eprintid: 28191 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/81/91 datestamp: 2023-08-14 06:26:25 lastmod: 2023-08-14 06:26:25 status_changed: 2023-08-14 06:26:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pambaro, Septianingtyas Nur title: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Septianingtyas Nur Pambaro, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan jumlah antara masyarakat di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan yang menggunakan produk perbankan syariah dan produk perbankan konvensional, untuk mengetahui pendapat masyarkat di Kelurahan kebayoran Lama Selatan mengenai bank syariah dan yang terakhir untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi masyarakat di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan dalam menggunakan produk bank syariah. Subyek penelitian ini adalah masyarakat di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan dari beberapa golongan antara lain ibu rumah tangga, pelajar/mahasiswa, karyawan swasta, serta karyawan pemerintah sebanyak 100 orang responden penelitian, menggunakan metode Probability Sampling melalui metode Simple Random Sampling. Dengan kata lain dari hasil keseluruhan analisis deskriptif, dapat diambil kesimpulan bahwa masyarakat di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan lebih banyak yang menjadi nasabah bank konvensional daripada menjadi nasabah bank syariah, selanjutnya persepsi atau pendapat masyarakat tentang bank syariah lebih banyak kearah berdasarkan hukum dan prinsip Islam, serta faktor minat merupakan faktor terbanyak yang membuat masyarakat di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan menggunakan bank syariah. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Aisyah, Siti. 2016. “Peran Kerja Nyata Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Belajar Mengajar KBM Di SDN 18 Luhak Nan Duo.” Jurnal Manajeman Pendidikan Vol. I No.1 Th. 2016 127–34. Akbar, Rofiq Faudy. 2015. “Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(1):189–210. doi: 10.21043/edukasia.v10i1.791. Alaslan, Amtai. 2017. “Persepsi Masyarakat Dan Kepemimpinan Perempuan.” Jurnal Otonomi- STIA Trinitas 10(20):1–15. Andrianto, and M. Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori Dan Praktek). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media. Antonio, Muhammad, Syafii. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. BPHN. 1998. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun1992 Tentang Perbankan. Budiwanto, Setyo. 2017. Metode Statistika: Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: Universitas Malang. Dosen, Tim, Metodologi Penelitian, Fakultas Keguruan, Universitas Pgri, and Adi Buana. 2018. Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press. Dr. Arifin Tahir, M. Si. 2014. Buku Ajar Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama). Ikatan Bankir, Indonesia. 2014. Memahami Bisnis Bank, Modul Sertifikasi Tingkat I General Banking. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.” Indonesian Journal on Software Engineering 5(1):19–28. doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861. Jayanti, Fitri, and Nanda Tika Arista. 2018. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura.” Journal of Management Studies 12(2):205–23. doi: 10.21107/kompetensi.v12i2.4958. Kun Maryanti, dan Juju Suryawati. 2013. Sosiologi Dan Antropologi. Jakarta: Penerbit Erlangga. Mauliansyah, R. 2015. “Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam 4(1):196986. Analisis Faktor-Faktor..., Septianingtyas Nur Pambaro, FAI, 2021. 77 Mulyana, Deddy. 2017. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nasution, Leni Masnindar. 2017. “Statistik Deskriptif.” Jurnal Hikmah 14(1). doi: 10.1021/ja01626a006. Nisak Ruwah Ibnatur Husnul, Eka Rima Prasetya, Prima Sadewa, Ajimat, Listiya Ike Purnomo. 2020. Statistik Deskriptif. Pamulang-Tanggerang Selatan: Unpam Press. Otoritas Jasa Keuangan. 2008. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. Vol. 1998. Padi, Achmad. 2017. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penerapan Metode Tutor Sebaya, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Metode Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif Pada Kelas I MI Al Hikmah Ngareskidul Gedeg Mojokerto.” Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction 1(1):103. doi: 10.32616/pgr.v1i1.9. Rahmad Dahlan, Arif Hamzah, Irfan, Karim, Sabat. 2014. Kompilasi Ayat Dan Hadits Ekonomi Disertai Penjelasan Ringkas. Jakarta Selatan: UHAMKA Press. Rakhmat, Jalaludin. 2018. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rintis Tri Hartanto, Dwi Tiyanto, Kandyawan. 2011. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Iklan Politik Aburizal Bakrie Pada Media Televisi TV One (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Iklan Politik Aburizal Bakrie Di Media Televisi TV One Pada Mahasiswa Komunikasi Non Reguler UNS Tahun 2011).” 38:33–36. Rusydi, Ananda, and Muhammad Fadhli. 2018. Statistika Pendidikan: Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. Vol. 11. Siagian, Hotlan, and Edwin Cahyono. 2014. “Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop.” Jurnal Manajemen Pemasaran 8(2):55–61. doi: 10.9744/pemasaran.8.2.55-61. Sodik, Sandu Siyoto dan M. Al. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Sudarsono, Heri. 2003. “Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi Dan Ilustrasi.” Yogyakarta: EKONISISA. Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi. Analisis Faktor-Faktor..., Septianingtyas Nur Pambaro, FAI, 2021. 78 Wiroso. 2009. Produk Bank Syariah. Jakarta: LPFE Usakti. Z., A. Wangsawidjaja. 2012. Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. citation: Pambaro, Septianingtyas Nur (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28191/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025031_SEPTIANINGTYAS%20NUR%20PAMBORO.pdf