TY - THES TI - MANAJEMEN KOMUNIKASI DAKWAH MASJID DALAM MEMBINA JAMAAH MILENIAL (STUDI KASUS MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE) ID - repository25459 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25459/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA A1 - Nursyamsiah, Dewi AV - public N2 - Manajemen komunikasi dakwah adalah proses koordinasi yang dibangun melalui interaksi antar manusia demi tercapainya tujuan dakwah. Digitalisasi dakwah menjadi salah satu cara agar pesan-pesan dakwah tetap bisa eksis dan menarik dikonsumsi oleh generasi pada masanya. Keberadaan masjid menjadi pusat kegiatan keagamaan berlaku di semua tempat, termasuk masjid dalam area mal. Pada umumnya, kendala masjid terletak pada tata kelola manajemen dalam organisasi, tidak memiliki jamaah tetap dan regenerasi yang lambat. Penelitian ini berupaya menjelaskan dan menganalisis manajemen komunikasi dakwah yang dilakukan oleh DKM Nurul Iman yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan berasal dari hasil wawancara, observasi, studi litelatur, dan dokumen pendukung lainnya. Aktifitas media sosial Masjid Nurul Iman Blok M Square pun tidak luput dari hal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan manajemen komunikasi dakwah yang dilakukan oleh DKM Nurul Iman adalah berkat kerjasama dengan mitra-mitra dakwah, seperti mubalig, majelis taklim dan komunitas kajian yang dikelola oleh anak muda (milenial). Dalam setiap tahapan proses kegiatan mulai dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian, DKM Nurul Iman selalu mengajak mitra dakwah untuk berpartisipasi. Masjid sebagai fasilitator kegiatan dawah berkolaborasi dengan ide-ide kreatif milenial menghasilkan materi dakwah yang mampu merubah kecenderungan perilaku negatif milenial menjadi lebih konservatif dalam balutan nilai-nilai islami. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -