eprintid: 26205 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/62/05 datestamp: 2023-07-26 03:21:30 lastmod: 2023-07-26 03:21:30 status_changed: 2023-07-26 03:21:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Dian Alriani title: Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Dian Alriani Putri, Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh antara relationship marketing (trust/kepercayaan dan commitment/komitmen) terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dari nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza pada tahun 2020 sebanyak 15.000 nasabah dan 100 nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza sebagai sampelnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan untuk olah data menggunakan program SPSS versi 25 . hasil dari penelitian ini adalah trust (kepercayaan) dengan tingkat sig 0,001 < 0,05, commitment (komitmen) dengan tingkat sig. 0,000 < 0,05. Secara parsial variabel trust (kepercayaan) dan commitment (komitmen) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Secara bersama-sama variabel trust (kepercayaan) dan commitment (komitmen) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah dengan F-hitung 103,532 dan tingkat signifikasi 0,00 < 0,05. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Andrianto dan M. Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek). Bandung: CV. Penerbit Qiara Media. Apriliani,F. (2014). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 17, No. 1. Denziana, A dkk. (2014). Corporate Financial Performance Effects of Macro Economic Factors Againts Stock Return. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 5, No. 2, Hlm. 17-40. Dewi, L dkk (2015). Analisis Pengaruh NIM, BOPO, LDR, dan NPL Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Bank Umum Swasta Nasional Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). e-Journal S1 Ak. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Volume: 3 No. 1). Firdaus. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0). Riau: Dotplus Publisher Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: Penerbit Qiara Media Haryanto, Rudy. 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik). Pamekasan: Duta Media Publishing. Pengaruh Relationship Marketing..., Dian Alriani Putri, FAI, 2021. 74 Indradi, D. (2018). Pengaruh Likuiditas, Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi Indonesia Berkelanjutan Indonesia Vol. 1, No. 1, Januari. Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UP Unitomo Press. Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Teori, Penerapan, dan Riset Nyata). Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia. Jusuf, Dewi Indriani. 2018. Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI). Kandou, H dkk. (2017). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Nasabah di PT. Bank Mandiri KC. Dotulolong Lasut Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. Karim, Kurniawati. 2020. Aspek Kepuasan Nasabah Berdasarkan Kualitas Jasa Perbankan. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing Kristanto, C dan Yahya. (2017). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Maskara Brilliant Bayu Zada. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 1, Januari. Maimunah, S. & Hilal, S. (2014). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JIMAFE) Volume Semester II Pengaruh Relationship Marketing..., Dian Alriani Putri, FAI, 2021. 75 Martini, L. (2013). Relationship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Commitment dan Customer Loyalty (Studi pada sebuah Bank Nasional di Denpasar). Jurnal Buletin Studi Ekonomi, Volume 18, No. 1, Februari 2013. Mulyati, E. & Fauzia, S. (2020). Pengaruh Harga dan Kualiats Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Freight Forwarder di PT. XYZ Global Forwading Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Logistik Bisnis, Vol. 10, No. 1, Mei. Nur’aeni, U. & Yuliviona. (2021). Pengaruh Relationship Marketing dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus PT. BNI 46, Pariaman. Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bung Hatta. Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media. Putri. P dkk (2014). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Jatim Cabang Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 15, No. 2. Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Penerbit Dee Publish Saleh, Muhammad Yusuf, dan Miah Said. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV.Sah Media Pengaruh Relationship Marketing..., Dian Alriani Putri, FAI, 2021. 76 Santoso, L & Edwin. J. (2015). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Koran Kompas di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 3, No. 1, hlm 1-11. Sari, Ayu Ratih Permata dan Yasa, Ni Nyoman Kerti. 2019. Kepercayaan Pelanggan Diantara Hubungan Citra Perusahaan dan Kewajiban Harga dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Klaten: Penerbit Lakeisha Sari, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 17, No. 2. Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press Sihombing, Iwan Kesuma dan Dewi, Ika Sari. 2019. Pemasaran dan Manajemen Pasar Sebuah Analisis Perspektif Terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen. Sleman: Deepublish Publisher. Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta. Syahrum dan Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media. Watung, R & Ilat, V. (2016) .Pengaruh Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Pengaruh Relationship Marketing..., Dian Alriani Putri, FAI, 2021. 77 Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal EMBA Vol. 4 No. 2 Juni, Hal. 518-529. Widhi Kurniawan, Agung dan Zarah Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku. https://www.bankbsi.co.id/ diakses pada tanggal 1 Oktober 2021. citation: Putri, Dian Alriani (2021) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26205/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1707025087_DIAN%20ALRIANI%20PUTRI.pdf