TY - THES N2 - Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih jarangnya pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran kaiwa dan masih dirasa kurang efektif serta kreatif pada saat pembelajaran sehingga pembelajar mudah jenuh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara bahasa Jepang sebelum dan sesudah menggunakan teknik shadowing, serta mengetahui efektivitas dari teknik shadowing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model one-group pretest-posttest dengan memberikan tes sebelum dam sesudah perlakuan, responden dalam penelitian sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS 25, diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar pre-test sebesar 70,50 dan post-test sebesar 77,50. Pada tabel paired samples test dengan hasil nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan teknik shadowing terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang. ID - repository25122 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25122/ A1 - Andria, Nur Aini A1 - Karnawati, Rita Agustina Y1 - 2022/08/09/ M1 - bachelor TI - Penggunaan Teknik Shadowing Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang (Kaiwa) (Penelitian Eksperimen Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA) AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka ER -