eprintid: 25119 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/19 datestamp: 2023-07-10 09:06:43 lastmod: 2023-07-10 09:06:43 status_changed: 2023-07-10 09:06:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tumanggor, Kelvin Ronaldo creators_name: Utari, Retno creators_id: retnoutari@uhamka.ac.id title: Pembelajaran Menyimak (Choukai) dengan Menggunakan Media Youtube ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: PL divisions: 88205 abstract: Kemampuan menyimak merupakan salah satu hal penting yang harus dikuasai dalam mempelajari bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan media Youtube dalam meningkatkan kemampuan menyimak (choukai). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teori Miles dan Huberman dalam teknik analisisnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan media Youtube sangat efektif dan mendapat respon positif dari para responden dalam meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adam, H. V., Warouw, M. P., & Rattu, J. A. (2022). PENGGUNAAN YOUTUBE UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENDENGAR DALAM BAHASA INGGRIS (DITINJAU DARI PERSEPSI MAHASISWA). JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 33. Agustina, I. D., & Prasetiani, D. (2018). Chi ’ e : Journal of Japanese Learning and Teaching. 6(1), 1–6. Arifin, A. N. (n.d.). Dalam Pembelajaran Menyimak. 9. Diner, L., & Semarang, U. N. (2012). Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Mata Kuliah Chokai Dengan Metode Diskusi. Lingua, 7(2). Hakiki, A., & Masrokhah, Y. (2022). Analisis Penggunaan Ninshou Daimeishi pada Film Rurouni Kenshin Karya Nobohiro Watsuki (Tinjauan Kajian Sosiolinguistik). KIRYOKU; Vol 6, No 1 (2022): Jurnal KiryokuDO - 10.14710/Kiryoku.V6i1.52-64. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/45743 Moleong, L. J. (2017). Metodogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Naserly, M. K. (2020). LATIHAN MENYIMAK DAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI CHANNEL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (Studi 33 Kasus Pada Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Akrab Juara, 5(4), 91–102. Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Utari, R., & Sukmara, R. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Kartu Kalimat Rumpang Terhadap Pembelajaran Choukai pada Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Uhamka. Jurnal Taiyou, 2(01), 154–164. citation: Tumanggor, Kelvin Ronaldo dan Utari, Retno (2022) Pembelajaran Menyimak (Choukai) dengan Menggunakan Media Youtube. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25119/1/kelvin%20ronaldo%20tumanggor.pdf