%A Surya Adi Nugroho %A Rina Sukmara %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu teknik menghafal pada penguasaan kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah terhadap kemampuan menghafal pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang semester 2 menggunakan teknik mind mapping, dan untuk mengetahui tanggapan. Metode penelitian yang dipakai adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang FKIP UHAMKA semester 2 sebanyak 19 orang. Hasil nilai rata – rata pre-test yaitu 54,95. Hasil nilai rata – rata post-test yaitu 61,74. Hasil Uji sample T-test didapat dari program SPSS 20, yang menggunakan independent sample T-test dengan taraf signifikansi < 0,05 dari hasil penghitungan tersebut diperoleh nilai (2 – tailed) sebesar 0,146 > 0,05, maka dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kosakata bahasa Jepang dengan menghafal menggunakan teknik mind mapping. Berdasarkan hasil angket, banyaknya yang menjawab ragu – ragu pada pernyataan menghafal kosakata lebih mudah menggunakan teknik mind mapping dan pada pernyataan teknik mind mapping merupakan teknik terbaik dalam menghafal kosakata bahasa Jepang. %L repository25112 %D 2021 %T Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021