eprintid: 25610 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/56/10 datestamp: 2023-06-08 06:48:45 lastmod: 2023-06-08 06:48:45 status_changed: 2023-06-08 06:48:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safitry, Nur title: Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Alat Pembayaran Non Tunai Dengan JakOne Mobile Pada Nasabah Bank DKI Syariah Pondok Indah ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Nur Safitry, Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Alat Pembayaran Non Tunai Dengan JakOne Mobile Pada Nasabah Bank DKI Syariah Pondok Indah, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan alat pembayaran non tunai dengan jakone mobile pada nasabah Bank DKI Syariah KC Pondok Indah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan pengumpulan data menggunakan kuisioner secara langsung dengan pengambilan sampel sebanyak 100 orang sebagai responden, penelitian ini menggunakan probability sampling dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian ini, dalam uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan nilai t-hitung sebesar 3,067 lebih besar dari 1,98498, dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 yang berarti persepsi kemanfaatan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan alat pembayaran non tunai dengan jakone mobile. Variabel kemudahan penggunaan nilai t-hitung sebesar 7,498 lebih besar dari 1,98498, dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan alat pembayaran non tunai dengan jakone mobile. Variabel kepercayaan nilai t-hitung sebesar 2,679 lebih besar dari 1,98498, dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05 yang berarti kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan alat pembayaran non tunai dengan jakone mobile. Hasil uji f menunjukkan bahwa semua variabel independen terdiri dari persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu minat menggunakan alat pembayaran non tunai dengan jakone mobile, dengan F hitung sebesar 46,507 lebih besar dari 2,70 dengan nilai tingkat signifikan 0,000 kurang dari 0,05. date: 2021 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Amorso, D. L. (2011). Development of an Instrument to Measure the Acceptance of Internet Technology by Consumers. Filozofski Vestnik, 32(3), 103–116. Bank DKI Syariah. (n.d.). Profile Bank DKI Syariah. Retrieved June 28, 2021, from http://bankdkisyariah.co.id/index.php/bank-dki-syariah/profileperusahaan Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis : (Dilengkapi Aplikasi SPSS &Eviews). RajaGrafindo Persada. Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya (Edisi Kedu). Kencana. Davis, F. D. (2011). Perceived Usefulness, Perceived Ease of use and User Acceptance of inromation technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621 Fadlan, A., & Dewantara, R. Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1), 82–89. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/2652/3045 Indonesia, I. B. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan (Edisi ke-1). PT Gramedia Pustaka Utama. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan (Edisi Pert). Kencana. Pengaruh Persepsi Kemanfaatan..., Nur Safitry, FAI, 2021. 86 Laksana, G. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(2), 86309. Mardiyanti, S. (2011). Pengaruh Keyakinan dan Kepercayaan Teknologi Terhadap Minat Penggunaan Internet Banking Di Malang: Theory of Reason Action yang Direduksi. Jurnal Fisip Umrah, Vol 1 No.(1), 287–295. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org Napitupulu, D., Abdel Kadar, J., & Kartika Jati, R. (2017). Validity testing of technology acceptance model based on factor analysis approach. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 5(3), 697–704. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v5.i3.pp697-704 Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah (Edisi Pert). Kencana. Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104 Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. (n.d.). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan..., Nur Safitry, FAI, 2021. 87 Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Bijak Ber-Electronic Banking. Bijak Ber-Ebanking, 1–325. Paramitha Nerisafitra & Fajar Annas Susanto. (n.d.). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Menggunakan Website Pembelajaran dengan Technology Acceptance Model (TAM). Permatasari, A. A. A. R., & Yasa, N. N. K. (2020). Kepercayaan Pelanggan Di Antara Hubungan Citra Perusahaan Dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com (Abdriyanto (Ed.)). Lakeisha. Pratama, A. M. (2020). Pengguna Internet Indonesia hingga Kuartal II 2020 Capai 196,7 Juta Orang. Kompas. https://money.kompas.com/read/2020/11/09/213534626/pengguna-internet-indonesia-hingga-kuartal-ii-2020-capai-1967-juta-orang Rusydi, M. (2017). Customer Excellence (D. N. Aedi (Ed.); Cetakan I). Gosyen Publishing. Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (Edisi Pert). Graha Ilmu. Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3), 196–209. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3075 Setiawan, H. (2016). Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas. Jurnal Pengaruh Persepsi Kemanfaatan..., Nur Safitry, FAI, 2021. 88 Keuangan Dan Perbankan, 20(3), 518–528. Shandy, K. F. (2020). Transaksi Digital Banking Meroket, Nasabah Juga Inginkan Hal Ini. Oke Finance. https://economy.okezone.com/read/2020/07/23/320/2250953/transaksi-digital-banking-meroket-nasabah-juga-inginkan-hal-ini?page=2 Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif (N. F. Arif (Ed.); Edisi Revi). PT Rafika Aditama. Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana. Sobur, A. (2016). Psikologi Umum (Edisi Revi). Pustaka Setia. Sudarsono. (n.d.). Kamus Filsafat Dan Psikologi (Cetakan Pe). PT Rineka Cipta. Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (Edisi 1). Rajawali Pers. Sugiarto, D. S. (2000). Metode Statistika : Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Suliyanto. (2006). Metode Riset Bisnis. Andi Offset. Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi : Alat Statistik Dan Analisis Output Komputer. Caps. Suryati, L., & Sudarso, A. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif : (petunjuk praktis untuk penyusunan skripsi ekonomi dan tesis magister management) Pengaruh Persepsi Kemanfaatan..., Nur Safitry, FAI, 2021. 89 (2nd ed.). Deepublish. Tirtana, I., & Sari, P. S. (2014). Analisis pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap penggunaan mobile banking. Seminar Nasional Dan Call for Paper Program Studi Akuntansi-FEB UMS, 25, 671–688. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/4589 Tumpal Manik. (2019). Analisis Pengaruh Transaksi Digitalisasi Uang Elektronik Terhadap Cashless Society Dan Infrastruktur Uang Elektronik Sebagai Variabel Pemodarasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 2(2), 27–40. https://doi.org/10.31629/jiafi.v2i2.1714 Utami, N. W. A. B., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan,Kemudahan Penggunaan,Resiko Dan Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash Pada Pt Bri (Persero) Tbk (Studi Kasus Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Undiksha). 11(2), 310–319. Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer & Praktis (Edisi 1). RajaGrafindo Persada. citation: Safitry, Nur (2021) Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Alat Pembayaran Non Tunai Dengan JakOne Mobile Pada Nasabah Bank DKI Syariah Pondok Indah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25610/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1707025055_NUR%20SAFITRY.pdf