eprintid: 25745 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/57/45 datestamp: 2023-06-12 07:08:43 lastmod: 2023-06-12 07:08:43 status_changed: 2023-06-12 07:08:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhanti, Aulia title: Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Pada Masyarakat di Cengkareng Jakarta Barat. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Aulia Ramadhanti, Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Pada Masyarakat di Cengkareng Jakarta Barat. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Perumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1. Apakah pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah bank Syariah pada masyarakat di Cengkareng Jakarta Barat? 2. Apakah motivasi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah bank Syariah pada masyarakat di Cengkareng Jakarta Barat? 3. Apakah pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah bank Syariah pada masyarakat di Cengkareng Jakarta Barat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan dan Morivasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Pada Masyarakat di Cengkareng Jakarta Barat. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan melalui kuesioner berbentuk google form yang disebar kepada masyarakat cengkareng Jakarta barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat analisis SPSS versi 25 analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji koefisien determinasi (R²), Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan (X1) dan variabel Motivasi (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Y) secara simultan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung 48,961 > f tabel 2,10. Dari uji parsial, variabel Pengetahuan (X1) berpengaruh positif signifikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 3,650 > t tabel 1,660. Variabel Motivasi (X2) berpengaruh positif signifikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 5,633 > t tabel 1,660 terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Y). date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Antonio, M. S. (2019). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. Arif, M. N. (2019). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta. Ascarya. (2020). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers. Barat, K. A. (2021, September 10). Profil Kecamatan Cengkareng. Retrieved from Kota Administrasi Jakarta Barat: https://barat.jakarta.go.id/v15/?p=kecamatan&node=116 Dahlan, R. (2014). Pengaruh Tingkat Inflasi Bonus Sertifikat Bank Indonesia Syariah dan Tingkat Inflasi Terhadap Pembiayaan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi, 13, 104-117. dkk, D. (2017). Perilaku Konsumen. Jakarta: Rajawali Pers. Efendi, U. (2016). Psikologi Konsumen. Jakarta: Rajawali Pers. Firmansyah, A. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 2 Nomor 3, 16-22. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 25. Semarang: Badan Penerbit-Undip. Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data dengan IBM SPSS Statistic 25). Yogyakarta: Deepublish. Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Reliusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. Fadhilatul Hasanah, 485-495. IBI, I. B. (2018). Memahami Bisnis Bank Syariah. Jakarta: Gramedia. Iqbal, M. (2019). Pengaruh Motivasi, Perilaku dan Pemahaman Terhadap Keputusan Masyarakat dalam Memilih Bank Syariah di Aceh Tamiang. JII: Jurnal Investasi Islam, IV No. 2, 153-165. Kumparan. (2021, Agustus 20). Dalam 5 Tahun, Pangsa Pasar Perbankan Syariah di Indonesia Hanya Tumbuh 1 Persen. Retrieved from Kumparan Bisnis: https://kumparan.com/kumparanbisnis/dalam-5-tahun-pangsa-pasar-perbankan-syariah-di-indonesia-hanya-tumbuh-1-persen-1wMp1BvU8xc/2 Lestari, A. M. (2015). Pengaruh Regiulitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbanan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1-18. Pengaruh Pengetahuan dan..., Aulia Ramadhanti, FAI, 2021. 61 Maulana, F. R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. JIBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, -2,No -(2), 127. Mayasari, H. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8, Nomor 2, 1-13. Muslich Anshori, S. I. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press. Nurbismi. (2018). Pengaruh Motivasi dan Sikap Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Baitul Qiradh Amanah Nanggroe Banda Aceh. JURNAL PENELITIAN EKONOMI AKUNTANSI (JENSI), 2, Nomor 1, 61-68. Nurmaeni, R. (2020). Analisis Pengaruh Hedonisme, Regiusitas, Motivasi,dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung PAda BAnk Syariah (Studi Kasus Pada PT Bank BRI Syariah, Tbk Kantor Cabang Pembantu Majapahit Semarang). Jurnal Tabbaru': Islamic Banking and Finance, 3 Nomor 2, 303-312. Pasi, I. R. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. Jurnal Al-Qasd, 1 No. 2, 189-201. Rustam, B. R. (2020). Marketing Bank Syariah 4.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group. Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana. Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Sudarsono, H. (2015). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonisia. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandunga: Alfabeta. Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sunardi. (2015). Pengetahuan Konsumen dan Keputusan Menjadi Nasabah (Kasus BSM Kan.Cab Pembantu BSD Tangerang Selatan). Jurnal Islaminomic, 6 No2, 35-51. Umbara. (2017). Undang-Undang R.I Nomor 6 Tahun 2009 tetang Bank Indonesia & Undang-Undang R.I Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Bandung: Umbara. citation: Ramadhanti, Aulia (2021) Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Pada Masyarakat di Cengkareng Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25745/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1707025034_AULIA%20RAMADHANTI.pdf