%0 Thesis %9 Bachelor %A Fajriah, Nabilla Khoirunissa Nur %A Sukmara, Rina %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2021 %F repository:25107 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T Peningkatan Penguasaan Kanji N3 dengan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020/2021 %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25107/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap Penguasaan Kanji N3 Mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design dengan menggunakan metode Quasi Experimental. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa semester IV sebanyak 29 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest 64,59, nilai tertinggi 89,00 dan terendah 54,00. untuk nilai rata-rata posttest 73,69, nilai tertinggi 88,00 dan terendah 54,00. Hasil uji Mann Whitney adalah hitung 0,001, dengan taraf signifikansi 0,05, kemudian 0,001 < 0,05 yang berarti model pembelajaran project based learning (PJBL) efektif dalam meningkatkan penguasaan kanji. Berdasarkan hasil angket, dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL), siswa menjadi antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran kanji, namun model pembelajaran project based masih belum sesuai untuk diterapkan pada mata kuliah kanji N3.