eprintid: 25122 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/22 datestamp: 2023-07-10 09:07:53 lastmod: 2023-07-10 09:07:53 status_changed: 2023-07-10 09:07:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Andria, Nur Aini creators_name: Karnawati, Rita Agustina creators_id: rita.agustina.karnawati@uhamka.ac.id title: Penggunaan Teknik Shadowing Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang (Kaiwa) (Penelitian Eksperimen Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA) ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: PL divisions: 88205 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih jarangnya pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran kaiwa dan masih dirasa kurang efektif serta kreatif pada saat pembelajaran sehingga pembelajar mudah jenuh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara bahasa Jepang sebelum dan sesudah menggunakan teknik shadowing, serta mengetahui efektivitas dari teknik shadowing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model one-group pretest-posttest dengan memberikan tes sebelum dam sesudah perlakuan, responden dalam penelitian sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS 25, diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar pre-test sebesar 70,50 dan post-test sebesar 77,50. Pada tabel paired samples test dengan hasil nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan teknik shadowing terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andani, W. D., Rakhmat, S., & Mulyadi, Y. (20 18). Penerapan Teknik Shadowing dengan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Perancis. Barista : Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 5(2), 180– 190. https://doi.org/10.34013/barista.v5i2.120 Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3. Firmansyah, D. B., & Rahmawati, R. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Panel Discussion Dalam Pembelajaran Kaiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(1), 48–60. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v20i1.25971 Gagne, R. M.1970.The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart, and Winston. Gumay, A. A., Sutjiati, N., & Dahidi, A. (2017). PEMBELAJARAN KAIWA ( Penelitian Eksperimen Kepada Mahasiswa Tingkat III Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI Tahun. 1(1), 75–82. Hatch, E dan Farhady, H. 1982. Research Design and Statistics for Applied Linguistic, Teheran : Rahnama Publications. Hurlock, B Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. 55 Indarwati, R. (2019). Pengaruh Metode Role Playing Berbantuan Media Topbergam Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/89 Khoirunissa, N., Fajriah, N., & Sukmara, R. (2021). Peningkatan Penguasaan Kanji N3 dengan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang. 02(02). Kidder, H. 1981. Research Methods in Social Relations. New York: Holt,. Rinehart and Winston Ltd. Luo, D., Minematsu, N., Yamauchi, Y., & Hirose, K. (2008). Automatic assessment of language proficiency through shadowing. Proceedings - 2008 6th International Symposium on Chinese Spoken Language Processing, ISCSLP 2008, 41–44. https://doi.org/10.1109/CHINSL.2008.ECP.22 Marslen-Wilson, W. D. (1985). Speech shadowing and speech comprehension. Speech Communication, 4(1–3), 55–73. https://doi.org/10.1016/0167-6393(85)90036-6 Muflichah, A., & Agustina, R. (2020). Efektivitas Teknik Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang Pada Kelas X Di Smk Paskita Global Jakarta. Journal.Uhamka.Ac.Id, Vol.01 No., 1–18. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/taiyou/article/view/6089 Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. 183. Nababan, P. W. J., author. 1993. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar, Jakarta : Gramedia Pustaka. Neil Prajamukti Wardhana. (2018). Teknik Shadowing Meningkatkan 56 Kemampuan Mahasiswa Berbicara Bahasa Inggris. SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 10(1), 1–7. Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245. Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Sukatmi. 2009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Media Gambar. Tesis Universitas Sebelas Maret. Tersedia di http://core.ac.uk/download/pdf/16507061.pdf. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara, Bandung : Angkasa. Utari, R., & Sukmara, R. (n.d.). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Kalimat Rumpang Terhadap Pembelajaran Choukai pada Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Uhamka. Jurnal Taiyou, 2(01), 154–164. W.Creswell, J. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif,Dan Mixed. 175–176. Wahyuni, D., Hendra, A. N., & Natalia, A. (2018). Efektivitas Model SAVI dan Model CTL dalam Mata Kuliah Kaiwa pada Mahasiswa Semester II Program Studi Sastra Jepang STBA JIA Dian Wahyuni , Akbar Nadjar Hendra , Ana Natalia. 2(01), 1–20. Wedayanti, N. P. L., & Titasari, C. P. (2019). OPTIMALISASI TIK UNTUK TEKNIK SHADOWING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. 7(1), 53–59. 57 Zia, N. C., & Karnawati, R. A. (2022). Learning Model Course Choukai through Shadowing Technique. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 6(1), PRESS. https://doi.org/10.18196/jjlel.v6i1.12083 citation: Andria, Nur Aini dan Karnawati, Rita Agustina (2022) Penggunaan Teknik Shadowing Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang (Kaiwa) (Penelitian Eksperimen Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25122/1/Nur%20Aini%20Andria.pdf