%0 Thesis %9 Bachelor %A Ariestianti, Annisa %A Natalia, Ana %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2021 %F repository:25101 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T Efektivitas Metode Mnemonik Dengan Menggunakan Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Membaca Kanji N4 Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25101/ %X Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Mnemonik Dengan Teknik Kata Kunci Terhadap Kemampuan Membaca Kanji N4 Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design, dengan menggunakan metode Quasi Experimental. Sample yang digunakan yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA semester II sebanyak 19 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sample yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai rata- rata pre-test yaitu 63.16. Sedangkan untuk nilai rata-rata post-test yaitu 78.42. Kemudian, dari hasil perhitungan uji t menggunakan program SPSS 25 dengan Paired Sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05, dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian, menyatakan bahwa metode mnemonik dengan teknik kata kunci efektif meningkatkan kemampuan membaca kanji N4. Berdasarkan hasil angket, dengan menggunakan metode Mnemonik dengan teknik kata kunci, mahasiswa menjadi semangat, antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran kanji N4, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memudahkan mahasiswa semester II dalam membaca kanji N4.