TY - THES A1 - Nugroho, Surya Adi A1 - Sukmara, Rina AV - public TI - Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25112/ M1 - bachelor N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji suatu teknik menghafal pada penguasaan kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah terhadap kemampuan menghafal pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang semester 2 menggunakan teknik mind mapping, dan untuk mengetahui tanggapan. Metode penelitian yang dipakai adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang FKIP UHAMKA semester 2 sebanyak 19 orang. Hasil nilai rata ? rata pre-test yaitu 54,95. Hasil nilai rata ? rata post-test yaitu 61,74. Hasil Uji sample T-test didapat dari program SPSS 20, yang menggunakan independent sample T-test dengan taraf signifikansi < 0,05 dari hasil penghitungan tersebut diperoleh nilai (2 ? tailed) sebesar 0,146 > 0,05, maka dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kosakata bahasa Jepang dengan menghafal menggunakan teknik mind mapping. Berdasarkan hasil angket, banyaknya yang menjawab ragu ? ragu pada pernyataan menghafal kosakata lebih mudah menggunakan teknik mind mapping dan pada pernyataan teknik mind mapping merupakan teknik terbaik dalam menghafal kosakata bahasa Jepang. PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka ID - repository25112 Y1 - 2021/09/07/ ER -