eprintid: 25237 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/52/37 datestamp: 2023-05-15 04:31:47 lastmod: 2023-05-15 04:31:47 status_changed: 2023-05-15 04:31:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Budiantari, Audira title: Analisis Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Kartini tahun 2018 ispublished: pub subjects: RA0421 subjects: Skripsi divisions: 13201 abstract: Rawat inap Rumah Sakit Kartini mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien lama mulai tahun 2015 sampai tahun 2017, penurunan jumlah pasien lama dapat mengindikasikan adanya loyalitas pasien yang menurun. Karena itu rumah sakit perlu mendesain program pemasaran dengan menerapkan bauran pemasaran/marketing mix, yang mencakup aspek product, price, place, promotion, people, process. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode survey dan pendekatan cross-sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner kepada 264 orang pasien lama yang memanfaatkan pelayanan rawat inap. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan metode univariat dan bivariat dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui persepsi pasien tentang product sesuai sebesar (61,7%), price sesuai sebesar (54,2%), place mudah dijangkau sebesar (94,7%), promotion tidak sesuai sebesar (62,1%), people tidak puas sebesar (51,5%), process tidak setuju sebesar (51,9%) dan pasien yang loyal sebesar (68,2%). Hasil bivariat menunjukkan ada hubungan antara product (p=0,031), place (p=0,000) price (p=0,035), dengan loyalitas pasien dan tidak ada hubungan antara hubungan pasien tentang, promotion (p=0,147), people (p=0,838), process (p=0,301) dengan loyalitas pasien. Saran bagi manajemen dan bagian marketing untuk menerapkan strategi harga khusus untuk mengikat pelanggan lama, meningkatkan mutu pelayanan terutama untuk process pelayanan, fokus pada kepuasan pasien dan menjalin komunikasi yang baik dengan pasien lama sehingga dapat meningkatkan loyalitas pasien terhadap Rumah Sakit Kartini. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anjaryani. (2009). Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Temarang. Tesis . Semarang : Universitas Diponegoro, Program PascaSarjana. Asmita. (2008). Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan RS Panti Wilasa Citarum Semarang. Tesis. Semarang : Universitas Diponegoro, Program Pascasarjana. Bambang, Hartono. (2010). Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta : Rineka Cipta. Fajar, Laksana. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis Edisi I. Yogyakarta : Graha Ilmu. Griffin, Jill. (2005). Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. alih bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta : Erlangga. Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 12. Jakarta : Indeks. Kusumo, M. P. (2016). Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul, 5(2), 107– 111. https://doi.org/10.18196/jmmr.5113.Pengaruh. Lupiyoadi, Rambat & Handayani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta :Salemba Empat. Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Poernomo, Dewi. (2009). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien tentang Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Rawat Jalan RS Baptis Kediri. Tesis. Semarang : Universitas Diponegoro Program Pascasarjana Program Studi Magister Promosi Kesehatan Kajian Sumber Daya Manusia. Sulistiadi, W. (2002). Fungsi Pemasaran Rumah sakit di Indonesia : Serba Tanggung?. Artikel Jurnal Marsi Vol.3 No.3 Oktober 2002. Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CAPS. Supriyanto & Ernawaty. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta : Andi. Tjiptono, Fandy. (2005). Manajemen Jasa. Yogjakarta : Andi. Undang-Undang RI Nomor 44 tahun 2009, Rumah Sakit, 2009, Jakarta : Presiden RI : 2009. citation: Budiantari, Audira (2018) Analisis Hubungan Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Kartini tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25237/1/FIKES_KESMAS_1505019030_AUDIRA%20BUDIANTARI.pdf