eprintid: 25187 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3868 dir: disk0/00/02/51/87 datestamp: 2023-05-08 03:35:10 lastmod: 2023-05-08 03:37:30 status_changed: 2023-05-08 03:35:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Ati Pradipta title: Analisis Segmentasi Pasar Pada Pasien Di Unit Hemodialisa Rs Anna Medika Bekasi. ispublished: pub subjects: RA0421 subjects: Skripsi divisions: 13201 abstract: Latar belakang : Banyaknya Rumah sakit baru pada beberapa tahun ini menimbulkan adanya persaingan dalam menyediakan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar dari beberapa faktor seperti faktor geografi, demografi, psikografi dan perilaku, sehingga Rumah Sakit harus berupaya membuat konsumen (klien/pasien) memiliki pengetahuan atau informasi yang cukup tentang pelayanan rumah sakit khususnya pada unit hemodialisa pada RS Anna Medika Bekasi Tujuan penelitian : Untuk mengetahui gambaran karakteristik segmen pasar pasien unit hemodialisa RS Anna Medika dari faktor geografi, faktor demografi, faktor psikografi dan faktor Perilaku. Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling dan kuesioner yang berjumlah 100 responden. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi. Hasil : Hasil penelitian menyatakan bahwa pada Rs Anna Medika Bekasi terus mengalami pengembangan sarana dan prasarana kesehatan diantaranya saat ini seperti unit hemodialisa. Jumlah dan Kualitas SDM Memiliki sumber daya manusia yang padat karya di setiap unit dengan jumlah yang cukup di posisi atau bidangnya masing – masing. Jumlah dokter tersedia lebih banyak dibanding rata – rata rumah sakit tipikal di Jawa Barat, serta memiliki tenaga kesehatan yang cukup lengkap. Target pasar dari RS Anna Medika merupakan pasien dari kota Bekasi dengan jarak tempuh sekitar 45 Km menuju RS Anna medika, dengan karakteristik umur lansia, jenis kelamin laki-laki, jenjang pendidikan Lulusan SMA, pekerjaan wiraswasta, dengan status pasien lama dan berdiagnosa selain GGK. Responden berpenghasilan >2.5juta s/d 3.5 juta rupiah dengan sumber biaya berasal dari BPJS, asal rujukan puskesmas dengan alasan menggunakan RS Anna medika dari segi biaya/tarif Kesimpulan : Pelayanan yang diberikan Rs Anna Medika Bekasi mendapatkan kepercayaan dan kesetiaan pasien terhadap penyedia jasa kesehatan RS Anna Medika, karena dilihat presntase pasien banyak berasal dari pasien lama, dan meningkatnya jumlah pasien baru, hal ini membuktikan kualitas dan sarana prasana yang mencukupi dari RS anna medika, sehingga adanya tingkat kesetiaan dan keperayaan tinggi dari pasien. Saran : Dengan diketahuinya lebih lanjut karakteristik pasar yang ada diharapkan rumah sakit dapat menggunakan informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan pasien pasien di segmen dan target pasar sebagai pedoman pihak manajemen RS Anna Medika dalam pemasaran di unit hemodialisa serta diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi Rumah Sakit Anna Medika terutama pada unit hemodialisa date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Aritonang, R. Lerbin, R. (2007). Teori dan Praktik Riset Pemasaran. Bogor: Ghalia. Indonesia. Assauri, S .(1987). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press Kotler, P . (1992). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid 1 dan 2). Jakarta: Prenhallindo Azwar; (2004). Reliabilitas dan Validitas Interprestasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty Badan Pusat statistik.2014. http://www.bps.go.id/bekasikota/link/tabelstatistik/pdf diakses tanggal 2 maret 2015 at 13.50 Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya .Bogor : Ghalia Indonesia Kasali, Rhenald. (1998). Manajemen Public Relations. Jakarta: Grafiti Kasali, Rhenald. (2000). Membidik Pasar Indonesia. Jakarta: Grafiti Kertajaya.(2002). On Marketing. Jakarta :Gramedia Kotler, P. (2008). Tokoh Paling Kompeten Dalam Pemasaran Menjawab Pertanyaan Anda. Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran (Analisis,Perencanaan, Implementasi dan pengendalian. Jakarta : Salemba Empat Kotler, P .(2009). Marketing Management (10 ed). New Jersey: Prentice-Hall Inc Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo. S. (2010). Promosi kesehatan teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Rineka Cipta Nuswantari. (1998). Kamus Saku Kedokteran. Jakarta : EGC Sapta, M. (2013) . Analisis Segmentasi Pasar Pengguna Jasa Layanan Rawat Inap RSUD Kalisat . Jember Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula. Yogyakarta: Nuha Press Sugiyono. (2010). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Soemarja, A. (1993). Pemarasan Rumah Sakit Indonesia. Bandung : Alfabeta Tjiptono. (1999). Metode Riset Bisnis . Yogyakarta : Andi citation: Sari, Ati Pradipta (2016) Analisis Segmentasi Pasar Pada Pasien Di Unit Hemodialisa Rs Anna Medika Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25187/1/FIKES_KESMAS_1205017048_ATI%20PRADIPTA%20SARI.pdf