eprintid: 25746 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/57/46 datestamp: 2023-06-12 07:19:49 lastmod: 2023-06-12 07:19:49 status_changed: 2023-06-12 07:19:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahman, Andita Amara Putri title: Pengaruh Pengetahuan Nasabah Tentang Atribut Produk dan Prinsip Dasar Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Andita Amara Putri Rahman,Pengaruh Pengetahuan Nasabah Tentang Atribut Produk dan Prinsip Dasar Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan atribut produk dan prinsip dasar bank syariah terhadap minat menabung pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dari nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza yang berjumlah 15.000 jiwa dan 100 anggota nasabah sebagai sampel. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability sampling dengan metode Simple Random Sampling. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan metode analisis linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini yaitu variabel Pengetahuan Atribut Produk (X1) secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat menabung (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < sig. 0,05 dan tingkat Fhitung 125,040 > Ftabel 3,09. Variabel Pengetahuan Prinsip Dasar (X2) secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat menabung (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < sig. 0,05 dan tingkat Fhitung 125,040 > Ftabel 3,09. Nilai pada uji Koefisien Determinan (R2) sebesar 0,891. Angka ini menunjukkan bahwa R bernilai sebesar 0,891, yang artinya pengaruh Atribut Produk (X1) dan Prinsip Dasar (X2) secara simultan terhadap variabel Minat Menabung (Y) sebesar 89,1%. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Alimusa, La Ode.2020.Manajemen Perbankan Syariah Suatu Kajian Ideologis dan Teoritis.Yogyakarta : Deepublish Andrianto, dan Anang.2019.Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek).Surabaya : Qiara Media. Barlian, Eri.2016.Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang : Sukabina Press. Firdaus.2021.Metodologi Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0. Riau : Dotplus Publisher. Firmansyah, Anang.2018.Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran).Yogyakarta : Deepublish Firmansyah, Anang.2019.Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy). Hamsani.2020.Organizational Citizenship Behavior di Bank Syariah.Surabaya : Scopindo. Haryanto, Rudy.2020.Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik). Pamekasan : Duta Media Publishing. Hermawan, Hendri.2020.Perbankan Syariah Fenomena dan praktiknya di Indonesia. Pekalongan : PT. Nasya Expanding Management. Hery.2019.Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : PT. Grasindo. Pengaruh Pengetahuan Nasabah..., Andita Amara Putrirahman, FAI, 2021. 77 Indrasari, Methiana.2019.Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.Surabaya : Unitomo Press. Ira, dkk.2018.Promosi Kesehatan. Surabaya : Airlangga University. Ismail.2017.Perbankan Syariah.Jakarta : Kencana. Lisniasari.2021.Monograf Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Yang Beragama Buddha. Solok : CV. Insan Cendekia Mandiri. Muhammad.2016.Manajemen Pembiayaan Bank Syari’ah.Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Musfar, Tengku Firli.2020.Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Bandung : Media Sains Indonesia. Rachmat, Pupu saeful.2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Rozalena, Agustin.2020. Komunikasi Bisnis – Konsep dan Praktik.Yogyakarta : CV. Andi Offset. Simarta, Hengki.2021.Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Yayasan Kita Menulis. Suprapto, Rizky dan Zaky.2018. Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo : Myrya Publisher. Trisadini, dan Abdul shomad.2016. Hukum Perbankan. Jakarta : Kencana. Pengaruh Pengetahuan Nasabah..., Andita Amara Putrirahman, FAI, 2021. 78 Wahyuni, Sri.2019. Perbankan Syariah : Pendekatan Penilaian Kinerja. Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media. Wulandari, Ririn.2020.Membidik Nasabah Bank Syariah.Yogyakarta : CV Nas Media Pustaka. Referensi Jurnal : Andespa, Roni. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/190 (diakses pada 5 Juli 2021). Ashar, Fathun, dkk. Pengaruh Atribut Produk Tabungan Faedah Terhadap Minat Menabung Nasabah. http://www.jurnaljipsya.org/index.php/jipsya/article/view/9/8 (diakses pada 20 Agustus 2021) Hutagalung, Muhammad AK. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Minat Masyarakat Pada Bank Syariah. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/AL-QASD/article/download/512/782. (diakses pada 21 Agustus 2021). Mujaddid, Fajar, dkk. Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan dan Religiusitas Terhadap Minat Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah Dalam Menabung di Bank Syariah. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei/article/view/3458 (diakses pada 27 September 2021). Pengaruh Pengetahuan Nasabah..., Andita Amara Putrirahman, FAI, 2021. 79 Rezky, Fajar M.Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. file:///C:/Users/ACER/Downloads/8644-22276-1-SM%20(1).pdf (diakses pada 12 September 2021) Sekar, Ayun W. Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Reputasi Bank, Dan Persepsi Nasabah Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah. https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/21643 (diakses pada 12 September 2021). Sukarnoto, Toto. Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah (Pada Bank Jabar Banten Syariah di KotamadyaTangerang)http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/70/78 (diakses 20 Agustus 2021). citation: Rahman, Andita Amara Putri (2021) Pengaruh Pengetahuan Nasabah Tentang Atribut Produk dan Prinsip Dasar Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Indonesia KCP Depok Sawangan Sari Plaza. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25746/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1707025072_ANDITA%20AMARA%20PUTRI.pdf