@article{repository269, month = {December}, volume = {11}, journal = {Jurnal Ilmiah Visi}, number = {2}, title = {PEMEROLEHAN BAHASA ANAK: KAJIAN ASPEK FONOLOGI PADA ANAK USIA 2 - 2,5 TAHUN}, year = {2016}, pages = {131--141}, publisher = {Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan (PPTK)}, url = {https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiF5eK46aXUAhVENI8KHeMtDAEQFgghMAA&url=https\%3A\%2F\%2Fwww.paud-dikmas.kemdikbud.go.id\%2Fberita\%2F4169.html&usg=AFQjCNFtbphomoN\%5fzN9eAF2rU5Z32S25YA}, abstract = {Penelitian Ini bertujuan memaparkan pemerolehan bahasa anak usia 2-2.5 tahun dari aspek fonologi yang meliputi pemerolehan vokal, pemerolehan konsonan, dan faktor yang mempengaruhi pemerolehan fonologi tersebut, Penelitian dilakukan di Jakarta pada bulan Agustus-Februari 2012 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari seorang anak yang bernama TPM. Data artikel ini dikumpulkan melalui observasi, catatan harian, dan wawancara. Temuan dalam artikel Ini memperlihatkan bahwa TPM telah menguasai fonem [a]. PI, M. (e), (o),. [cl. dan [O]. Fonem vokal itu dikuasainya pada usia 2 tahun 1 bulan. Vokai pertama yang dikuasainya adalah vokai [a), [i], dan [ul. kemudian vokai depan [i], [ej, [t], lalu vokal belakang [u{\ensuremath{|}}. (o). [\}{\ensuremath{|}}. dan vokai tengah (d),[a) Bunyi vokal rangkap yang bdak bersifat tfiflong juga telah dikuasai pada usia 2 tahun 3 bulan, misalnya (au), [ai] dan [ue]. Akan tetapi, diftong ask {\ensuremath{|}}au] dan [ai] baru dikuasainya pada usia 2 tahun 6 bulan. Sementara rtu. konsonan [p], (b), [tj, [dj, [sj, [h], [c], 0], [m], [n), [g), [I], [w], dan [y) dikuasainya dengan baik. Konsonan [t), [s], [c], [jj, dan {\pounds}rj] sudah muncul, tetap? masih berfluktuasi dengan bunyi lain Bunyi hambat velar [gl, [k] belum diucapkan secara tepat Bunyi [k] baru dikuasai jika terletak pada tengah dan akhir kata, Bunyi frikatif [f] dan [v] dan bunyi getar [r] belum muncul dan dikuasainya. TPM melakukan pola substitusi untuk mengucapkan fonem-fonem yang belum dikuasainya, seperti fonem [f], [v], [z], dan W- Munculnya berbagal variasi dalam pemerolehan fonologi TPM sebagian besar disebabkan oleh belum sempurnanya alat ucap TPM Penelitian masih terbuka unti* penelitian pemerolehan fonologi lebih lanjut karena pemerolehan bahasa TPM belum mencapai puncak Namun dapat juga meneliti pemerolehan bahasa pada aspek bahasa lainnya. Kata-kata Kunci: pemerolehan bahasa, aspek fonologi, vocal, konsonan}, author = {Prima Gusti Yanti, PGY}, issn = {1907-9176} }