eprintid: 25268 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/52/68 datestamp: 2023-05-16 06:58:55 lastmod: 2023-05-16 06:58:55 status_changed: 2023-05-16 06:58:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurliyanti, Nurliyanti title: Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Santri dan Promosi terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Inaayah, Pondok Miri, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. ispublished: pub subjects: HB subjects: Skripsi divisions: 61206 abstract: Nurliyanti, Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Santri dan Promosi terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Inaayah, Pondok Miri, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Religiusitas, Pengetahuan Santri dan Promosi terhadap minat menabung di Bank Syariah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dari santri Aliyah pondok pesantren Al-Inaayah sebanyak 141 orang dengan pengambilan sampel sebanyak 104 orang sebagai responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini, dalam uji t variabel Religiusitas nilai t-hitung sebesar 6,806 dimana lebih besar dari pada t-tabel yaitu 1,98397 serta koefisien regresi beta sebesar 0,481 dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Pengetahuan Santri t-hitung sebesar 6,318 dimana lebih besar dari pada t-tabel yaitu 1,98397 serta koefisien regresi beta sebesar 0,442 dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan Promosi t-hitung sebesar 3,948 dimana lebih besar dari pada t-tabel yaitu 1,98397 serta koefisien regresi beta sebesar 0,210 dengan nilai tingkat signifikan t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji f dengan menunjukkan bahwa minat masyarakat pada f-hitung diperoleh sebesar 89,383 dimana lebih besar dari pada f-tabel yaitu 2,69 dengan tingkat sig 0,000 lebih kecil dari 0,05. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Agama Islam: Perbankan Syariah thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Amin, Haedari dan Hanif Abdullah. Masa Depan Pesantren: dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press, 2004 Ancok, Djamaludin dan Fuad Nasori Suroso, Cetakan VIII, Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Anhari, Majkur. Integrasi sekolah Ke Dalam Sistem Pendidikan Pesantren: Tinjauan Filosofi Dalam Prespektif Islam. Surabaya: Diantama, 2007 Antonio, M Syafi’i. Bank Syariah dan Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani, 2001 Bungin, M. Burhan. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi : Format-format kuantitatif dan Kualitatif Sosiologi, Kebijakam, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2013. D.W, Nana Rukmana . Masjid Dan Dakwah. Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2002 Endaswara, Suwardi. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan : Ideologi, Epistemologi, dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Widyatama,2006. Fatimah, Siti Zamzami. dkk, Pengelolaan Pengembangan Diri di Sekolah. Bandung : Sinergi Pustaka Indonesia, cetakan ke-1, 2007 Istijanto, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama, 2005. J.Supranto, Statistik untuk Pemimpin Berwawasan Global Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat, 2007. Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers. 2011. Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT. Rajawali Pres, 2014 Kasmir. Dasar-dasr Perbankan. Depok : PT. Raja Grafindo Persada, 2014 Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Marketing Management”, Pearson Education Limited, England, 2012. Kuncoro, Mudrajat. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 3. Jakarta ; Erlangga, 2009. Mappiere, Andi. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional, 2012. Muhammad, Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah Edisi Revisi. Yogyakarta: UIIPress 2006 Nasir, M Ridwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren Di tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013. Purwanto, Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2012. Rokhaeti, Eti. Dkk. Metodologi Penelitian Bisnis : Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media 2007. Sahlan, Asmaun.Religiusitas Perguruan Tinggi : Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam” . UIN MALIKI PRESS, 2011 Sayyidatul Maghfiroh. “Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan sosial terhadap minat menabung di Bank Syariah pada Santri Mahasiswi Darush Shalihat”. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 2018, 24-25 Shaleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Dalam Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana, 2004. Shaleh, Abdul Rahman dan Muhib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar,Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana, 2004. Siregar, Syofian. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Perbandingan Perhitunga Manual & SPSS Edisi Pertama. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group, 2014. Siregar, Syofian. Statistika Deskriptif untu Penelitian;Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17.0. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2014. Slameto, Belajar dan Faktor-faktor mempengaruhinya. Jakarta : PT AdiMahasatya, 2002 cetakan ke-4. Sugito, Yugi. Metodologi Penelitian ; Metode Percobaan dan Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UB Press, 2013. Sugiyono, Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : ALFABETA, 2013. Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi. Bandung : ALFABETA, 2002. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis ( Pendekatan Kuantitafif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta, 2010. Suharso, Puguh. Model Analisis Kuantitatif “TEV” Teori dan Konsep (Instrumen Kebijakan Publik). Jakarta: PT.INDEKS, 2010. Sumari’in, Konsep Kelembagaan Bank Syariah, Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012. Sutrisna, Budiono Hadi. Sejarah Wali Songo Misi Pengislaman Di Tanah Jawa Yogyakarta: GRAHA Pustaka, 2009. Swastha, Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta. 2009 Syah, Muhibin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2001. Tafsir, Ahmad. Filsafat ilmu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2003. Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta : C.V ANDI OFFEST, 2014. Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: ANDI, 2008 Tri Basuki, Agus. Dan Nano Prawato, Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Jakarta : Rajawali Pers, 2017 Umar, Husein. Metode Riset Bisnis : Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi. Jkarta : Gramedia Pustaka Utama, 2003. Undang-undang No.21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah www.bi.go.id,, 3-4 (diakses pada tanggal 09 September 2019) Usman, Muhammad Uzer . Menjadi Guru Profesional, cetakan ke-25. PT.Remaja Rodaskarya, 2003 Yusuf, A.Muri. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana, 2017. citation: Nurliyanti, Nurliyanti (2019) Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Santri dan Promosi terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Inaayah, Pondok Miri, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25268/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_1507025062%20_NURLIYANTI.pdf