eprintid: 25113 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/13 datestamp: 2023-07-10 09:06:34 lastmod: 2023-07-10 09:06:34 status_changed: 2023-07-10 09:06:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Vera Annisa Eka creators_name: Seruni, Ayu Putri creators_id: seruni@uhamka.ac.id title: Cyberbullying yang terkandung dalam drama jepang 3 nen a gumi ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: PL divisions: 88205 abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cyberbullying seperti apa yang terkandung dalam drama jepang 3 nen a gumi dan dapat mempelajarinya sehingga hal tersebut dapat dipahami dan dicegah supaya tidak terjadi di kehidupan nyata. Cyberbullying merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan pada masa modern sekarang ini,penggunaan media sosial memang sangat berdampak pada zaman sekarang ini, akan tetapi dampak positifnya terkadang tertutupi dengan dampak negatifnya, contohnya terdapat pada drama jepang 3 nen a gumi. Drama jepang 3 nen a gumi ini menceritakan mengenai perjuangan seorang guru yang menuntut keadilan terhadap salah seorang muridnya yang meninggal bunuh diri dikarenakan cyberbullying yang diterimanya. Cyberbullying yang terkandung dalam drama jepang 3 nen a gumi ini dapat dilihat dengan pemaknaan denotatif dan konotatif. Denotatif dan Konotatif dapat disebut dengan order of signification (signifikasi dua tahap atau dua tatanan penanda). Signifikasi tahap pertama berhubungan antara signifier (ekspresi) dan signified (isi) didalam sebuah tanda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi yang menggunakan pendekatan semiotik Rollands Barthes. Hasil Penelitian ini menceritakan tentang berbagai macam cyberbullying yang terkandung dalam drama jepang 3 nen a gumi.. date: 2021-07-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Analisis, B., & Roland, S. (2017). menjelaskan hubungan penanda dan petanda pada realitas, menghasilkan makna eksplisit. Konotasi. 4(1), 1–14. Hamuddin, B., Syahdan, S., Rahman, F., Rianita, D., & Derin, T. (2019). Do they truly intend to harm their friends? The motives beyond cyberbullying among university students. International Journal of Cyber Behavior, Psychology and Learning, 9(4), 32–44. https://doi.org/10.4018/IJCBPL.2019100103 Hellfeldt, K., López-Romero, L., & Andershed, H. (2020). Cyberbullying and psychological well-being in young adolescence: the potential protective mediation effects of social support from family, friends, and teachers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(1). https://doi.org/10.3390/ijerph17010045 Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i1.2289 Ii, B. A. B., Semiotika, A. T., & Semiotika, K. T. (n.d.). Alex Sobur, Analisis Teks Media, (Bandu ng: PT Remaja Rosdakarya, 2004), hal. 95-96. 14. 14–39. Kepada, D., Ilmu, F., & Politik, I. (2016). ( Analisis Semiotik dalam Film " Timbuktu " karya Abderrahmane Sissako ). Klarer, M. (1998). An Introduction to Literary Studies. London: Routledge. Kwan, I., Dickson, K., Richardson, M., MacDowall, W., Burchett, H., Stansfield, C., … Thomas, J. (2020). Cyberbullying and Children and Young People‟s Mental Health: A Systematic Map of Systematic Reviews. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 23(2), 72–82. https://doi.org/10.1089/cyber.2019.0370 Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap 85 Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif, 16(1), 62–67. Membaca, J., Wahid, F. I., Solihat, I., & Kunci, K. (2020). MENGAPRESIASI DRAMA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. 5(April), 15–24. Noor, F., & Wahyuningratna, R. N. (2017). Representasi Sensualitas Perempuan dalam Iklan New Era Boots di Televisi (Kajian Semiotika Roland Barthes). IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 1–10. Noviantho, Isa, S. M., & Ashianti, L. (2018). Cyberbullying classification using text mining. Proceedings - 2017 1st International Conference on Informatics and Computational Sciences, ICICoS 2017, 2018-Janua, 241–245. https://doi.org/10.1109/ICICOS.2017.8276369 Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43–62. https://doi.org/10.25278/jj.v14i1.188.43-62 Pierce, C. S. (2020). MAKNA PESAN MORAL DALAM FILM TOP SECRET OF THE BILLIONARE ( Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce ). 10(1). Piliang, Y. A. (2004). Semiotika Teks : Sebuah Pendekatan Analisis Teks. MediaTor, 5 No. 2(No.2), 189–198. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/265040699_Semiotika_Teks_Sebu ah_Pendekatan_Analisis_Teks Prasadana, D. P. (2018). Cyberbullying dalam Media Sosial Anak SMP. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(1), 141–148. https://doi.org/10.24090/kom.v11i1.1283 Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Kalangan Remaja. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 86 18(2), 257–262. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/3680/2624 Willard, N. (2007). Effectively Managing Internet Use Risks in Schools. Online, 1–19. Ziems, C., Vigfusson, Y., & Morstatter, F. (2020). Aggressive, Repetitive, Intentional, Visible, and Imbalanced: Refining Representations for Cyberbullying Classification. ArXiv, (Icwsm). citation: Pratiwi, Vera Annisa Eka dan Seruni, Ayu Putri (2021) Cyberbullying yang terkandung dalam drama jepang 3 nen a gumi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25113/1/Vera%20Annisa%20Eka%20Pratiwi.pdf