eprintid: 28197 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/81/97 datestamp: 2023-08-14 07:16:27 lastmod: 2023-08-14 07:16:27 status_changed: 2023-08-14 07:16:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zaenab, Siti title: Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Syariah (Studi Kasus Pengguna Layanan Syariah LinkAJA Pada Masyarakat RT.003 RW.005, RT.011 RW.04, RT.019 RW.08 Kec.Palmerah Jakarta Barat) ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Siti Zaenab: 1707025019, Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Syariah (Studi Kasus Pengguna Layanan Syariah LinkAJA Pada Masyarakat RT.003 RW.005, RT.011 RW.04, RT.019 RW.08 Kec.Palmerah Jakarta Barat). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti atas pengaruh atas Pengaruh Kemudahaan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Syariah. Penelitian ini bersifat Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada Masyarakat RT.003 RW.005, RT.011 RW.04, RT.019 RW.08 Kec.Palmerah Jakarta Barat Pengguna Layanan Syariah LinkAja dan penelitian ini dilakukan pada bulan Mei – Juni 2021. Dengan populasi Masyarakat RT.003 RW.005, RT.011 RW.04, RT.019 RW.08 Kec.Palmerah Jakarta Barat sebanyak 1.094, pengambilan sampel dilakukan berdasarkan rumus slovin sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kemudahan Penggunaan (X1), Kemanfaatan (X2), dan Kepercayaan (X3), sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Penggunaan E-Wallet Syariah (Y). Dari hasil analisis uji t dengan tingkat signifikansi 5% atau 0.05 menunjukkan bahwa Kemudahan Penggunaan sebesar 0.026, Kemanfaatan sebesar 0.049, dan Kepercayaan sebesar 0.040 berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Syariah secara parsial. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan berpengaruh positif terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Syariah dengan nilai F hitung diperoleh sebesar 7.462. Sedangkan hasil pada Uji Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0.189. Angka ini menunjukkan bahwa keputusan Penggunaan dijelaskan oleh faktor Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan sebesar 18%, sedangkan sisanya 82% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Aditiya , L. (2020, September 27). Terbaru! Inilah 5 Dompet Digital Terbaik di Indonesia. Retrieved November 26, 2020, from goodnewsfromindonesia.id: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/09/27/terbaru-inilah-dompet-digital-terbaik-di-indonesia Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna i-Saku di Indomaret (Studi Pada Pengguna i-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 473-478. Aprilia, L., & Wibowo, L. (2016). Pengaruh Faktor Individu dan Sosial Terhadap Keputusan Menggunakan. Journal Of Business and Enterpreneurship Education, 1(1), 201-212. Bailey, A., & et al. (2017). Mobile Payments Adoption by US Costumers: An Extended TAM. International Journal of Retail & Distribution Management, 45(6), 1-30. Banjamahor, D. (2019, Oktober 1). Ini Bedanya LinkAja Syariah dengan Konvensional. Retrieved Januari 11, 2021, from cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20191001144425-29-103553/ini-bedanya-linkaja-syariah-dengan-konvensional Budiarta, K., Ginting Ovinus, S., & Simarmata, J. (2020). Ekonomi dan Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis. Chauhan, S. (2015). Acceptance Of Mobile Money By Poor Citizens of India: Integrating Trust Into The Technology Acceptance Model. Emerald Insight, 17(3), 58-68. Dewi, N., & Warmika, I. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2606-2636. Faradila, S., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Toko Pengaruh Kemudahan Penggunaan..., Siti Zaenab, FAI, 2021. 78 Online Berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 1-12. Ferdinand , A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (5 ed.). Diponegoro: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Frida, C. (2020). EKONOMI SYARIAH: Pengantar Ekonomi Islam. Garudhawaca. Genady, D. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Studi Kasus di DKI Jakarta). Skripsi, 1-151. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Diponegoro: Badan Penerbit - UNDIP. Ilyas, R. (2016). KONSEP UANG DALAM PERSPETIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(1), 35-57. Jundiani. (2017). PENGATURAN HUKUM PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (II ed.). Malang: UIN - Malang Press. Kademaunga, C., & Phiri, J. (2019, September 24). Factors Affecting Successful Implementation of Electronic Procurement in Goverment Institutions Based on the Technology Acceptance Model. Open Journal of Business and Management, 7, 1705-1714. Kominfo. (2020, Agustus 11). Dukung Fintech Syariah Tingkatkan Angka Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia. Retrieved Februari 4, 2021, from kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/28482/dukung-fintech-syariah-tingkatkan-angka-literasi-ekonomi-dan-keuangan-syariah-di-indonesia/0/berita Kusnandar Budy, V. (2019, Mei 16). Pengguna Internet di Indonesia Bertambah 28 Juta. Retrieved November 11, 2020, from databooks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/pengguna-internet-di-indonesia-2018-bertambah-28-juta Kusuma, A., & Syahputra. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Sikap Penggunaan E-Wallet di Kota Bandung 2020. Journal of Applied Business Administration (JABA), 108-114. Pengaruh Kemudahan Penggunaan..., Siti Zaenab, FAI, 2021. 79 Laksana Bawa, G., Astuti Siti, E., & Dewantara Yudhi, R. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(2), 1-8. Lee Yee, S., Talib, A., & Gunardi, A. (2018). Financial Technologies: A Note On Mobile Payment. Jurnal Keuangan dan Perbankan University Of Merdeka Malang, 22(1), 51-62. Mahanani , E., & Sari, B. (2019). Pengaruh Perceived Ease of Use, Word of Mouth, dan Service Quality Terhadap Keputusan Penggunaan GRAB Pada Mahasiswa/I FEB UPI-Y.A.I. IKRAITH-HUMANIORA, 3(1), 9-17. Muhyiddin, N., & et al. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial Teori, Konsep, dan Rencana Proposal. Jakarta: Salemba Empat. Nuha, U., & et al. (2020). PERLUKAH E-WALLET BERBASIS SYARIAH? MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 4(1), 59-68. Nurrahman, A., & Hartoyo, A. (2019, Desember 11). Literasi dan Edukasi Keuangan Syariah Akan di Dorong dengan Implementasi MEKSI. Retrieved Februari 4, 2021, from knks.go.id: https://knks.go.id/berita/205/literasi-dan-edukasi-keuangan-syariah-akan-di-dorong-dengan-implementasi-meksi?category=1 Nurrohyani, R., & Sihaloho Dariatno, E. (2020). Pengaruh Promosi Cashback pada OVO dan GOPAY Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 20(1), 12-25. Oentario, Y., & et al. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial di Surabaya. Jurnal Manjemen Pemasaran , 11(1), 26-31. Phonthanukitithaworn, C., & Fong, C. (2016). An Investigation of Mobile Payment (M-Payment) Services in Thailand'. Asia-Pacific Journal of Business Administration , 8(1), 1-33. Pratama, A., & Suputra, I. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27(2), 927-953. Pengaruh Kemudahan Penggunaan..., Siti Zaenab, FAI, 2021. 80 Pratiwi, D., & Dewi, C. (2018). Faktor-Faktor (Benefits, Trust, Self-Efficacy, Easy of Use, Security) yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen pada E-Money di Indonesia (Studi pada Pengguna E-Money Mandiri, BCA, BNI, BRI) . Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis, II(2), 24-37. Pratiwi, M., & et al. (2017). Analisis Pengaruh Technology Readiness Terhadap Minat Menggunakan TCash di Kota Semarang. Jurnal Bisnis Strategi, 26(1), 76-88. Puspaningtyas, L. (2020, Agustus 25). LinkAja Syariah Sukses Gaet Pegguna Baru. Retrieved November 25, 2020, from republika.co.id: https://republika.co.id/berita/qfmmnl349/linkaja-syariah-sukses-gaet-pengguna-baru Ramadhan, F. (2020). SISTEM AKUNTANSI PEMBIAYAAN TANPA AGUNAN PADA PT. BANK PERMATA SYARIAH PEKANBARU. Skripsi, 1-37. Sahroni, O. (2020). FIKIH MUAMALAH KONTEMPORER (Jilid 3 ed.). Jakarta: Republika Penerbit. Sari, A., & Yasa, N. (2020). Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan MAPELMALL.com. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha. Setiawan, H., & et al. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan). Journal Of Management, 2(2), 1-17. Setiawan, S. (2017, November 22). Ekonomi Syariah Berkembang, Pangsa Perbankan Syariah Melonjak. Retrieved Desember 12, 2020, from ekonomi.kompas.com: https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/22/161801026/ekonomi-syariah-berkembang-pangsa-perbankan-syariah-melonjak Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147. Siregar Halomoan, A. (2019). Pengaruh Trust dan Satisfaction terhadap Costumer Loyalty di Era E-Commerce Pada Toko Cheire Amore. Jurnal Ilmiah Smart, III(1), 1-10. Pengaruh Kemudahan Penggunaan..., Siti Zaenab, FAI, 2021. 81 Sobana, D. (2018). Manajemen Keuangan Syariah (Cet. 1 ed.). Bandung: CV. Pustaka Setia. Sugara, A., & Dewantara, R. (2017). Analisis Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen ''Z''). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 8-15. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: ALFABETA. Thoifah, I. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Malang: Madani. Tumbel , A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 3(1), 64-79. WartaEkonomi. (2019, September 16). Indonesia Akan Punya Dompet Digital Syariah Pertama. Retrieved Desember 3, 2020, from wartaekonomi.co.id: https://www.wartaekonomi.co.id/read246875/indonesia-akan-punya-dompet-digital-syariah-pertama.html Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 54-63. Wong, D. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence, dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce: Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 2(2), 155-168. Yogananda, A., & Dirgantara, I. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 1-7. Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan (1st ed.). Jakarta: KENCANA. Pengaruh Kemudahan Penggunaan..., Siti Zaenab, FAI, 2021. citation: Zaenab, Siti (2021) Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Syariah (Studi Kasus Pengguna Layanan Syariah LinkAJA Pada Masyarakat RT.003 RW.005, RT.011 RW.04, RT.019 RW.08 Kec.Palmerah Jakarta Barat). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28197/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025019_SITI%20ZAENAB.pdf