eprintid: 26324 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/63/24 datestamp: 2023-07-28 07:43:43 lastmod: 2023-07-28 07:43:43 status_changed: 2023-07-28 07:43:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Utami, Siska Putri title: Pengaruh Pengetahuan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. ispublished: pub subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan dan kepercayaan nasabah terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dari nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza pada tahun 2020 sebanyak 15.000 nasabah dan 100 nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza sampelnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan metode analisis regresi liniear berganda dan untuk olah data menggunakan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan berpengaruh signifikan dengan nilai sig 0.04 < 0,05, kepercayaan berpengaruh tidak signifikan dengan nilai sig 132 > 0,5. Secara bersama-sama variabel pengetahuan dan kepercayaan nasabah berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menabung dengan nilai F hitung sebesar 12.006 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. kepercayaan nasabah terhadap keputusan menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Depok SawanganSari Plaza. Penelitian iniadalah penelitian kuantitatifdengan populasi dari nasabah BankSyariahIndonesia KCPDepokSawangan Sari Plazapadatahun2020 sebanyak15.000 nasabahdan 100 nasabahBank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza sampelnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan metode analisis regresi liniear berganda dan untuk olah data menggunakan program SPSS25. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan berpengaruh signifikan dengan nilai sig 0.04 <0,05, kepercayaan berpengaruh tidak signifikan dengan nilaisig 132 >0,5. Secara bersama-sama variabel pengetahuan dan kepercayaan nasabah berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menabung dengan nilai F hitung sebesar 12.006 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Agung, anak. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis Kuantitatif dan Kualitatif. Bali : CV Noah Aletheia. Andespa, R. (2018). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Menabung Nasabah DI Bank Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam Vol.3, No.2, Juli – Desember 2018. Andrianto, Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek). Surabaya : CV. Penerbit Qiara Media. Anshori, Muchlis. 2009. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya : Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR. Anwar, Ali. 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Pemekasan : Duta Media Publishing. Arief, M. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang Makkasar. IBEF Journal Vol. 1. 1 No. 2, Juni 2021. Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya). Jakarta : Kencana. Casriyanti. (2020). Pengaruh Religiusitas, Consumer Knowledge dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Muamalah dan Ekonomi Syariah Vol. 2, No. 1 September 2020. Pengaruh Pengetahuan dan..., Siska Putri Utami, FAI, 2021. 85 Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan SPSS), Sleman : CV. Budi Utama. Firmansyah, Anang. 2019. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta : CV Budi Utama. Fridayana. 2013. Analisis Rregresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Haryanto, Rudy. 2009. Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel. https://www.bankbsi.co.id diakses pada tanggal 7 Okober tahun 2021. Indrasari, Meithiana. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing. Maghfirah, S. (2020) Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Tabungan Haji di Bank Muamalat Cabang Gorontalo. Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah, Pascasarjana, IAIN Sultan Amai Vol. 1, No. 1 April 2020. Maria, R. (2018) Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gdget di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Marantha, Program Studi S- 1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Univesitas Kristen Maranatha. Pengaruh Pengetahuan dan..., Siska Putri Utami, FAI, 2021. 86 Nurmala, Ira. 2018. Promosi Kesehatan. Surabaya : Airlangga University Press Nuryadi, Tutut Dewi. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta : Sibuku Media. Perdana, Echo. 2016. Olah Data Skripsi dengan SPSS 22. Bangka Belitung : LAB KOM Manajemen FE UBB. Priyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo : Zifatama. Rajab, Enny. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar : Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar. Siyoto, Sandu. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Suprapto, Rifqi. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo : Myria Publisher. Suryadi, Edi. 2019. Metodologi Penelitian Komunikasi dengan Pendekatan Kuantitatif. Usvita, M. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Nagari Syariah KCP Simpang. Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol.9, No.1, Januari 2021 : 47 - 53 Pengaruh Pengetahuan dan..., Siska Putri Utami, FAI, 2021. 87 Wahyulkarimah, A. (2018). Pengaruh Budaya, Psikologis, Pelayanan, Promosi dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Vol.1, No.1, April 2018 : 51 -79. Wahyuni, S. & Daud, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Bank Syariah Mandiri Cabang Stabat. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam. citation: Utami, Siska Putri (2021) Pengaruh Pengetahuan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26324/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025078_SISKA%20PUTRI%20UTAMI.pdf