%0 Journal Article %A Nani Solihati, Nani Solihati %A Ade Hikmat, Ade Hikmat %A Kowiyah, Kowiyah %A Ika Yatri, Ika Yatri %F repository:2614 %J Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Bagi Guru-guru SD Muhammadiyah Di Wilayah Jakarta Timur %T Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Bagi Guru-guru SD Muhammadiyah Di Wilayah Jakarta Timur %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/2614/ %X Bahan ajar atau materi ajar adalah bahan atau materi yang harus dipelajari siswa dalam satu kesatuan waktu tertentu. Bahan ini dapat berupa konsep, teori, dan rumus-rumus keilmuan; cara, tatacara, dan langkah-langkah untuk mengerjakan sesuatu; dan norma-norma, kaidah-kaidah, atau nilai-nilai. Ada beberapa alasan mengapa guru perlu mengembangkan bahan ajar. Beberapa alasan-alasan tersebut antara lain, ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Selain itu pengembangan bahan ajar harus memperhatikan tuntutan kurikulum, artinya bahan ajar yang dikembangkan harus sesuai dengan kurikulum. Kondisi yang saat ini muncul terutama dilingkungan Guru-Guru SD Muhammadiyah di Wilayah Jakarta Timur, banyak guru yang mengandalkan bahan ajar hanya pada Buku Paket atau Buku Guru yang ada di sekolah. Guru tidak mampu mengembangkan Bahan Ajar yang sesuai dengan kebutuhan. Berkenaan dengan permasalahan di atas, maka perlu ada pendampingan pengembangan Bahan Ajar terutama bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah 11 dan SD Muhammadiyah 4 Jakarta Timur.Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Bagi Guru – Guru SD Muhammadiyah Jakarta Timur ini adalah satu program Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen sebagai salah satu bentuk dan implementasi dari Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan juga sebagai salah satu bentuk pengembangan keilmuan Dosen yang terus dikembangkan di berbagai sekolah mitra UHAMKA, terutama bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah di Wilayah Jakarta Timur.