eprintid: 25101 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/01 datestamp: 2023-07-10 09:05:28 lastmod: 2023-07-10 09:05:28 status_changed: 2023-07-10 09:05:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ariestianti, Annisa creators_name: Natalia, Ana title: Efektivitas Metode Mnemonik Dengan Menggunakan Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Membaca Kanji N4 Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: PL divisions: 88205 abstract: Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Mnemonik Dengan Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Membaca Kanji N4 Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design, dengan menggunakan metode Quasi Experimental. Sample yang digunakan yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA semester II sebanyak 19 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sample yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai rata- rata pre-test yaitu 63.16. Sedangkan untuk nilai rata-rata post-test yaitu 78.42. Kemudian, dari hasil perhitungan uji t menggunakan program SPSS 25 dengan Paired Sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05, dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian, menyatakan bahwa metode mnemonik dengan teknik kata kunci efektif meningkatkan kemampuan membaca kanji N4. Berdasarkan hasil angket, dengan menggunakan metode Mnemonik dengan teknik kata kunci, mahasiswa menjadi semangat, antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran kanji N4, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memudahkan mahasiswa semester II dalam membaca kanji N4. date: 2021-07-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amelia, M., Pendidikan, S.-1, Jepang, B., Bahasa, F., Seni, D., Prasetyo, J., Pd, S., & Pd, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi “Kanben (Kanji No Benkyou)” Terhadap Kemampuan Penguasaan Kanji Level Shokyuu (Dasar). 1–9. Ardika, Y., & Sardjana, A. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kelas X. 7(1), 66–73. Charista, F. (2019). PENERAPAN METODE MNEMONIC UNTUK PEMAHAMAN MEMBACA KOSAKATA BAHASA MANDARIN SERTIFIKASI. 1–6. Cresweel. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Dewi, O. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) Terhadap Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Papar Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Hikari, 3(2), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/kejepangan- unesa/article/view/30569/27855 Drs. Sudjianto, M.Hum, Drs. Ahmad Dahidi, M. A. (2014). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Fitriana, R. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN KANJI DASAR MENGGUNAKAN METODE MNEMONIC DAN HAPPYOU DI PROGRAM STUDI SASTRA JEPANG FISIB UNIVERSITAS PAKUAN. Media Bahasa, Sastra Dan Budaya Wahana, 25, no 2. https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/1598 Hoftman, R. O. (2019). Chi ’ e : Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Tingkat Terampil melalui. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 7(2), 63–73. indah rizki, Saktian Dwi, A. A. (2020). EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK 76 TERHADAP DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN KUTABUMI II KAB. TANGERANG. 4(1). Lailasari, Hermandra, H. N. (2019). THE EFFECTIVENESS OF ACTIVE LEARNING METHODS IN N4 KANJI CHARACTERS LEARNING ( EXPERIMENTAL RESEARCH ON LEVEL II STUDENTS , ACADEMIC YEARS 2018 / 2019 JAPANESE LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION RIAU UNIVERSITY ) KE. 6, 1–11. Litualy, S. J., & Seleky, S. F. (2018). PENGGUNAAN TEKNIK MEMBACA PQRST & PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA JERMAN UNIVERSITAS PATTIMURA. Jurnal Tahuri, Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, 15, 1–14. Marissa Yuliana, Wahyuni Suryaningtyas, S. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA Program Studi Pendidikan Matematika , FKIP UMSurabaya Email : marissa.yuliana19@gmail.com PENDAHULUAN Matematika me. 2(1), 142–164. Novia Khoirunnisaa, U. Z. F. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X-IBB SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA TAHUN AJARAN 20182019. Mandarin Unesa, 1(2). Nurfadila, I., & Majalengka, U. (2020). PENERAPAN METODE MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN. 206–215. Olivia, I. Y. (2016). Efektivitas Pembelajaran Aktif Teks Acak Menggunakan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Kalimat Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo Abstrak. Hikari, 03, 70–76. Poerwanti, N. (2009). Easy Kanji For Learning (K. S. Pangumbaraan (ed.)). 77 Prof. Dr. Suharnan, M. (2005). Psikologi Kognitif (D. D. Hilda (ed.)). Srikandi. Rahmawati, A. K. dan Y. (n.d.). Pembelajaran Kanji dengan Permainan Kartu dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca. 3, 1–18. Renni Anggraini, D. N. dan B. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Kanji Dasar Melalui Penggunaan Aplikasi Kamus Digital Akebi Bagi Pembelajar Tingkat SMA/MA. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 8(2), 59– 62. Saragih, F. A., & Yulia, L. (2018). Pengaruh Pemahaman Bushu Terhadap Kemampuan Mengartikan Kanji. Paramasastra, 5(2). https://doi.org/10.26740/parama.v5i2.3632 Sinarsi, Dwi Nursiti, I. C. H. S. (n.d.). PENERAPAN STRATEGI MENGINGAT MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT MAHASISWA PSIKOLOGI USM - INDONESIA ( Implementation Of Mnemonic Memorizing Strategy to Improve Memoriz- ing Ability of USM - Indonesia Psychological Students ) Sinarsi *, Dwi Nu. Stine, J. M. (2002). Double Your Brain Power. PT. Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Susrani Simamora, H. S. (2018). EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK TERHADAP DAYA INGAT PADA MATERI PROTISTA DI KELAS X SMA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018 Susrani. 6(2), 103– 108. Tampubolon, D. (2015). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Angkasa. Tarigan, P. D. H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (2015th ed.). Wahyudi, Sisilya Saman, P. (2018). Efektivitas teknik mnemonik tipe akrostik dalam pembelajaran afiksasi bahasa indonesia. Jur, 7(1), 1–10. 78 Yogantari, L. P. W., & Wilani, N. M. A. (2018). Pengaruh Teknik Mnemonik terhadap Kemampuan Membaca Aksara Bali pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Batubulan. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 536. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i02.p20 Yulis, P. Y. M. dan N. (2019). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PIKTOGRAM DALAM MENGINGAT KANJI BAGI SISWA KELAS XI SMA INS KAYUTANAM. Jurnal of Japanese Language Teaching, 2(3). Zaenudin, A., & Asror, K. (2019). Metode Mnemonic: Solusi Kreatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Nahwu Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III, 184–195. citation: Ariestianti, Annisa dan Natalia, Ana (2021) Efektivitas Metode Mnemonik Dengan Menggunakan Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Membaca Kanji N4 Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25101/1/Annisa%20Ariestianti.pdf