eprintid: 26364 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/63/64 datestamp: 2023-07-29 07:58:19 lastmod: 2023-07-29 07:58:19 status_changed: 2023-07-29 07:58:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salsabila, Huda title: Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia Dalam Menggunakan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital (Studi Kasus Pada Generasi Milenial di DKI Jakarta). ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Huda Salsabila, Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia Dalam Menggunakan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital (Studi Kasus Pada Generasi Milenial di DKI Jakarta). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Penelitian ini Bertujuan untuk Mengetahui Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia khususnya Generasi Milenial dalam Menggunakan Alat Pembayaran Digital yaitu QRIS di DKI Jakarta. Penelitian menggunakan Metode Kuantitatif, Data Kuesioner dengan 100 sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling. Penelitian ini Menggunakan Alat Pengujian Data yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dan Data dianalisis menggunakan Alat Analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan Hasil Analisis ditemukan bahwa: Secara Parsial Variabel Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kepercayaan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Generasi Milenial) dalam Menggunakan QRIS di DKI Jakarta. Variabel Persepsi Kemudahan dan Persepsi Risiko berpengaruh Negatif dan Tidak Signifkan terhadap Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Generasi Milenial) dalam Menggunakan QRIS di DKI Jakarta. Secara Simultan, Faktor-Faktor tersebut memiliki Pengaruh terhadap Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Generasi Milenial) dalam Menggunakan QRIS di DKI Jakarta. Nilai R Square (R2) sebesar 0,515 yang artinya bahwa Seluruh Variabel Independen Mampu Mempengaruhi Variabel Dependen sebesar 51,5% sedangkan sisanya sebesar 48,5%. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Bank Syariah Indonesia untuk memperhatikan Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Generasi Milenial) dalam menggunakan QRIS di dalam mobile banking. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Adita Febriyanti, Nazila Maidatur, P. D. al M. dkk. (2018). Arus Metamorfosa Milenial. Acmad Jaya Group. Aditya, C., Lau, E. A., & Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Eramart Jalan Pelita Kota Samarinda. Ekonomi, Vol. 9 No. Andina, Y. (2019). Menuju Cashless Society, Dompet Digital Indonesia Makin Berkembang. Kreativv.Com. https://kreativv.com/creativepreneur-career/dompet-digital/ Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagen, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Chauhan, S. (2015). Acceptance of mobile by poor citizens of india : Integrating trust into technology acceptance model. Vol. 17(3), 58–68. Daris, M. Y., & Lukman. (2018). Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan (1st ed.). IPB Press (Anggota IKAPI). Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13, 319–340. Falah, M. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Risiko terhadap Minat menggunakan kembali Shopeepay Di Kota Malang Saat Pandemi Covid19. Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 9 No., 1–18. Fred D. Davis, J. (1985). A TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL FOR EMPIRICALLY TESTING NEW END-USER INFORMATION SYSTEMS: THEORY AND RESULTS. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (9th ed.). Undip. Hejazziey, D. (2014). Perbankan Syariah Dalam Teori dan Praktik (1st ed.). CV Budi Utama. Husna, Z. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penentu Masyarakat Muslim Terhadap Preferensi Melalui Kode QRIS ( Studi Kasus Di Yayasan Masjid Jami ’ Kota Malang ). Jurnal Ilmiah, 1–22. Indra, I. M., & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian (Cetakan Pe). CV Budi Utama. Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achamadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (Pertama). CV Budi Utama. Lolowang, I. R. A. (2019). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe Premium (Studi Pada Konsumen Kowanua Emerald City Akrland Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol. 7 No., 91–110. Mafis, R. A., & Hasan, M. A. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasional, Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Manajerial pada Rumah Sakit Swasta di Kota Pekanbaru. JOM Fekon, Vol. 4 No., 345. Preferensi Nasabah Bank..., Huda Salsabila, FAI, 2021. 110 Nainggolan, B. (2016). Perbankan Syariah Di Indonesia (1st ed.). Rajawali Pers. Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. IKRA-ITH Ekonomika, 4. Novitasari, I. (2016). Pengaruh Kecocokan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan e-money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3 no. Paiman. (2019). Teknis Analisis Korelasi dan Regresi Ilmu-Ilmu Pertanian. UPY Press. Pohan, A. (2013). Sistem Pembayaran: Strategi dan Implementasi Di Indonesia. Rajawali Pers. Prabawani, Priambodo, S., & Bulan. (2016). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5. Rahmatika, U., & Fajar, M. A. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money: Integrasi Model Tam – Tpb Dengan Perceived Risk. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 274–284. https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26557 Romadloniyah, A. L., & Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank Bri Lamongan. Jurnal Akuntansi, 3(3), 699–711. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.163 Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 237–247. Sehani. (2018). Manajemen Risiko (1st ed.). IRDEV. Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Ketiga). Prenadamedia Group. Siregar, K. R. (2011). Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi dan Informasi Menggunakan Technology Accaptance Model (TAM). Rekayasa, 4, 29. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (kedua). ALFABETA ,CV. Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenadamedia Group. Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Al-Qrdh, Vol. 4, 60–75. Tirtana, I., & Sari, P. S. (2014). Analisis pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap penggunaan mobile banking. Seminar Nasional Dan Call for Paper Program Studi Akuntansi-FEB UMS, 25, 671–688. Preferensi Nasabah Bank..., Huda Salsabila, FAI, 2021. 111 https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/4589 Utami, I. W. (2017). Perilaku Konsumen Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan pembelian (Tim (ed.)). CV Pustaka Bengawan. citation: Salsabila, Huda (2021) Preferensi Nasabah Bank Syariah Indonesia Dalam Menggunakan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital (Studi Kasus Pada Generasi Milenial di DKI Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26364/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025048_HUDA%20SALSABILA.pdf