eprintid: 26393 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1938 dir: disk0/00/02/63/93 datestamp: 2023-07-30 04:39:39 lastmod: 2023-07-30 04:39:39 status_changed: 2023-07-30 04:39:39 type: article metadata_visibility: show creators_name: Soebagyo, Joko creators_id: joko_soebagyo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1629-4643 title: Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Cut Meutia ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika pada Masjid Cut Meutia dan menjadi media alternatif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di Masjid Cut Meutia yang berlokasi di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Subjek dari penelitian ini adalah pengurus Masjid Cut Meutia yang paham mengenai sejarah Masjid Cut Meutia. Pendekatan etnografi dengan tujuh langkah digunakan untuk mengakomodir kebutuhan dalam penelitian etnomatematika ini. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Identifikasi konsep matematika pada Masjid Cut Mutia dilakukan melalui pengamatan dan pengambilan gambar pada struktur bangunannya. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan analisis data serta pemaparan. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan jenis triangulasi metode. Penelusuran informasi terkait nilai-nilai sejarah pada Masjid Cut dilakukan melalui wawancara dan pencarian dalam literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur geometri yaitu persegi, persegi panjang, lingkaran, belah ketupat, jajargenjang, segitiga siku-siku, trapesium, balok, limas segiempat, tabung, dan setengah bola. Temuan penelitian digunakan sebagai produk etnomatematika sehingga menjadi media alternatif dalam pembelajaran matematika. Selain itu, dapat digunakan sebagai contoh bagaimana konsep matematika diterapkan pada kehidupan sehari-hari dan diharapkan dapat bermanfaat bagi pembelajaran kontekstual. date: 2023-07-01 date_type: published publisher: STKIP PGRI Banjarmasin official_url: https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/2275/1109 full_text_status: public publication: Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika volume: 9 number: 2 pagerange: 293-307 refereed: TRUE issn: 2579-3977 referencetext: Abdullah, A. A. (2016). Peran Guru dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 640–652. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/ Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perspective of sundanese culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3877.1-15 Afriyanty, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Gantang, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027 Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 111–118. Bili, F. M., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat Daya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 115–124. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3984 Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (2nd ed.). Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Rulinawaty-Kasmad/publication/342229325_Second_Edition_QUALITATIVE_INQUIRY_RESEARCH_DESIGN_Choosing_Among_Five_Approaches/links/5eec7025458515814a6ac263/Second-Edition-QUALITATIVE-INQUIRY-RESEARCH-DESIGN-Choosing-Among Dasmasela, J., Urath, S., & Nifanngelyau, J. (2021). Etnomatematika Seni Rupa Patung Tumbur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 36–47. Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Salsabila, S., Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin, W. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Kue Lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247–256. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1255 Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734 Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690 Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3 Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1050 Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707 Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 217. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870 Irsyad, M., Sujadi, A. A., & Setiana, D. S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7609 Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 44–58. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3597 Jainuddin, J., Silalong, E. S., & Syamsuddin, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Ukiran Toraja. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2). Khairunnisa, K., & Ginting, S. S. B. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Balai Adat Melayu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/20703 Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 89–108. https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.4225 Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327 Kurino, Y. D., & Rahman, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin pada Materi Konsep Dasar Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 268–275. Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 164–176. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id Maknun, C. L., Rosjanuardi, R., & Jupri, A. (2019). From ratios of right triangle to unit circle: An introduction to trigonometric functions. Journal of Physics: Conference Series, 1157. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022124 Mu’asaroh, H. P., & Noor, N. L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 69–80. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.9908 Mukarromah, N. A., & Darmawan, P. (2022). Etnomatematika Pada Pola Lantai Tari Gandrung Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 158–166. Retrieved from http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1735 Muliani, M. M., Makur, A. P., Kurnila, V. S., & Sutam, I. (2020). Mbaru Niang dalam Perspektif Etnomatematika di Kampung Ruteng Pu’U. Journal of Honai Math, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.108 Nevyansah, E. (2019). Sejarah Perkembangan dan Peran Masjid Cut Meutia dalam Bidang Keagamaan, Pendidikan dan Sosial di Menteng 1987-2015. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Nisa’, R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Pamiluto Gresik. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(3), 442–448. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.462 Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1497 Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10 Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405 Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379–390. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.851 Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal dalam Pembelajaran Geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10–22. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22 Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 21–31. Rahmawati Z, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942 Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 86–90. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.260 Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3311–3321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851 Setyawati, A., Soebagyo, J., & Sunni, J. F. (2023). Ethnomathematics Exploration in the Galasin Traditional Games in Jakarta on Mathematical Concepts. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 58–65. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.12661 Spradley, J. P. (1979). The Ethnographic Interview. Waveland Press. Subekhi, A. I., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2021). Etnomatematika: Tinjauan Aspek Geometris Batik Lebak Provinsi Banten. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 81–93. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3577 Sudianto, S., & Santoso, E. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Area Siti Inggil Keraton Kasepuhan Cirebon. Didactical Mathematics, 4(1), 273–282. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2501 Sugi, S., & Soebagyo, J. (2022). Ethnomathematics Exploration of Cemetery of Heroes in City Kampung Mesjid Labuhanbatu Utara. Jurnal Analisa, 8(2), 142–151. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19182 Suharjana, A. (2008). Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di Sekolah Dasar. In Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Suripah, S., Marsigit, M., & Rusli, R. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep-Konsep Matematika pada Makanan Khas Melayu Riau. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–38. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/1148/598 Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Hastuti, I. D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 33–42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2097 Taus, F. M. ., Nahak, S., & Deda, Y. N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Congklak di Desa Femnasi. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.4979 Werdiningsih, C. E. (2022). Kajian Etnomatematika pada Makanan Tradisional (Studi Kasus pada Lepet Ketan). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 112–121. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1433 Widiarti, Y., Anggreni, D., & Sari, S. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Alat Musik Tradisional Bengkulu Sebagai Media dan Alat Peraga dalam Penyampaian Konsep Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 177–184. Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329 Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2011), 35–40. citation: Soebagyo, Joko (2023) Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Cut Meutia. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2). pp. 293-307. ISSN 2579-3977 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26393/1/2275-Article%20Text-7842-1-10-20230627.pdf