eprintid: 25109 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/09 datestamp: 2023-07-10 09:05:43 lastmod: 2023-07-10 09:05:43 status_changed: 2023-07-10 09:05:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Buhori, Rezuan Azlina Nur creators_name: Karnawati, Rita Agustina creators_id: rita.agustina.karnawati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X PB 1 SMK Negeri 20 Jakarta ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: PL divisions: 88205 abstract: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Educandy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jepang kelas X PB 1 SMK Negeri 20 Jakarta tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sample yaitu sebanyak 16 siswa. Desain penelitian yaitu bentuk One Group Pre Test – Post Test Design. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial (1) Uji Validitas, dan (2) Uji Reliabilitas digunakan untuk memersiapkan instrument yang akan digunakan dalam penelitian. (3) Uji Normalitas Shapiro-Wilk menghasilkan kedua data berdistribusi normal berdasarkan pada nilai Sig. Pre-test yaitu sebesar 0.828 dan nilai Sig. Post-test yaitu sebesar 0.783, jadi kedua data menghasilkan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0.05. (4) Uji Homogenitas Levene menghasilkan data yaitu sebesar 0.982, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0.05 sehingga disebut homogen. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas di atas, (5) Uji T yang digunakan adalah statistik parametrik Paired Sampel T-Test, menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0.000 pada hasil belajar Pre-test dan hasil belajar Post-test sehingga nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi atau terdapat perbedaan antara hasil belajar Pre-test dan hasil belajar Post-test. Apabila disimpulkan bahwa H1 diterima dengan arti bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Educandy memberikan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jepang kelas X PB 1 SMK Negeri 20 Jakarta tahun ajaran 2020/2021 date: 2021-07-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina Karnawati, R. (2020). Effectiveness of Blended Learning With the Flipped Classroom Model on Shochuukyuu Bunpou in 21Th-Century Dynamics Skill Towards Japanese Language Education Study Program Muhammadiyah University Prof. Dr. Hamka. Ijlecr - International Journal of Language Education and Culture Review, 6(2), 156–167. https://doi.org/10.21009/ijlecr.062.17 Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); 18th ed.). PT Rajagrafindo Persada. Bonitalia, B., Lamba, H. A., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Mia 4 Sman 2 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(1), 23. https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i1.1551 Chabib Dwi Kurniawan, M., & Misbachul Huda, M. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI LATIHAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD Ket. Artikel. EJournal. Hikmahuniversity.Ac.Id, 03(01), 37–41. http://ejournal. hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/317 Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081 Danasasmita, W. (2009). METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG (U. Kuswari (ed.); Cetakan 1). RIZQI PRESS. Darmawan, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1974 66 Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207 Florayu, B., Isnaini, M., & Testiana, G. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PALEMBANG. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45–56. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.293 Gerlach, V. S., & Ely, D. P. (1971). Teaching and Media : A Systematic Approach. Prentice Hall, Inc. Gustina, Nur Abu, S. H., & Hamsyah, E. F. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 18 Makassar Studi pada Materi Pokok Asam , Basa dan Garam Influence of Media-Based Learning Macromedia Flash 8 Motivation. Chemica, 17(2), 12–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v17i2.4680 NA, M., & M. Pd, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media E-Learning Berbasis Moodle Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan. Akademika, 8(01), 1–16. https://doi.org/10.34005/akademika.v8i01.332 Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Pendidikan, 6(1), 1–7. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/927 Putra, R. S., Wijayati, N., & Widhi, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). Rachmawati, P., Rede, A., & Jamhari, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD Pada mata kuliah Desain Media Pembelajaran. E-JIP BIOL, 5(1), 35– 67 40. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EBiol/article/view/9350 Ramadhani, I., & Kimia, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Permainan Edukatif Ludo Kimia Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. 3(14), 48–54. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/925250 Reski Sudirman, N. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Children Learning in Science Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 49–55. http://journal.ulnalauddin. ac.id/indeks.php/PendidikanFisika Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala : Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(1), 134–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v1i1.756 Sudjianto, & Dahidi, A. (2014). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang (H. Sudrajat (ed.); Cetakan ke). Kesaint Blanc. www.kesaintblanc.co.id Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (Sugiyono (ed.); Ke-26). ALFABETA,cv. Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86 Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 4 Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 22. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457 Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671 citation: Buhori, Rezuan Azlina Nur dan Karnawati, Rita Agustina (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas X PB 1 SMK Negeri 20 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25109/1/REZUAN%20AZLINA%20NUR%20BUHORI.pdf