eprintid: 25107 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/07 datestamp: 2023-07-10 09:05:39 lastmod: 2023-07-10 09:05:39 status_changed: 2023-07-10 09:05:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fajriah, Nabilla Khoirunissa Nur creators_name: Sukmara, Rina creators_id: rinasukmara@uhamka.ac.id title: Peningkatan Penguasaan Kanji N3 dengan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: PL divisions: 88205 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap Penguasaan Kanji N3 Mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design dengan menggunakan metode Quasi Experimental. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa semester IV sebanyak 29 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest 64,59, nilai tertinggi 89,00 dan terendah 54,00. untuk nilai rata-rata posttest 73,69, nilai tertinggi 88,00 dan terendah 54,00. Hasil uji Mann Whitney adalah hitung 0,001, dengan taraf signifikansi 0,05, kemudian 0,001 < 0,05 yang berarti model pembelajaran project based learning (PJBL) efektif dalam meningkatkan penguasaan kanji. Berdasarkan hasil angket, dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL), siswa menjadi antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran kanji, namun model pembelajaran project based masih belum sesuai untuk diterapkan pada mata kuliah kanji N3. date: 2021-07-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggraeny, Renny. 2019. “Seminar Nasional Bahasa Dan Budaya Denpasar Prosiding Bahasa, Politik, Dan Kekuasaan Dalam Dinamika Kebudayaan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99. Annisa, Putri, Imam Riadi, and Abdul Fadlil. 2018. “Pembelajaran Huruf Kanji Bahasa Jepang Berbasis Multimedia Komputer.” Seminar Nasional Informatika 2018 (semnasIF 2018) 2018(November): 120–28. Asoo, Isoji. 1983. Sejarah Kesusastraan Jepang (NIHON BUNGAKUSHI). eds. Sheddy .N. Tjandra and Jonnie Rasmada Hutabarat. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press). Budiyanto, M. Agus Krisno. 2016. Sintak 45 Model Pembelajaran Dalam Student Centerd Learning (SCL). Castaldi, Paolo, and Nicola Mimmo. 2019. “An Experience of Project Based Learning in Aerospace Engineering.” IFAC-PapersOnLine 52(12): 484–89. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2019.11.290. D, Endah Rita S, R Rivannacitraning, Lailatul Mustofiyah, and Sejarah Artikel. 2020. “Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan.” 3(2). Handayani, Lilik. 2020. “Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari.” Jurnal Paedagogy 7(3): 168. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2726. Irianto, Danar, Muhammad Ikhlash, and Sugeng Riadi. 2020. “Model Pembelajaran Project Based Learning - Audit Kepatuhan.” 6(1). Jianti, Melina, Renariah, and Linna Melia Rasiban. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Dengan Media Gambar Dalam Pembelajaran Kanji Dasar.” 1(1): 83–93. Kano, Chieko. 2017. “漢字圏学習者と非漢字圏学習者のための漢字学習と評 価の方法.” Jsl漢字学習研究会誌 9: 1–10. 61 Kubota, Maki. 2017. “Post Study Abroad Investigation of Kanji Knowledge in Japanese as a Second Language Learners.” System 69: 143–52. http://dx.doi.org/10.1016/j.system.2017.07.006. Nurfitriyanti, Maya. 2016. “MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA.” Jurnal Formatif 22(3): 197–201. Rasiban, Neneng Sutjianti & Linna Meilia. 2017. “PROJECT-BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN Kreativitas Menulis Karangan Pendek Bahasa Jepang.” 4. Sahrizal, Mohammad Hilman, Yanti Hidayanti, and Aulia Arifbillah Anwar. 2019. “JUKUGO KANJI 金 KIN, 貨 KA, 銭 SEN YANG TERKAIT DENGAN MAKNA UANG.” II(2): 63–74. Seruni, Ayu Putri. 2018. “Penerapan Pendekatan Multiple Intelegences ( Linguistic & Visual Spatial ) Pada Pembelajaran Kanji.” Soelistyowati, Diah. 2019. “Jukugo Kanji Yang Mempunyai Makna Berhubungan Dengan Uang.” (1982): 329–36. Retnawati, Heri. 2016. “Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian.” In , 210. Sarini Abdullah, Taufik Edy Sutanto. 2015. “Statistika Tanpa Stres.” In Transmedia, 4. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Sundayana, Rostina. 2018. Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta. citation: Fajriah, Nabilla Khoirunissa Nur dan Sukmara, Rina (2021) Peningkatan Penguasaan Kanji N3 dengan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25107/1/Nabilla%20Khoirunissa%20Nur%20Fajria.pdf