eprintid: 25744 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/57/44 datestamp: 2023-06-12 07:04:36 lastmod: 2023-06-12 07:04:36 status_changed: 2023-06-12 07:04:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Diana Novita title: Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah dengan Loyalitas Nasabah sebagai Variabel Moderating Pasca Marger Bank Syariah mandiri (Studi Kasus bank syariah Indonesia KCP Cinere 1 Kota Depok ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Diana Novita Sari, Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah dengan Loyalitas Nasabah sebagai Variabel Moderating Pasca Marger Bank Syariah mandiri (Studi Kasus bank syariah Indonesia KCP Cinere 1 Kota Depok). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan mobile banking (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) dan juga mengetahui bagaimana loyalitas nasabah (Z) dalam memoderasi pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah. Untuk menghasilkan penelitian tersebut secara mendalam penulis menggunkan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Teknik kualitas data dan uji normalitas menggunakan uji kolmogrov, P-P plot, gv Teknik yang digunakan yaitu moderated regression analysis Penelitian ini menunjukan bahwa kualiytas layanan mobile banking (X) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) secara parsial dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan nilai thitung 8,031. Loyalitas nasabah (Z) dapat memoderasi variable kualitas layanan mobile banking (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai signifikan 0,009 < 0,05. Pada uji koefisien determinasi apabila kualitas layanan mobile banking yang dimoderasi dengan loyalitas nasabah dengan nilai R Squere 0,851. Dengan demekian dapat dikatakan bahwa presentase sumbangan pengaruh variable bebas kualitas layanan mobile banking yang dimoderasi dengan variable moderating loyalitas nasabah terhadap variable terikat kepuasan nasabah sebesar 85,1%. sisanya dengan total 14,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Adi Pratama, Fadli Moh. Saleh, Femilia Zahra, Nadhira Afdhalia. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking. “Jurnal Akun Nabelo” Volume 2/Nomor 1/Juli 2019 (Hal. 204 – 216) Adisujai, Kualitas Pelayanan dan Kaitannya dengan Kepuasan Nasabah Bank Syariah dalam, https://adisujai.wordpress.com/2010/08/15/kualitas-pelayanan-dan-kaitannya-dengankepuasan-nasabah-banksyariah Aditya Wardhana, (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia, derema jurnal manajemen volume.10 no. 02 september 2015 Ahyar, H, dkk, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020 h.240 Amalia, F., & Ika, S. R. (2014). Kinerja Bank Di Indonesia Setelah Melakukan Merger Dan Akuisisi Dengan Kepemilikan Asing : Apakah Lebih Baik ? Efektif: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 5(1), 73–84 Chistopher Lovelock, Wirtz Jochen, dan Mussry Jacky, ‘Pemasaran Jasa.’ Penerjemah: Dian Wulandari, Buku 2, Edisi 7,(Jakarta.Erlangga,2010),h 76 Ermawati, N. "Pengaruh persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Dan Persepsi Risiko Terhadao Minat Menggunakan Uang Elektronik Dengan Kepercayan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Masyarakat Pengguna Uang ELektronik Bank Syariah Kota Semar)" Skripsi S1 IAIN Salatiga. 2020 Fandy Tjiptono, Anastasia Diana. Kepuasan Pelanggan (Konsep, pengukuran & strategi) (Yogjakarta: Penerbit ANDI, 2019) hal,152 Pengaruh Kualitas Layanan..., Diana Novita Sari, FAI, 2021. 72 Fandy Tjiptono, Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama (Yogyakarta; J & J Learning, 2000), 105 Hadi, S. dan Novi. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile banking. jurnal ekonomi dan bisnis OPTIMUM. 5(1): 55-67. Hasan sultoni,kiki mardiana STAI Muhammadiyah Tulungagung, “Dampak Merger 3 (Tiga) Pengaruh marger 3 bank syariah BUMN terhadap perkembangan ekonomi syariah di indonesia”, (Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol.08 No.01 , 1 juni 2021), Ibu Eci, wawancara dengan penulis, Bank Syariah Indonesia KCP Cinere 1, Depok, 31 September 2021 Kotler, P & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. (Bob Sabran, Penerjemah.). Jakarta: Penerbit Erlangga Muchlis Anshori & Sri iswati, “Metodologi Penelitian Kuantitatif”, (Surabaya: Airlangga Universty Press,2009). h.68 Mulyono. "Analisis Uji Asumsi Klasik. Statistik Dan Matematika"1. 2 Desember, 2019 Okalesa, Efni, Y., & Zulbahridar. (2014). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Sebelum Dan Setelah Merger Dan Akuisisi Periode Tahun 2000-2012. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VI (3), 90–105 Peraturan Bank Indonesia Nomor9/15/PBI/2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum Perdana, E. K. "Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22". 7 Maret, 2016 Hal 47 Pengaruh Kualitas Layanan..., Diana Novita Sari, FAI, 2021. 73 Perdana, E. K. "Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22". 7 Maret, 2016 hal 48 Philip Kotler & Kevin Lane, Keller, ‘Manajemen Pemasaran’. (Jakarta PT. Prenhalindo, 2012), Edisi 14, h.42 Putri. “Pengaruh Money Ethics terhadap Tax Evasion dengan Religiosity sebagai Variabel Moderating Studi pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Cibeunying". Skripsi S1 Unpas Bandung, 2016 Rambat Lupioadi, ‘Manajemen pemasaran jasa’ Edisi 3, (Jakarta: Salemba Empat, 2013), h. 232. Riandari, Rara Ayu. (2009). Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bee ’ S Resto.1-13 Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Tangerang: Suluh Media, 2018.Hal 83 Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Tangerang: Suluh Media, 2018.Hal 100 Sugiyono, ‘Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D’ Edisi 14 (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 142. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Sumowo, S. "Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Budaya Organisasi Sebagai Moderating Variable". Jurnal Penelitian Ipteks Januari, 1(1), 5 Mei, 2016, 14-45 Pengaruh Kualitas Layanan..., Diana Novita Sari, FAI, 2021. 74 Surat Edaran No.6/18/DPNP. ‘Perihal Penerapan Manajemen Resiko Pada Aktifitas Pelayanan Jasa Bank Melalui Internet Banking’. (Jakarta: Bank Indonesia, 2004) Sutedi, Adrian. 2018. Hukum Perbankan Suatu Tinjauan Pencucian Uang, Merger, Likuidasi dan Kepailitan. Jakarta: Sinar Grafika Tarigan, (2016). Merger dan Akuisisi: Dari Perspektif Strategis dan Kondisi Indonesia (Pendekatan Konsep dan Studi Kasus). Yogyakarta: Ekuilibra Usmany, L. R., & Badjra, I. B. (2019). Perbedaan Kinerja Keuangan Bank Ocbc Nisp Sebelum Dan Sesudah Merger Di Indonesia. 8 (8), 5036–5059 Usmany, L. R., & Badjra, I. B. (2019). Perbedaan Kinerja Keuangan Bank Ocbc Nisp Sebelum Dan Sesudah Merger Di Indonesia. 8 (8), 5036–5059. Wahyoedi, Soegeng dan Saparso. 2019. Loyalitas Nasabah Bank Syariah: Studi atas Religuisitas, Kualitas Layanan, Trust dan Loyalitas. Yogyakarta: CV Budi Utama Wahyuni, N. "Uji Validitas dan Reliabilitas". Metode Penelitian, 1. 8 Desember 2014, 1-90 Wiwin Muchtar Wiyono, “Dampak Merger 3 (Tiga) Bank Syariah Bumn Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah”, (Jurnal Cakrawala Hukum Volume 23 Issue 1, March 2021), 68   Adi Pratama, Fadli Moh. Saleh, Femilia Zahra, Nadhira Afdhalia. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking. “Jurnal Akun Nabelo” Volume 2/Nomor 1/Juli 2019 (Hal. 204 – 216) Adisujai, Kualitas Pelayanan dan Kaitannya dengan Kepuasan Nasabah Bank Syariah dalam, https://adisujai.wordpress.com/2010/08/15/kualitas-pelayanan-dan-kaitannya-dengankepuasan-nasabah-banksyariah Aditya Wardhana, (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia, derema jurnal manajemen volume.10 no. 02 september 2015 Ahyar, H, dkk, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020 h.240 Amalia, F., & Ika, S. R. (2014). Kinerja Bank Di Indonesia Setelah Melakukan Merger Dan Akuisisi Dengan Kepemilikan Asing : Apakah Lebih Baik ? Efektif: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 5(1), 73–84 Chistopher Lovelock, Wirtz Jochen, dan Mussry Jacky, ‘Pemasaran Jasa.’ Penerjemah: Dian Wulandari, Buku 2, Edisi 7,(Jakarta.Erlangga,2010),h 76 Ermawati, N. "Pengaruh persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Dan Persepsi Risiko Terhadao Minat Menggunakan Uang Elektronik Dengan Kepercayan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Masyarakat Pengguna Uang ELektronik Bank Syariah Kota Semar)" Skripsi S1 IAIN Salatiga. 2020 Fandy Tjiptono, Anastasia Diana. Kepuasan Pelanggan (Konsep, pengukuran & strategi) (Yogjakarta: Penerbit ANDI, 2019) hal,152 Pengaruh Kualitas Layanan..., Diana Novita Sari, FAI, 2021. 72 Fandy Tjiptono, Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama (Yogyakarta; J & J Learning, 2000), 105 Hadi, S. dan Novi. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile banking. jurnal ekonomi dan bisnis OPTIMUM. 5(1): 55-67. Hasan sultoni,kiki mardiana STAI Muhammadiyah Tulungagung, “Dampak Merger 3 (Tiga) Pengaruh marger 3 bank syariah BUMN terhadap perkembangan ekonomi syariah di indonesia”, (Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah) Vol.08 No.01 , 1 juni 2021), Ibu Eci, wawancara dengan penulis, Bank Syariah Indonesia KCP Cinere 1, Depok, 31 September 2021 Kotler, P & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. (Bob Sabran, Penerjemah.). Jakarta: Penerbit Erlangga Muchlis Anshori & Sri iswati, “Metodologi Penelitian Kuantitatif”, (Surabaya: Airlangga Universty Press,2009). h.68 Mulyono. "Analisis Uji Asumsi Klasik. Statistik Dan Matematika"1. 2 Desember, 2019 Okalesa, Efni, Y., & Zulbahridar. (2014). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Sebelum Dan Setelah Merger Dan Akuisisi Periode Tahun 2000-2012. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VI (3), 90–105 Peraturan Bank Indonesia Nomor9/15/PBI/2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum Perdana, E. K. "Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22". 7 Maret, 2016 Hal 47 Pengaruh Kualitas Layanan..., Diana Novita Sari, FAI, 2021. 73 Perdana, E. K. "Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22". 7 Maret, 2016 hal 48 Philip Kotler & Kevin Lane, Keller, ‘Manajemen Pemasaran’. (Jakarta PT. Prenhalindo, 2012), Edisi 14, h.42 Putri. “Pengaruh Money Ethics terhadap Tax Evasion dengan Religiosity sebagai Variabel Moderating Studi pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Cibeunying". Skripsi S1 Unpas Bandung, 2016 Rambat Lupioadi, ‘Manajemen pemasaran jasa’ Edisi 3, (Jakarta: Salemba Empat, 2013), h. 232. Riandari, Rara Ayu. (2009). Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bee ’ S Resto.1-13 Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Tangerang: Suluh Media, 2018.Hal 83 Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Tangerang: Suluh Media, 2018.Hal 100 Sugiyono, ‘Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D’ Edisi 14 (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 142. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Sumowo, S. "Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Budaya Organisasi Sebagai Moderating Variable". Jurnal Penelitian Ipteks Januari, 1(1), 5 Mei, 2016, 14-45 Pengaruh Kualitas Layanan..., Diana Novita Sari, FAI, 2021. 74 Surat Edaran No.6/18/DPNP. ‘Perihal Penerapan Manajemen Resiko Pada Aktifitas Pelayanan Jasa Bank Melalui Internet Banking’. (Jakarta: Bank Indonesia, 2004) Sutedi, Adrian. 2018. Hukum Perbankan Suatu Tinjauan Pencucian Uang, Merger, Likuidasi dan Kepailitan. Jakarta: Sinar Grafika Tarigan, (2016). Merger dan Akuisisi: Dari Perspektif Strategis dan Kondisi Indonesia (Pendekatan Konsep dan Studi Kasus). Yogyakarta: Ekuilibra Usmany, L. R., & Badjra, I. B. (2019). Perbedaan Kinerja Keuangan Bank Ocbc Nisp Sebelum Dan Sesudah Merger Di Indonesia. 8 (8), 5036–5059 Usmany, L. R., & Badjra, I. B. (2019). Perbedaan Kinerja Keuangan Bank Ocbc Nisp Sebelum Dan Sesudah Merger Di Indonesia. 8 (8), 5036–5059. Wahyoedi, Soegeng dan Saparso. 2019. Loyalitas Nasabah Bank Syariah: Studi atas Religuisitas, Kualitas Layanan, Trust dan Loyalitas. Yogyakarta: CV Budi Utama Wahyuni, N. "Uji Validitas dan Reliabilitas". Metode Penelitian, 1. 8 Desember 2014, 1-90 Wiwin Muchtar Wiyono, “Dampak Merger 3 (Tiga) Bank Syariah Bumn Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah”, (Jurnal Cakrawala Hukum Volume 23 Issue 1, March 2021), 68 citation: Sari, Diana Novita (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah dengan Loyalitas Nasabah sebagai Variabel Moderating Pasca Marger Bank Syariah mandiri (Studi Kasus bank syariah Indonesia KCP Cinere 1 Kota Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25744/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1707025005_DIANA%20NOVITA%20SARI.pdf