eprintid: 28196 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/81/96 datestamp: 2023-08-14 07:13:25 lastmod: 2023-08-14 07:13:25 status_changed: 2023-08-14 07:13:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisyah, Nurul title: Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Generasi Milenial Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Remaja milenial RW 009 Desa Kebantenan Pondok Aren Tangerang Selatan). ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Nurul Aisyah, Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Generasi Milenial Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Remaja milenial RW 009 Desa Kebantenan Pondok Aren Tangerang Selatan). Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor Pengetahuan, Religiusitas, Promosi dan Lokasi dapat mempengaruhi minat generasi milenial RW 009 Desa Kebantenan menabung di bank syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi 1.200 orang dan yang dijadikan sampel 93 orang. Penelitian ini tertuju pada masyarakat usia 17 – 27 tahun. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan olah data SPSS versi 25.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Variabel Religiusitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Variabel Promosi secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Variabel Lokasi secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Dan secara simultan variabel Pengetahuan, Religiusitas, Promosi dan Lokasi berpengaruh positif terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menjelaskan bahwa pengaruh variabel Pengetahuan, Religiusitas, Promosi dan Lokasi terhadap Minat Menabung di Bank Syariah adalah sebesar 53,7% sedangkan sisanya lagi sebesar 46,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian kali ini. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Afrianty, N., Isnaini, D., & Oktarina, A. (2020). Nonie Afrianty Desi Isnaini. In Penerbit CV Zigie Utama. Aminuddin, K. N. (2021). buku Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Issue January). Andrianto, & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah ( Implementasi Teori dan Praktek ). CV. Penerbit Qiara Media, 536. Ascarya, & Yumanita, D. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia (Issue 14). Hadion Wijoyo, Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 Penulis (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/343416519_GENERASI_Z_REVOLUSI_INDUSTRI_40 Handayani, S., & Antono, M. W. (2019). Hubungan Lokasi Dan Promosi Dengan Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Pada Pt. Graha Estetika Property Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 50–66. https://doi.org/10.33369/insight.13.2.50-66 Ismail, Z. (2012). Teori ekonomi. about:blank Setyanto, A., & Irawan, B. (2016). Pembangunan Berbasis Wilayah : Dasar Teori , Konsep Operasional Dan Implementasinya Di Sektor Pertanian. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas..., Nurul Aisyah, FAI, 2021. 92 Ekoregion, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, 62–82. Shinta, A. (2011). Manjemen Pemasaran. In Universitas Brawijaya Press (UB Press). Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. 1–49. http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf Surbakti, A. (2017). Generasi milenial indonesia, media, dan warisan budaya. Prosiding ‐ Seminar Nasional, 361–370. https://economy.okezone.com/read/2017/11/05/320/1808677/wih-mengeruk-laba-dari-generasi-milenial Syafi’i, M. A. (2009). Bank Syariah, Dari Teori ke Praktek (p. 95). Taufik. (2020). Sikologi Agama. Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87–98. Afiyanti Tripuspitorini, F. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69 Darmawan, A., Indahsari, N. D., Rejeki, S., Aris, M. R., & Yasin, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 43–52. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.296 Emmang, G. (2016). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kurangnya Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi pada Masyarakat di Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas..., Nurul Aisyah, FAI, 2021. 93 Kecamatan Rappocini Kota Makassar). Skripsi, 125(FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KURANGNYA MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH), 41–42. Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh pengetahuan, reputasi, lingkungan dan religiusitas terhadap minat pelajar Sekolah Menengah Kejuruan prodi perbankan Syariah dalam menabung di bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 14–37. Nurmalasari, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2016 Iain Ponorogo Di Bank Bri Syariah Kcp Ponorogo. Skripsi. Bilondatu, M. (2013). Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 710–720. Dr. Hj. Neliwati, S.Ag, M. P. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Dan Praktek) (Issue 57). Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes & M Ali Sodik, M. . (2015). FITRIANI, W. (2020). Artikel Pengenalan Sistem Informasi. https://doi.org/10.31219/osf.io/tr4m7 Gulo, W. (2002). No 113. Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Ustiawaty, R. A. F. J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Ria Rahmatul Istiqomah. (2015). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Pustaka Ilmu (Issue March). Janie, D. N. A. (2012). S t a t i s t i k d e s k r i p t i f & r e g r e s i l i n i e r b e r g a n d a d e n g a n s p s s. Jonathan Sarwono. (2018). No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. Moleong, L. J. (2016). Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya, 1(1), 1–405. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas..., Nurul Aisyah, FAI, 2021. 94 Priyono. (2008). Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Cv. Wade Group. CV. Wade Group Abdullah, P. M. (2015). Living in the world that is fit for habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo. Sinuhaji, E. (2019). Pengaruh Kepribadian, Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja SDM. Jurnal Ilman, 1(1), 11–22. citation: Aisyah, Nurul (2021) Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Generasi Milenial Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Remaja milenial RW 009 Desa Kebantenan Pondok Aren Tangerang Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28196/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025024_NURUL%20AISYAH.pdf