eprintid: 26206 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/62/06 datestamp: 2023-07-26 04:13:22 lastmod: 2023-07-26 04:13:22 status_changed: 2023-07-26 04:13:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhan, Arief title: Pengaruh Kualitas Layanan Digital Banking Terhadap Customer Satisfaction dengan Menggunakan Metode Electronic Service Quality (E-ServQual). ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Arief Ramadhan, Pengaruh Kualitas Layanan Digital Banking Terhadap Customer Satisfaction dengan Menggunakan Metode Electronic Service Quality (E-ServQual). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang diberikan dalam pelayanan digital banking terhadap customer satisfaction secara simultan (bersama-sama), selain itu juga menguji masing-masing dari variabel efficiency (X1), reliability (X2), privacy (X3), responsiveness (X4) & contact (X5) terhadap customer satisfaction (Y) secara parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sesuai jumlah sampel yaitu sebanyak 96 orang dengan sasaran nasabah pengguna layanan digital banking Bank Syariah Indonesia (BSI) yang berdomisili di Kota Jakarta Selatan. Menggunakan Teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Uji Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan Uji t, Uji F & Uji Koefisien Determinasi (R2). Olah data penelitian ini menggunakan Microsoft Excel & SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa digital banking berpengaruh terhadap customer satisfaction secara simultan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,1 dan nilai F hitung 26,004 > F table 1,91. Dari uji parsial, variabel efficiency (X1) berpengaruh positif signifikan dengan nilai sig. 0,094 < 0,1 dan t hitung 1,693 > t table 1,291, reliability (X2) berpengaruh positif signifikan dengan nilai sig. 0,001 < 0,1 dan t hitung 3,595 > t table 1,291, privacy (X3) berpengaruh positif signifikan dengan nilai sig. 0,037 < 0,1 dan t hitung 2,119 > t table 1,291 & contact (X5) berpengaruh positif signifikan dengan nilai sig. 0,003 < 0,1 dan t hitung 1,950 > t table 3,043 terhadap customer satisfaction (Y), sedangkan variabel responsiveness (X4) tidak berpengaruh terhadap customer satisfaction (Y). Pada Uji Koefisien Determinasi (R2) pengaruh variabel efficiency (X1), reliability (X2), privacy (X3), responsiveness (X4) & contact (X5) terhadap customer satisfaction mampu menjelaskan variasi variabel independen terhadap variasi variabel dependen sebesar 56,8%. Sisanya sekitar 43,2% dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Adila. (2017). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Pelanggan (Issue 1). APJII, T. (2020). Survei Pengguna Internet APJII. Bambang Supriyanto. (2021). No TiSurvei RB Consulting: Tingkat Penetrasi Digital Banking Milenial Baru 30 Persen Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei RB Consulting: Tingkat Penetrasi Digital Banking Milenial Baru 30 Persen”, Klik selengkapnya di sini: https://. Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20210414/90/1380972/survei-rb-consulting-tingkat-penetrasi-digital-banking-milenial-baru-30-persen Bayu, D. J. (2020). Layanan Digital Banking Paling Sering Digunakan saat Pandemi Corona. Inventure Indonesia, Alvara Research Center. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/18/layanan-perbankan-digital-makin-sering-digunakan-saat-pandemi BSI. (n.d.). Jaringan Kantor Bank Syariah Indonesia. Bank Syariah Indonesia. Retrieved July 6, 2021, from https://www.bankbsi.co.id/jaringan?type=&province=3&city=41&query=&networkType=Kantor+Cabang&page=1 BSI. (2021). Visi Misi Bank Syariah Indonesia. Bank Syariah Indonesia. https://www.ir-bankbsi.com/vision_mission.html Fandy Tjiptono. (2017). Service Management, Mewujudkan Layanan Prima (3rd ed.). ANDI. Fandy Tjiptono, G. C. (2016). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). ANDI. Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS. CV. BUDI UTAMA. Hakim, A. (2016). Metode Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Inteligensia Media. Ikatan Bankir Indonesia. (2017). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Pt. Gramedia Pustaka Utama. Indra Aditia. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada UD Pandan Wangi Semarang The Factors which Influence Customer ’ s Satisfaction at UD . Pandan Wangi Semarang. 1–19. Pengaruh Kualitas Layanan..., Arief Ramadhan, FAI, 2021. 117 Ismail Nurdin, S. H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. PT. Media Sahabat Cendekia. Jannah, I. F., Djakfar, I., & Dianah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Digital Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bni Syariah Cabang Banda Aceh. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(1), 1. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i1.8576 Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT. Raja Grafindo Persada. KBBI. (2016a). Definisi Digitalisasi. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/DIGITALISASI KBBI. (2016b). Definisi Pelayanan. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pelayanan KEMENAG. (2021a). Al-Quran Surah Al-Baqarah 276. QUR’AN KEMENAG. https://quran.kemenag.go.id/sura/2/276 KEMENAG. (2021b). Al-Quran Surah Al-Maidah 78. QUR’AN KEMENAG. https://quran.kemenag.go.id/sura/5/68 Lili Suryati, A. S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (2nd ed.). CV. BUDI UTAMA. Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14. https://doi.org/10.32832/inovator.v7i1.1458 Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125. Mhd Rusydi. (2017). Customer Excellent. Gosyen Publishing. Muslich Anshori, S. I. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Press. Nafi, M. (2019). Pertumbuhan Penetrasi Smartphone di Indonesia. Statista. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/05/penetrasi-smartphone-terhadap-jumlah-penduduk-indonesia Pengaruh Kualitas Layanan..., Arief Ramadhan, FAI, 2021. 118 Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah. KENCANA. OJK. (2016). Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh Bank Umum. Ojk.Go.Id, 1–9. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Panduan-Penyelenggaraan-Digital-Branch-oleh-Bank-Umum.aspx OJK. (2021). Statistik Perbankan Syariah. Pangiuk, A., EI, M., Baining, M. E., SE, M., & Zawiyah, S. (n.d.). Pengaruh Digitalisasi Bank Syariah Mandiri Dalam Peningkatan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah.Sumber. http://www.academia.edu/download/63616480/JURNAL_PENGARUH_DIGITALISASI_SITI_ZAWIYAH-dikonversi20200613-93052-gh4942.pdf Ratminto, D. (2017). Pelayanan Prima. Gadjah Mada University Press. Selatan, P. K. J. (2018). Visi & Misi Kota Jakarta Selatan. Sudin Kominfo Jaksel. https://selatan.jakarta.go.id/page-pemerintah Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA. Susilawaty, L., & Nicola, N. (2020). Pengaruh layanan perbankan digital pada kepuasan nasabah perbankan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 179–190. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2478 Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali. citation: Ramadhan, Arief (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Digital Banking Terhadap Customer Satisfaction dengan Menggunakan Metode Electronic Service Quality (E-ServQual). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26206/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025096_ARIEF%20RAMADHAN.pdf