eprintid: 28254 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/82/54 datestamp: 2023-08-15 03:22:58 lastmod: 2023-08-15 03:22:58 status_changed: 2023-08-15 03:22:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahayu, Irni title: Efektifitas Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Easy Wadiah Pada PT.Bank Syariah Indonesia Di Era Covid 19 (Studi Kasus : KC Jakarta Barat). ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Irni Rahayu, Efektifitas Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Easy Wadiah Pada PT.Bank Syariah Indonesia Di Era Covid 19 (Studi Kasus : KC Jakarta Barat). Skripsi, Efektifitas Implementasi Strategi..., Irni Rahayu, FAI, 2021. viii Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan jumlah nasabah produk tabungan easy wadiah pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Jakarta Barat di Era Pandemi Covid 19. Karena banyak bank syariah tidak beroperasi dimasa pandemi covid 19, sehingga transaksi pun terbatas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif di PT. Bank Syariah Indonesia KC Jakarta Barat. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Implementasi Strategi Pemasaran dengan pendekatan 4P dapat meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan easy wadiah di era pandemi covid 19. Untuk mengetahui bentuk strategi pemasaran yang dilakukan PT.Bank Syariah Indonesia KC Jakarta Barat guna meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan easy wadiah di era pandemi covid 19 sesuai dengan perusahaan. Obyek penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan menggunakan teknik analisis 4P (Product, Price, Promotion, Place). Dari hasil penelitian posisi PT. Bank Syariah Indonesia KC Jakarta Barat pada tahun 2019 mengalami penurunan, kemudian ditahun 2020 Nasabah pada produk tabungan easy wadiah mengalami peningkatan. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: 1. Amah Nik. 2013. Bank Syariah dan UMKM Dalam Menggerakkan Roda Perekonomian Indonesia: Suatu Kajian Literatur. ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. 2(1): 48-54 2. Andri Soemitra, Bank dan Lembaga Keuangan Syari‟ah (Jakarta: Predanadamedia Group, 2014) hal.106. 3. Ascarya. (2017). Akad & Produk Bank Syariah. (Depok: Rajawali Pers) 4. Asterina, Ayu. 2019. Implementasi Marketing Mix Syariah Pada Produk Tabungan IB Hasanah BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh. 5. Buchari Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabetha. 6. Dewantara, J., & Nurgiansah, T. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 367-375 7. Dr. Rozalinda. M.Ag. (2017). Fikih Ekonomi Syariah Prinsip dan Implementasi Pada Sektor Keuangan Syariah. (Jakarta: Rajawali Pers, 2017) 8. Effendi, I., & Hariani, P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Bank Syariah :,Impact of Covid-19 on Islamic Banks. EKONOMIKAWAN : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 20(79), 221–230. 9. Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatis Analisi Data, (Jakarta: Rajawali Pers,2012), h.37 Efektifitas Implementasi Strategi..., Irni Rahayu, FAI, 2021. 81 10. Entaresmen, R. A. (2016). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan IB Hasanah Di PT Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9 No. 1, 55–78. 11. Fahmi Irham, Manajemen Strategi teori dan aplikasi, (Bandung, Alfabeta, 2013), h.2 12. Fandy Tjipton. 2001. Strategi Pemasarann. Edisi 2, Cetakan ke-5, Andi, Yogyakarta 13. Fitri, Rahma.2018. “ Analisis Strategi Pemasaran dan pelayanan dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan mabrur pada PT. Bank Mandiri Syariah”. Jurnal FEB . Vol 1 No 1. 14. Hanafi, Muhammad Alam Nasyrah. (2019). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Nasabah Pada PT BPR Hasamitra Makasar. Jurnal Brand , Volume 1 No. 2 Desember 2019. 15. Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. 16. Ihsan, D. N., & Hosen, M. N. (2021). Performance Bank Bni Syariah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 756–770. 17. Irham Fahmi, Bank dan Lembaga Keuangan Lainya (Teori dan Aplikasi) (bandung: Alfabeta, 2014), hal.23 18. Ismail Nawawi. 2014. Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: VIV Press. 19. Jauhariyah, Nur.2020. "Strategi Pemasaran syariah dan waiting list terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji pada PT. BRI Syariah”.Journal of syariah Economics SH. Vol 2. No 1 Juni 2020. Efektifitas Implementasi Strategi..., Irni Rahayu, FAI, 2021. 82 20. Lestari, Nova.2019. “ Efektifitas Strategi Pemasaran Produk Tabungan Tapenas IB Hasanah Pada BNI Syariah Cabang Bengkulu “ 21. Lestari, N. (2019). Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Tabungan IB Tapenas Pada BNI Syariah Cabang Bengkulu. Ekonomi Islam, 4, 138–155. 22. Lexy J. Mleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (bandung: PT.Remaja Rosdakarya 2000), cet. Ke 11, hal 3 23. Licia. (2019). Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Metro 1441 H / 2020 M. 2(1), 179–186. 24. Muhammad (2005). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII. 25. M. Dahlan. Y. Al-Barry dan L.LaSofyan Yakub, Kamus Induk Istilah Ilmiah, (Surabaya: Target Press, 2003) h. 623 26. Nurhaedah. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Griya iB Hasanah Dengan Pendekatan STP Pada Akad Musyarakah Mutanaqisah. Bisnis Ekonomi. 27. Pambudi. (2019). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Program Studi Diploma III Manajemen Perbankan Syariah. 28. Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Penerbit Erlangga : PT Gelora Aksara Pratama. 29. Purnamasari, Z. (2019). Efektifitas strategi pemasaran produk deposito dana mulia IB di PT. BPRS Saka Dana Mulia Kudus. 30. Qomariah Nurul. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jember). JEAM. 10 (1): 30 – 42. Efektifitas Implementasi Strategi..., Irni Rahayu, FAI, 2021. 83 31. Rohmi Kamilatur Putro. 2015. Implementasi Akad Musyarakah Mutanaqishah pada Pembiayaan Kepemilikan Rumah Di Bank Muamalat Lumajang. Iqtishoduna. 5(1): 17:37 32. Sayid Sabiq dalam Muhammad Syafi’I Antonio, Bank Syari‟ah dari Teori ke Praktik, (Jakarta: Gema Insani, 2001), hal 85 33. Sarwani, D. (2015). Strategi pemasaran produk tabungan mabrur junior bank syariah mandiri kcp pondok pinang. Manajemen. 34. Sudaryono, Dr. (2016). Manajemen Pemasaran : Teori & Implementasi. Penerbit Andi. 35. Sudarsono, Heri. (2016). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi. (Yogyakarta: Univesitas Islam Indonesia) 36. Sukristono, Perencanaan Strategi Bank, (Jakarta: PT Phasa Warna, 1992), h.335 37. Sugiono, Metode Penelitian Bisnis (Bisnis: Alfabeta.2012), hlm. 402. 38. Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabate, 2015. 39. Syafi’i, Antonio, (2017). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. 40. Syukur, Patah Abdul dan Syahbudin, Fahmi, (2017). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol. 5 No. 1 April 2017. 41. Syukron Ali. 2013. Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia. citation: Rahayu, Irni (2021) Efektifitas Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Easy Wadiah Pada PT.Bank Syariah Indonesia Di Era Covid 19 (Studi Kasus : KC Jakarta Barat). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28254/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025062_IRNI%20RAHAYU.pdf