eprintid: 25112 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/12 datestamp: 2023-07-10 09:06:33 lastmod: 2023-07-10 09:06:33 status_changed: 2023-07-10 09:06:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugroho, Surya Adi creators_name: Sukmara, Rina creators_id: rinasukmara@uhamka.ac.id title: Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: PL divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu teknik menghafal pada penguasaan kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah terhadap kemampuan menghafal pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang semester 2 menggunakan teknik mind mapping, dan untuk mengetahui tanggapan. Metode penelitian yang dipakai adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang FKIP UHAMKA semester 2 sebanyak 19 orang. Hasil nilai rata – rata pre-test yaitu 54,95. Hasil nilai rata – rata post-test yaitu 61,74. Hasil Uji sample T-test didapat dari program SPSS 20, yang menggunakan independent sample T-test dengan taraf signifikansi < 0,05 dari hasil penghitungan tersebut diperoleh nilai (2 – tailed) sebesar 0,146 > 0,05, maka dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kosakata bahasa Jepang dengan menghafal menggunakan teknik mind mapping. Berdasarkan hasil angket, banyaknya yang menjawab ragu – ragu pada pernyataan menghafal kosakata lebih mudah menggunakan teknik mind mapping dan pada pernyataan teknik mind mapping merupakan teknik terbaik dalam menghafal kosakata bahasa Jepang. date: 2021-09-07 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidah, K., Laksmiwati, A. A., Sasfiranti, Y., & Supradewi, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory untuk Peningkatan Pemahaman Matematika. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1(September), 96–103. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7696 Ahmala, M. (2018). Keterampilan Mengingat Kosakata Bahasa Arab Melalui Strategi Mind Mapping. Annual International Conference on Is Amic Education, 1(3), 320–343. Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambardalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40. Annisac, N., Fatimah, S., & Zalman, H. (2018). HUBUNGAN PENGUASAAN GOI DENGAN KEMAMPUAN SAKUBUN MAHASISWA SEMESTER III TAHUN AJARAN 2017/2018 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Omiyage, 1(1). Arikunto, S. (2014). PROSEDUR PENELITIAN. Jakarta: Rineka Cipta. Asnur, M. N. A., Adhima, F., Ayuwijayanti, M., & Marsuki, R. R. (2019). Karaketristik Pembelajaran Kolaboratif Bahasa Asing dalam Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Literasi Bahasa Dan Sastra Ke-4 Pembelajaran Bahasa Asing Di Era Digital, 4(2), 1–11. Retrieved from http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/artikel/ARTIKEL_SPROSIDING_SE MINAR_NASIONAL.pdf Buzan, T. (2010). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Darma Prawira, S. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 53 Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini. (2016). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR IPS. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP, 18(2085), 118–131. Dovian Syafril Umam, L. N. A. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sd Kelas 3. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 70–83. Dyah Safitri. (2016). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N BALANGAN 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 193– 203. Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan. Bandung: Alumni. Japan Foundation. (2011). 文字・語彙を教える. Japan: Hitsuji Kaisha. Karim, A. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAP PADA PELATIHAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN. IJTIMAIYA, 1(1). Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683 Matsumoto. (2011). Moji Goi o Oshieru. Tokyo: Shushikikaisha Hitsuji Shobou. Nazir, M. (2014). METODE PENELITIAN (10th ed.). Bogor: Ghalia Indonesia. Olivia, F. (2008). Gembira Belajar Dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media. Pratita, I. I. (2017). PENGEMBANGAN MODEL COOPERATIVE 54 INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ( DOKKAI ) MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Ina Ika Pratita Universitas Negeri Surabaya , inapr. Jurnal Asa, 4(1). Puspita, L., Yetri, Y., & Novianti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Metakognisi Dan Afektif Pada Konsep Sistem Sirkulasi Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 15 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 78–90. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1265 Putrayasa, I. B. (2015). Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas Vii Smp Laboratorium Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2), 637–646. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha. v4i2.6060 Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (21st ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujianto, & Dahidi, A. (2009). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc. Sulianti, A., Nurwidiani, S., & Siregar, S. S. I. (2020). Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Musik Klasik terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa MAN. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 17–25. Supadmi, N. L., Wiratma, I. G. L., & Merta, L. M. (2017). Penerapan Metode 55 Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Mia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 48. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i2.12811 Suparmi, S., Marhaeni, A., & Artawan, G. (2019). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL PADA SISWA KELAS IV SDN 1 DAJAN PEKEN TABANAN. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 12– 20. Wilson, K., Copeland Solas, E., & Guthrie-Dixon, N. (2016). A Preliminary study on the use of Mind Mapping as a Visual-Learning Strategy, in General Education Science classes for Arabic speakers in the United Arab Emirates. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(1), 31–52. https://doi.org/10.14434/josotl.v16i1.19181 Wiwik Yully Widyawati. (2018). MIND MAPPING UNTUK MEMPERKAYA KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Yusuf, M. T., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris, Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/893 Zainuddin. (1992). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. citation: Nugroho, Surya Adi dan Sukmara, Rina (2021) Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25112/1/Surya%20Adi%20Nugroho.pdf