eprintid: 26360 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/63/60 datestamp: 2023-07-29 07:17:41 lastmod: 2023-07-29 07:17:41 status_changed: 2023-07-29 07:17:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadhilah, Sandra Eva title: Tinjauan Jual Beli Online Di Marketplace Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Tokopedia). ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Sandra Eva fadhilah, Tinjauan Jual Beli Online Di Marketplace Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Tokopedia). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Penulis melakukan penelitian ini dilatarbelakangi Dengan adanya kemajuan teknologi telah memberikan dampak pada perkembangan dalam dunia bisnis. Dimana salah satu untuk mempermudah melakukan transaksi jual beli di mana penjual dan pembeli akad berjauhan tempat dan tidak hadir dalam satu tempat/majelis. Maraknya jual beli online mengakibatkan adanya permasalahan fenomena masyarakat pada terjadi transaksi yaitu adanya ketidaksesuai gambar, keterlambatan dalam pengiriman barang yang terjadi dalam marketplace. Dimana sesuai dengan rumusan masalah adalah bagaimana tinjauan jual beli online di marketplace dalam perspektif hukum islam (studi kasus di Tokopedia) tujuan penelitian ini untuk mengetahui tinjauan jual beli online di marketplace secara hukum islam dan fatwa DSN-MUI/05/IV/2000 tentang jual beli salam apakah Tokopedia ini menerapkan pada unsur syariat islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, wawancara dengan pihak Tokopedia untuk meninjau jual beli online di tokopedia dan pihak DSN-MUI untuk mengenai tentang jual beli salam dan akad pada marketplace. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan Sumber data yang digunakan data sekunder dan data primer dimana diambil dari buku-buku fiqih dimana yang berkaitan dengan jual beli online secara hukum islam. hasil penelitian menunjukkan Dalam praktik di marketplace produk penjual dapat dilihat melalui foto dalam situs/aplikasi marketplace. Setalah ditinjau Sistem akad salam pada Tokopedia menemukan dalam rukun akad dapat terpenuhi, namun dari syarat akad salam pada segi kualitas dan kuantitas terlihat dari praktik dalam Tokopedia oleh penjual belum memenuhi. Oleh karena itu, akad salam dalam marketplace sebagai peran penting dalam memenuhi jual beli dengan prinisp syariat islam, Jual beli yang diperbolehkan itu maka selama melakukanya jual beli tidak berunsur yang diharamkan, penipuan atau melakukan kecurangan. Maka Tetapi disisi lain jika pembeli ingin mengkomplain tokopedia memberikan hak atas jika ada permasalahan pada transaksi pembeli. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Adam, P. (2017). Fikih Muamalah Maliyah Konsep,Regulasi,dan Implementasi. Refika Aditama. Agama, P., Gresik, K., & Timur, J. (2010). Perniagaan Online Syariah : Suatu Kajian dalam Perspektif Hukum Perikatan Islam. 1, 259–277. Al Hadi, A. A. (2017). Fikih Muamalah Kontemporer (Cetakan Ke). PT. RajaGrafindo Persada. Ghazaly, R. A., Ihsan, G., & Shidiq, S. (2018). Fiqh Muamalat. Prenadamedia Group. Gusniarti. (2021). Hasil Wawancara. Hasan, A. F., & Si, M. (2018). Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer ( Teori dan Praktek ). Imaniyati, S. N., & Putra, A. P. (2017). Hukum Bisnis Dilengkapi dengan kajian Hukum Bisnis Syariah (D. Sumayyah (Ed.); Cetakan Ke). PT. Refika Aditama. Imran, R. (2018). Tinjauan Hukum Islam Tentang Jual Beli Via Telepon dan Internet. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 87–98. Indriati, D. S. (2016). Penerapan Khiyar Dalam Jual Beli. Jurnal Ilmiah Al- Syir’ah, 2(2). https://doi.org/10.30984/as.v2i2.220 Isnawati, L. (2018). Jual - beli Online Sesuai Syariah (Faqih (Ed.); Cetakan pe). Rumah Fiqih Publishing. Jaih, M., & Hasanudin. (2017). Fikih Mu’amalah Maliyyah Akad Jual Beli (T. I. Nugraha (Ed.)). Kmr, G. N., Komarudin, P., Hukum, P., Syari, E., Islam, F. S., Islam, U., Hukum, P., Syari, E., Islam, F. S., Islam, U., Banjarmasin, K. M. A. B., Hukum, P., Syari, E., Islam, F. S., Islam, U., & Banjarmasin, K. M. A. B. (2020). Jual Beli Online Yang Aman Dan Syar’i (Studi Terhadap Pandangan Pelaku Bisnis Online Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Studi Islam Uniska MAB Banjarmasin). Fakultas Hukum Bisnis. Kurniawati, D. A. (2019). Transaksi E-Commerce Dalama Perspektif Islam. instutut Agama Islam Negeri Ponorogo, 02(01), 90–113. Mardani, D. (2014). Hukum Bisnis Syariah (Cetakana k). Prenadamedia Group. Mardani, D. (2019). Fiqh Ekonomi Syariah Fiqh Muamalah. Kencana Prenamedia. Metodologi Penelitian Kualitatif. (2012). Citrapustaka Media. Misno, A. \, & Rifai, A. (2018). Metode Penelitian Muamalah. Penerbit Salemba Diniyah. Muhammad, B. A., & Al-sheik, I. B. A. (2009). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Pustaka Imam Asy-syafi’i. Muljadi, D. (2019). Etika dan Komunikasi Bisnis Islam (A. Susila & M. Masykur (Ed.)). Penerbit Salemba Diniyah. Mustofa, I. (2016). Fiqih Mu’amalah Kontemporer (Ke-1). PT.RajaGrafindo Persada. Pambekti, G. T. (2016). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Khiyar Pada Jual Beli On-Line Di Indonesia. 4(1), 64–75. Tinjauan Jual Beli..., Sandra Eva Fadhilah, FAI, 2021. 97 Permana, A. E., Reyhan, A. M., Rafli, H., & Aini, N. (2021). Analisis Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. 15(1), 32–37. Perspectives, D., & Keilmuan, M. (2020). Metodologi Studi Islam (sumanti.titin solihah (Ed.)). PT. Rajawali Buana Pusaka. Republik, K. A. (2002). Quran Kemenag. Romdhon, R. M. (2015). Jual Beli Online Menurut Madzhab Asy - Syafi’i. CV.Garuda Mas Sejahtera. Sahroni, O. (2019). Fikih Muamalah Kontemporer Membahas Ekonomi Kekinian (E. S. Fikri (Ed.)). Repbulika Penerbit. Saleh, Muhammad,Artiyanto, ikit. (2018). Jual Beli Ibnu Taimiyah. Peneribit Gava Media. Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (H. Upu (Ed.); Cetakan Pe). Perumahan Gerhana Alauddin. Sarwat, A. L. (2018a). Fiqih Jual beli (Fatih (Ed.); Cetakan Pe). Rumah Fiqih Publishing. Sarwat, A. L. (2018b). Jual-beli Salam (Fatih (Ed.); Cetakan Pe). Rumah Fiqih Publishing. Shobirin, O. (2015). Jual Beli Dalam Pandangan Islam. jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol.3 N0.2(1), 240–261. Siregar, S., Sistem, P. S., Islam, U., Syarif, N., Affan, R., Siregar, S., Qadrya, H. A., Caroline, B. M., Sari, A. P., Lazuardi, L. I., & Arbi, R. (2017). Pada Ecommerce Berdasarkan Hukum Syariah. 3(1), 31–38. siregar surya, H., & Khoerudin, K. (2019). Fikih Muamalah Teori dan Implementasi (P. Latifah (Ed.)). PT.Remaja Rosdakarya. Suhendi, H. (2010). Fiqh Muamalah (Rahmatika (Ed.)). PT. RajaGrafindo Persada. Syahrum, S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Haidir (Ed.)). Citrapustaka Media. Wahab, A. M. L. (2019). Teori Akad dalam Fiqih Muamalah (Fatih (Ed.); cetakan Pe). Rumah Fiqih Publishing. citation: Fadhilah, Sandra Eva (2021) Tinjauan Jual Beli Online Di Marketplace Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Tokopedia). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26360/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025076_SANDRA%20EVA%20FADHILAH.pdf