eprintid: 28207 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/82/07 datestamp: 2023-08-14 08:05:33 lastmod: 2023-08-14 08:05:33 status_changed: 2023-08-14 08:05:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tawakal, Dipa title: Pengaruh Lingkungan Sosial dan Lokasi Bank Syariah Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah ( Studi Kasus Perumahan Pesona Lebak Wangi 2, Sepatan Timur, Tangerang, Banten ) ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Dipa Tawakal, Pengaruh Lingkungan Sosial dan Lokasi Bank Syariah Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah ( Studi Kasus Perumahan Pesona Lebak Wangi 2, Sepatan Timur, Tangerang, Banten ). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pengaruh lingkungan sosial terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah ?, 2) Bagaimana pengaruh lokasi bank syariah terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah ?, 3) Bagaimana pengaruh lingkungan sosial dan lokasi bank syariah terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini yaitu data primer yang didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat perumahan pesona lebak wangi 2. Teknik penentuan sampel yaitu menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu memakai program komputer SPSS dan Microsoft Excell. Dalam penelitian ini variabel ( X1) Lingkungan Sosial secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 4,403 > t tabel 1,660. Variabel (X2) Lokasi secara parsial juga memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 7,123 > t tabel 1,660. Dan secara bersamaan atau simultan Variabel (X1) Lingkungan Sosial dan Variabel (X2) Lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan f hitung 82,835 > f tabel 3,09. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anshori, M. & S. I. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP). Astari, L. (2019). Pengaruh Motivasi, Religiusitas dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Bertransaksi di Perbankan Syariah. Skripsi. Budiyanti, Y. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah Dengan Keperecayaan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Bungin, H. M. B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif (2nd ed.). KENCANA. Casvi, F. (2019). Pengaruh Pengatahuan, Lingkungan Sosial, dan Lokasi Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Santri di Bank Syariah. Skripsi. Dahlan, R. (2014). Kompilkasi Ayat dan Hadist Eknomi. Uhamka Press. Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. CV. BUDI UTAMA. Firdaus. (2012). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. DOTPLUS Publisher. Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Hardani, D. (2020). Metode Penelitian. CV. Pustaka Ilmu. Haryanto, R. (2020). Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Duta Media Publishing. Hasmi, J. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Untuk Menabung Pada PT. BPRS Muamalat Harkat Bengkulu. Skripsi. Hermansyah. (2008). Hukum Perbankan Nasional Indonesia. Kencana Prenada Media Group. Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Kencana Prenada Media Group. Jaya, I. made. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif : Teori, Penerapan dan Riset Nyata. ANAK HEBAT INDONESIA. Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Kencana Prenada Media Group. Kurniawan, A. & Z. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku. Pengaruh Lingkungan Sosial..., Dipa Tawakal, FAI, 2021. 71 Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. PT.Gramedia Pustaka Utama. Nainggolan, B. (2016). Perbankan Syariah Di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada. Putra, Ardhansyah dan Saraswati, D. (2020). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. CV.Jakad Media Publishing. Rahman, A. (1996). Doktrin Ekonomi Islam. Dana Bakti Wakaf. Raihana, S. & R. A. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram. Global Journal oF Islamic Banking and Finance, 2. Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. CV. BUDI UTAMA. Shaleh, A. dan M. A. W. (2004). Psikologi Suatu Ilmu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Prenada Media. Siyoto, S. & M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Meda Publishing. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA, cv. Swarjana, I. K. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. CV. ANDI OFSET. Tyas, R. & A. S. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Jurnal Muqtasid, 3. Unaradjan, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Universitas Katolik Indoneisa Atma Jaya. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan. (n.d.). JDIH Kementerian Keuangan. https://jdih.kemenkeu.go.id Pengaruh Lingkungan Sosial..., Dipa Tawakal, FAI, 2021. citation: Tawakal, Dipa (2021) Pengaruh Lingkungan Sosial dan Lokasi Bank Syariah Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah di Bank Syariah ( Studi Kasus Perumahan Pesona Lebak Wangi 2, Sepatan Timur, Tangerang, Banten ). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28207/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025047_DIPA%20TAWAKAL.pdf