eprintid: 25942 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/59/42 datestamp: 2023-06-21 03:54:20 lastmod: 2023-06-21 03:54:20 status_changed: 2023-06-21 03:54:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wati, Devi Anjas title: Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Yang Merupakan Followers Instagram Bank Muamalat). ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Devi Anjas Wati, Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Yang Merupakan Followers Instagram Bank Muamalat). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Yang Merupakan Followers Instagram Bank Muamalat). Penelitian menggunakan metode kuantitatif, data kuesioner dengan 100 sampel yang telah ditentukan menggunakan Rumus Slovin dengan Probability Sampling. Adapun penyebaran kuesioner dalam penelitian ini yaitu kepada nasabah Bank Muamalat yang merupakan followers Instagram Bank Muamalat. Penelitian ini menggunakan alat pengujian data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan data dianalisis menggunakan alat analisis regresi linear berganda.Analisis pada penelitian ini menggunakan ini menggunakan bantuan Software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa secara parsial variabel customer engagement dan e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat dan yang merupakan followers Instagram Bank Muamalat. Secara simultan, variabel customer engagement dan e-service quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat dan yang merupakan followers Instagram Bank Muamalat. Nilai R Square (R2) sebesar 0,476 yang artinya bahwa seluruh variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 47,6% sedangkan sisanya sebesar 52,4% dijelaskan oleh variabel lain. Persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Y = 2,772 + 0,202 X1 + 0,156 X2 + e date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo. Afifah, L. (2020). Pengaruh Customer Engagement Media Sosial Terhadap Brand Loyalty Ekonomi Bisnis Pengaruh Customer Engagement Media Sosial Terhadap Brand Loyalty Indosat Ooredoo The Effects of Customer Engagement Social Media to Brand Loyalty of Indosat Ooredoo. Jurnal Ekonomi Bisnis ,25 (August). https://doi.org/10.17977/um042v25i1p38-52 Aprilia, P. (2018). Pengaruh Customer Engagement Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Merek Yamaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1. Arif, M. N. R. (2019). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah (Cetakan Ke). Alfabeta. Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan GO-JEK Melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 4(2), 95–100. Boateng. (2018). Online Relationship Marketing and Customer Loyalty : a signaling theory perspective. Internasional Journal Of Banking Marketing, 20(4). Brodie, R. J. (2013). Consumer Engagement in a Virtual Brand Community : An Exploratory Analysis Brie , J ., Ilic , A ., Juric , B . & Hollebeek , L . ( 2013 ), Consumer Engagement in a Virtual Brand. Journal of Bussiness Research, 66(January). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.07.029 93 Pengaruh Customer Engagement..., Devi Anjas Wati, FAI, 2021. 94 Budiman, A. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction dan E-Loyalty Nasabah Pengguna Mandiri Online. Jurnal Profit, 14. Cook, S. (2011). Customer Care Excelent : How to Create an Effective Customer Focus. Daris, M. Y. dan L. (2018). Analisis Data Peneltian Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. IPB Press. David Meerman, S. (2015). The New Rules Of Marketing and PR. (5th ed.). Wiley. Digdowiseiso, K. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. LPU-UNAS. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro. Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April). Hikmah, A. N. (2020). Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Shopee Alfi Nurul Hikmah , Sulis Riptiono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Email : a. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 2(1), 89– 100. Hurriyati, R. (2019). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen (Alfabeta (ed.)). Indra, I. M. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Deepublish. Pengaruh Customer Engagement..., Devi Anjas Wati, FAI, 2021. 95 Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Irene, C., Japarianto, E., Pemasaran, P. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2015). Analisa Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement Dan Customer Trust Sebagai Variabel Intervening di The Bodhy Shop. 1(1), 1–10. Lathif, M. A. (2017). Karakteristik Islamic Banking Dalam Hukum Perbankan Indonesia. Jurnal Cakrawala Hukum, 8, 2. Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing. Rahmawati, E. (2015). Pengaruh Customer Engagement Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Merek serta Dampaknya Pada Loyalitas Merek. Journal of Research in Economics and Management, 15, 246–261. Regi Erlan Marta, O. (2019). Pengaruh Customer Engagement Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Study Kasus Pada Bank BRI Unit Belimbing Padang ) Regi Erlan Marta . Abror . Okki Trinanda Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang E. EcoGen, 2(101), 156–164. Saparso, S. W. (2019). Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Atas Religitas, Kualitas Layanan, Trust, dan Loyalitas). Deepublish. Shantika, I. M. S. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan , Komitmen , dan Loyalitas Nasabah Internet Banking di Kota Denpasar. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(September), 473–488. Pengaruh Customer Engagement..., Devi Anjas Wati, FAI, 2021. 96 Sodik, S. S. dan M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran Suatu Strategi dalam Meningkakan Loyalitas Pelanggan (Cetakan Pe). Deepublish. Suyono. (2015). Analisis Regresi untuk Penelitian. Depublish. Willems, H. (2011). Transforming into a Blueconomy. White Paper Customer-Driven Online Engagement, 9. Zelgat, D. (2014). Assesing the Importance of E-Service Quality Dimensions and Attributes: Perspective of Facebook’s User. Internasional Business Research, 7. Zyminkowska, K. (2019). Customer Engagement in Theory and Practice A Marketing Management Perspective. Palgrave Macmillan. (Sumber: www.bankmuamalat.co.id ) (https://finance.detik.com ) citation: Wati, Devi Anjas (2021) Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Yang Merupakan Followers Instagram Bank Muamalat). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25942/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1707025069_DEVI%20ANJAS%20WATI.pdf