eprintid: 28195 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/81/95 datestamp: 2023-08-14 07:10:43 lastmod: 2023-08-14 07:10:43 status_changed: 2023-08-14 07:10:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septiani, Nadia Eka title: Persepsi Nasabah Non Islam Terhadap Pengaruh Pelayanan, Bagi Hasil, Dan Promosi Di Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Non Islam Di Bank Syariah Indonesia) ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Nadia Eka Septiani, Persepsi Nasabah Non Islam Terhadap Pengaruh Pelayanan, Bagi Hasil, Dan Promosi Di Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Non Islam Di Bank Syariah Indonesia) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof.D.R. HAMKA. Penulis melakukan penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya nasabah non islam yang menabung di bank syariah, walaupun masih belum banyak yang menggunakan. Hal ini dapat dirumuskan pada permasalah yang ada antara lain; bagaimana persepsi nasabah non islam terhadap pelayanan Bank Syariah Indonesia, bagaimana persepsi nasabah non islam terhadap bagi hasil Bank Syariah Indonesia dan bagaimana persepsi nasabah non islam terhadap promosi Bank Syariah Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsi nasabah non islam terhadap pelayanan, bagi hasil, dan promosi di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan melalui observasi, kuisioner yang dibagikan kepada informan, dan wawancara mendalam kepada informan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 responden nasabah non islam dan 1 responden pihak bank syariah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan, bagi hasil dan promosi sangat berpengaruh kepada persepsi nasabah non islam. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan nasabah non islam menghasilkan persepsi yang cukup baik dengan skor kuisioner yang tinggi. Tanggapan yang baik dan positif bahwa mereka merasakan pelayanan yang baru dan berbeda serta membuat mereka lebih aman dan nyaman oleh fasilitas yang disediakan Bank Syariah Indonesia. Sistem bagi hasil dan nisbah bagi hasil yang diberikan Bank Syariah Indonesia relative cukup tinggi dan menguntungkan nasabah. Dan promosi yang dilakukan Bank Persepsi Nasabah Non..., Nadia Eka Septiani, FAI, 2021. vii Syariah Indonesia bisa membuat nasabah islam dan non islam tertarik untuk menyimpan dananya di Bank Syariah Indonesia. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: A.S. Moenir. (2000). Manajemen Pelayanan Umum. Bumi Aksara. Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Tazkia Cendekia. Arif, M. N. R. Al. (n.d.-a). Dasar-dasar ekonomi islam. Arif, M. N. R. Al. (n.d.-b). Lembaga Keuangan Syariah, Suatu Kajian Praktis. Arifi, Z. (2009). Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Azkia Publisher, 2009. Arifin, Z. (2009). Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Atep Adya Barata. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo. BI. (2016). http://www.bi.go.id/id/perbankan/syariah/Contents/Default.aspx. Cahyani, P. D. (2016). TINGKAT KEPUASAN NASABAH TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERBANKAN SYARIAH DI YOGYAKARTA. Vol. 6, No. 2, Oktober 2016, Vol. 6, 3. Drs. Indriyo Gitosudarmo, M. C. (1997). Manajemen Pemasaran. BPFE-Yogyakarta. Drs Muhammad, M. A. (2002). Manajemen Bank Syariah. AMPYKPN. Hejazziey, D. (2014). Perbankan Syariah Dalam Teori dan Praktik. Deepublish. Ihalauw, R. P. dan J. J. (2005). Perilaku Konsumen. Andi. Jalilah, M. Y. Y. (2016). Persepsi Etnis Tionghoa dalam Meningkatkan Minat terhadap Perbankan Syariah di Banda Aceh. Ekonomi Syariah, 4, No.2(Equilibrium), 199. Kasmir, S.E., M. (2005). Pemasaran Bank. Kencana. Kasmir. (2005). Pemasaran Bank (Pertama). Kencana. KBBI. (1990). Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/pelayanan Larasati, P. R. (2008). Manajemen Jasa Pelayananan pada Customer Service di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan. Manajemen Jasa Pelayananan Pada Customer Service Di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan, 15. M. Nur Rianto Al Arif. (n.d.). No Title. hlm. 206. M. Nur Rianto Al Arif. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta. M. Nur Rianto Al Arif. (2012a). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta. M. Nur Rianto Al Arif. (2012b). Lembaga Keuangan Syariah. Pustaka setia. M. Syafi’i Antonio. (2001). Bank Islam Teori dan Praktek. Tazkia Institute. Manajemen....hlm.50, Z. A. (n.d.). Dasar-dasar Manajemen. 50. modul. (2006). Service Excellence. Muhammad Nur Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Ghalia Indonesia. Mulyani, D. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. In Remaja Rosda Karya. Purwanto, H. (2019). MANAJEMEN PELAYANAN PERBANKAN SYARI’AH. Vol. V No. 01, Mei 2019, Vol. V, 7. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. R Machmudah. (2009). Pengaruh Profitabilitas Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Berinvestasi Di Bank Syari’ah. Sarah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH NON Persepsi Nasabah Non..., Nadia Eka Septiani, FAI, 2021. 115 MUSLIM MENJADI NASABAH BANK BCA SYARIAH CABANG JATINEGARA. UIN. Sobur, A. (2013). Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Pustaka setia. Sopiah, E. M. S. dan. (n.d.). Perilaku Konsumen. Andi. Sugiyono. (2017). Sugiyono (2017:28). SYAFRINA, N. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT NON MUSLIM MENABUNG DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI. Skripsi, 61. Vinna Sri Yuniarti. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Pustaka setia. Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset. Yuniarti, V. S. (n.d.). Perilaku Konsumen. citation: Septiani, Nadia Eka (2021) Persepsi Nasabah Non Islam Terhadap Pengaruh Pelayanan, Bagi Hasil, Dan Promosi Di Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Non Islam Di Bank Syariah Indonesia). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28195/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025025_NADIA%20EKA%20SEPTIANI.pdf