sucipto. (2014). Wisata Syariah (Karakter, Potensi, Prospek dan Tantangan). In https://books.google.co.id/ (p. 105). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=gl2jDwAAQBAJ&pg=PA102&dq=pariwisata+halal&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjBjerPtuToAhXWV30KHb1GApUQ6AEIRTAE#v=onepage&q=pariwisata halal&f=false Sugito, Y. (2013). Metode Penelitian: Mtode Percobaan Penulisan Karya Ilmiah (Cet.3). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=cEjBDwAAQBAJ&pg=PP4&dq=Metode+Penelitian:+Metode+Percobaan+Penulisan+Karya+Ilmiah&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjUv4zb-6zpAhVlyTgGHdXOBKYQ6AEITTAE#v=onepage&q=Metode Penelitian%3A Metode Percobaan Penulisan Karya Ilmiah&f=false Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Cet.11). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen: pendekatan : 1. kuantitatif, 2. kualitatif, 3. Kombinasi (mixed methods), 4. penelitian tindakan (action Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 108 researh), 5. penelitian evaluasi (cet. 2). Bandung: Alfabeta. Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset. Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi. Yogyakarta: Caps Publishing. Susanto, H. (2013). Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia. Swarbrooke. (1996). Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Jogjakarta: Penerbit Andi. Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Utama, I. G. B. R. (2016). Pengantar Industri Pariwisata (Cet.2). Yogyakarta: CV Budi Utama. Waharini, F. M., & Purwantini, A. H. (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. (July). https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.1-13 Wahjono, S. I. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu. Wahjono, S. I., Marina, A., Maro’ah, S., & Widayat. (2018). pengantar bisnis. Jakarta: Prendamedia Group. Yoeti, O. A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa. Pengaruh Faktor Personal..., Annisa Fahira, FAI, 2020. 109 Yudiaatmaja, F. (2016). Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. citation: Fahira, Annisa (2021) Pengaruh Faktor Personal Selling, Direct Marketing & Sales Promotion terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan iB Hasanah Card: Official Travel Pada Bank BNI Syariah KCP Harapan Indah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28257/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1607025048_ANNISA%20FAHIRA.pdf