@article{repository25996, year = {2021}, volume = {8}, title = {Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 Bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta}, pages = {43--54}, month = {April}, number = {1}, journal = {Didaktika Tahuidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar}, url = {https://ojs.unida.ac.id/index.php/jtdik}, issn = {2550-0252}, author = {Amaliyah, Nurrohmatul}, abstract = {ujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan penggunaan model pembelajaran 4.0 pada guru SD di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner dan wawancara. Dalam menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru belum sepenuhnya menjadi mediator dan inspirator yang aktif dalam pemanfaatan teknologi pada praktik pembelajaran era 4.0 di wilayah DKI Jakarta, kemudian praktik pembelajaran masih berorientasi pada metode konvensional yang berpusat pada guru, evaluasi pembelajaran pun belum berbasis media interaktif karena terbatasnya kemampuan guru dalam memanfaatkan penggunaan aplikasi interaktif berbasis teknologi terbarukan. Kemudian faktor pendorong praktik pembelajaran era revolusi industri 4.0 yaitu tersedianya sarana pendukung pembelajaran berbasis internet, dukungan kepala sekolah dan kemudahan dalam mengakses informasi dan komunikasi. Kemudian faktor penghambat yang ditemukan yaitu terbatasnya kemampuan guru dalam mengaplikasikan teknologi pembelajaran, minat belajar siswa yang rendah dan terbatasnya sarana pendukung yang dimiliki guru} }