eprintid: 28253 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/82/53 datestamp: 2023-08-15 03:19:42 lastmod: 2023-08-15 03:19:42 status_changed: 2023-08-15 03:19:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safitri, Nur title: Persepsi Nasabah Mengenai Service Excellence terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah pada era Covid-19 . ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Nur Safitri, Persepsi Nasabah Mengenai Service Excellence terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah pada era Covid-19 . Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui persepsi nasabah mengenai service excellence terhadap loyalitas nasabah bank syariah, penyebab yang dirasakan letak bank syariah jaraknya yang jauh dari rukun warga 03 kalideres. Sedangkan, kebanyakan bank-bank yang terdekat lebih banyak bank konvensional. Service excellence yang di berikan bank terhadap nasabah pun di batasi karena covid 19sehingga, transaksi pun terbatas. Metode pada penelitian ini bersifat kuantitatif yang berbentuk deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah masyarakat rukun warga 03 kalideres, dan objek penelitian ini adalah persepsi masyarakat mengenai service excellence terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah,. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner,metode dokumentasi, dan metode studi kepustakaan. Jumlah sampel berjumlah 91 orang dari jumlah keseluruhan 980 dengan tingkat presisi 10%. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan service excellence terhadap loyalitas nasabah . Data diolah mengunakan IBM SPSS 25 , dengan persamaan secara regresi yakni: Y = 9.565 + 0,147X1 + 0,162X2 +0,171+ e dan Perolehan regresi menggunakan teknik OLS didapatkan R2 (Koefisien dalam Determinasi) senilai 16 %. , adapun sejumlah uraian kesimpulan yang didapatkan dalam kegiatan penelitian antara lain: 1. Reliability berpengaruh positif serta signifikan pada faktor kesetiaan atau Persepsi Nasabah Mengenai..., Nur Safitri, FAI, 2021. viii 2. loyalitas yang dimiliki nasabah atau klien dari Bank Syariah di RW 03 Kalideres, Jakarta Barat (nilai probabilitas t-hitung (0,026) < Level of Significant (0,05)). 3. Emphaty memberikan pengaruh atau dampak secara positif serta signifikan pada faktor kesetiaan atau loyalitas yang dimiliki klien atau nasabah Bank Syariah di RW 03 Kalideres, Jakarta Barat (nilai probabilitas t-hitung (0,026) < Level of Significant (0,05)). 4. Responsiveness memberikan pengaruh atau dampak secara positif serta signifikan pada faktor kesetiaan atau loyalitas yang dimiliki klien atau nasabah Bank Syariah di RW 03 Kalideres, Jakarta Barat (nilai probabilitas t-hitung (0,042) < Level of Significant (0,05)). 5. Merujuk pada perolehan data dipahami jika nilai yang dimuat dalam probabilitas F-hitung (0,000) < Level of Significant (0,05), yang mana Ho dinyatakan ditolak atau Ha dinyatakan diterima, yang selanjutnya dapat ditarik pemahaman jika variabel service excellence (reliability, emphaty, responsiveness) dalam artian simultan atau kolektif dinilai memberikan pengaruh atau dampak secara positif serta signifikan pada faktor kesetiaan atau loyalitas yang dimiliki klien atau nasabah Bank Syariah di RW 03 Kalideres, Jakarta Barat date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: 1. Anatan, lina. 2017. Service Excellence. Bandung: Alfabeta. 2. Arfiani, Sarah. 2018. “Persepsi Masyarakat Mengenai Service Excellence Pria Dan Wanita Terhadap Loyalitas Nasabah.” Nisbah 4(1): 1–21. 3. Badudu, Rizal. 2015. Service Excellence. 1st ed. ed. Wiko. Jakarta: Kompas. 4. Barata, Atep. 2021. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. 3rd ed. Elex Media Komputindo. 5. Curatman, aang. 2020. Program Loyalitas Pelanggan. 1st ed. ed. refius pradipta. Yogyakarta: Deepublish. 6. Farida, Naili. 2019. Dimensi Nilai Dan Loyalitas Pelanggan. 1st ed. Yogyakarta: CV.Istana Agency. 7. Ghozali, Imam. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. 8. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. 9. Hardani et al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. 1st ed. ed. Husnu Abadi. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu. 10. Islami, vina. 2019. Service Excellence. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu. 11. Lusiah. 2018. Loyalitas Pelanggan. 1st ed. Yogyakarta. 12. Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder. Persepsi Nasabah Mengenai..., Nur Safitri, FAI, 2021. xii 13. Priansa, Donni. 2020. Manajemen Pelayanan Prima. 1st ed. ed. IKAPI. Bandung: Alfabeta. 14. Rahmayanty, nina. 2020. Manajemen Pelayanan Prima. 2nd ed. Yogyakarta: Graha ilmu. 15. Sudaryana, Bambang. 2017. Metode Penilitian.Yogyakarta. 16. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. 17. Tjiptono, Fandy. 2016. Service Quality Dan Satisfacation. Yogyakarta: CV Andi Offset. 18. Tjiptono, Fandy. 2017. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. 5th ed. Yogyakarta: CV Andi Offset. 19. Tjiptono, Fandy. 2018. Pelanggan Puas ? Tak Cukup ! 1st ed. Yogyakarta. 20. Wahyoedi, Soegeng, and Saparso. 2019. Loyalitas Nasabah Bank Syariah. 1st ed. ed. Wurdiyanto. Yogyakarta: Deepublish. 21. Wemben, F V et al. 2020. “Analisis Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pegadaian UPC Tanjung Batu ". Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Hal . 1119-1128. 8(4): 1119–28. 22. Wibowo, Herianto Ari, and Mohammad Fausi. 2017. Pelayanan Konsumen. Yogyakarta: Parama Publihising. 23. Elfis ,Rudi. 2019."Pengaruh Service Excellence Terhadap Kepuasan dan 76 Persepsi Nasabah Mengenai..., Nur Safitri, FAI, 2021. xii Loyalitas Nasabah Jasa Raharja Cabang Riau". Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. XI. No. 4. Oktober 2019. 24. Mirandha, Annisa.2015."Pengaruh Excellent Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Pizza Hut Malang Town Square)". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 1 No. 2 Januari 2015. 25. Simamora, Jesika ."Pengaruh Service Excellence Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Cv Bersinar Pematangsiantar.". Journal of Management Sciences. Volume 1.Nomor 1. 2021. 26. Kartikasari,Dwi." Pengaruh Efektivitas Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan."Jurnal Management. Vol 1. No. 1. 2016. 27. Utomo, Hardian."Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Implementasi Service Excellence Terhadap Loyalitas Nasabah PT.Bank Mandiri, Tbk kota Banyuwangi." Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 9, No 2 Juli 2015. Hal 240 -253. 28. Yusuf."Peningkatan loyalitas muzakki dalam membayar zakat melalui service excellence". Jurnal Riset Ekonomi Islam. Vol 4, No 2 (2020). 29. Wijaya."Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi". Jurnal Strategi Pemasaran. Vol 7, No 1 (2020). 30. Septiana."Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan 77 Persepsi Nasabah Mengenai..., Nur Safitri, FAI, 2021. xii Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (PT BRI Persero Tbk Cabang Banjarmasin Samudra)".Jurnal Bisnis Pembangunan. Vol 10, No 2 (2021). citation: Safitri, Nur (2021) Persepsi Nasabah Mengenai Service Excellence terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah pada era Covid-19 . Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28253/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025038_NUR%20SAFITRI.pdf