eprintid: 26072 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/60/72 datestamp: 2023-07-18 07:25:34 lastmod: 2023-07-18 07:25:34 status_changed: 2023-07-18 07:25:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mala, Lailatul title: Analisis Pengetahuan, Persepsi, dan Perilaku Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah Jakarta Selatan. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Lailatul Mala “Analisis Pengetahuan, Persepsi, dan Perilaku Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah Jakarta Selatan)”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, persepsi, dan perilaku santri terhadap bank syariah yang diharapkan bisa menjadi bahan informasi dan masukan yang tepat kepada pengembangan bank syariah dikalangan santri. Secara metodelogis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpuan data berupa observasi, kuisioner, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa para santri pondok pesantren miftahul ulum jakarta selatan memang sudah mengetahui bank syariah, memahami hukum diharamkannya riba dalam Islam dan memiliki persepsi baik tentang bank syariah. Tetapi santri hanya tau nama dan keberadaan bank syariah saja namun belum memahami bagaimana pelayanan, sistem, produk dan jasa yang ada di bank syariah. Perilaku yang ditunjukkan santri juga belum terlalu konsisten dikarenakan beberapa santri yang mengetahui bank syariah masih ada yang menggunakan bank konvensional namun dengan alasan untuk keperluan tertentu seperti untuk menerima kiriman uang dari orang tua mereka. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Adiwarman Karim. (2011). BANK ISLAM : Analisis Fiqih dan Keuangan. In Edisi Keempat. https://doi.org/10.1111/acps.12151 Albi Angito & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Deffi Ella (ed.)). CV Jejak. Antonio syafi’i Muhammad. (2001). Bank Syariah : Dari Teori ke Praktik. Gema Insani. Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. Rajawali Pers. Diana Yumanita, A. (2010). Bank Syariah: Gambaran Umum PUSAT. In pengertian Bank Syariah journal. Djakfar Muhammad. (2010). Teologi Ekonomi Membumikan Titah Langit Di Ranah Bisnis. UIN Maliki Press. Fauzy, T. O., Purwadi, A., & Hakim, R. (2019). Analisis Pengetahuan tentang Perbankan Syariah Santri Pondok Pesantren Al-Ittihad Mojokerto dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v4i2.230 Fitriyah, W., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Eksistensi Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri. PALAPA. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.73 Herlina. (2018). persepsi masyarakat pesantren terhadap bank syariah. 1–72. Hidayat, M. (2017). Model Komunikasi Kyai Dengan Santri di Pesantren. Jurnal ASPIKOM, 2(6), 385. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i6.89 Ichsan, N. (2014). Perbankan Syariah (sebuah pengantar) (S. Ibad (ed.)). Referensi (GP Press Group). Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Kencana. Kasmiah, St. Fitri, F. K. D. (2019). Persepsi Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan Terhadap Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah, 2. http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/jebs/article/view/166/65 Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. In PT. Prehallindo. Jakarta. https://doi.org/10.1126/science.1084956 Meilani, A. (2017). Persepsi Santri Terhadap Bank Syariah. JEBI (Jurnal Analisis Pengetahuan, Persepsi..., Lailatul Mala, FAI, 2020. 68 Ekonomi Dan Bisnis Islam). Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya. Notoadmodjo Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Rukmanasari, F. (2017). Pengaruh Pengetahuan,Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah. 124. Sari, M. P. (2019). Masita putri sari. Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku konsumen. In Jakarta: Indeks. Setiadi, J, N. (2003). PERILAKU KONSUMEN : Perspektif Kontenporer pada Motif, Tujuan, dan Keininan Konsumen. In prenadamedia group, Jakarta. Siswati, V. L. (2017). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 7(1), 81. https://doi.org/10.32616/tdb.v7i1.39 Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Trianto, T. T. T. (2006). Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik menurut Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka. Uma, H. (2013). Persepsi : Pengertian, Definisi, dan Faktor yang Mempengaruhi. https://www.kompasiana.com/hasminee/ 552999136ea8349a1f552d01. diakses pada 11:20/persepsi-pengertian-definisi-dan-factor-yang-mempengaruhi Usman Uzer, M. (2017). Menjadi Guru Profesional (Muchlis (ed.)). PT Remaja Rosdakarya. citation: Mala, Lailatul (2020) Analisis Pengetahuan, Persepsi, dan Perilaku Santri Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Addiniyyah Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/26072/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH%20_1607025015_LAILATUL%20MALA.pdf