eprintid: 25100 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/51/00 datestamp: 2023-07-10 09:05:26 lastmod: 2023-07-10 09:05:26 status_changed: 2023-07-10 09:05:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Nurulita Purnama creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: PERBANDINGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SMA ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Flipped Classroom pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Direct instruction pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemehaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model Flipped Classroom dan model Direct Instruction pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. Adapun desain dalam penelitian ini adalah True Experimantal Design dengan menggunakan pre-test-post-testt control group design. Dimana akan diambil dua kelas untuk diteliti, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang keduanya dipilih secara acak (random). Populasi target dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Cijeruk. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Cijeruk. Pengumpulan data diambil dengan tes dalam bentuk essay. Teknik analisi data menggunakan Uji normalitas yang digunakan adalah uji Chi Square, Uji homogenitas yang digunakan adalah uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan ujit. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Cijeruk dengan menggunakan model Flipped Classroom nilai rata-rata pre-test (26.04) dan nilai rata-rata post-test (73.79) Kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Cijeruk dengan menggunakan model Direct instruction nilai rata-rata pretest (25.64) dan nilai rata-rata post-test (65.90) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep fisika menggunakan model Flipped Classroom dan model Direct instruction, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t terhadap hasil Post-test, hasilnya !!"#$%& sebesar 2,48 dan nilai !#()*+ sebesar 2.00. Berdasarkan hasil perhitungan !!"#$%& > !#()*+, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka, kesimpulan yang didapatkan menunjukan bahwa penerapan model Flipped Classroom lebih efektif dibandingkan dengan model Direct instruction dilihat dari kemampuan pemahaman konsep setelah diberi perlakuan. date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Argawi, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64-75. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974 Anzar, Z., Arvyaty, A., Busnawir, B., & Fahinu, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43-54. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5643 Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87-96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709 Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2019). Model student facilitator and explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465-473. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365 Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model flipped classroom dan discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Prisma, 10(1), 17-29. 114 Hikmatunnisa, D., & Mahmudah, D. (2019). REMEDIASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3). Fery, S. (2021). Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Crocodile Physic Dan Media Pembelajaran Phet Simulation. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Wandika, W., Tanti, T., & Hartoyo, Z. (2020). "Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 MUARO JAMBI" (Doctoral dissertation, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi). Patmawati, S., Misdalina, M., & Fitriasari, P. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X melalui model blended learning. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 210-217. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.412 Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Peserta didik. Deepublish. Hidayatulah, A. H. (2021). "Pengembangan Buku Ajar Berbasis Gambar Proses Untuk Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Gelomabang Peserta didik di Sma" (Doctoral dissertation). Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom Membuat Peserta 115 Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif. Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Petik, 6(2), 45-50. Hastuti, W. D. (2020). Membangun motivasi dan kemandirian peserta didik berkebutuhan khusus melalui flipped classroom di masa new normal covid- 19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 181-192. Oakes, D., Davies, A., Joubert, M., & Lyakhova, S. (2018). Exploring teachers’ and students’ responses to the use of a Flipped Classroom teaching approach in mathematics. BSRLM Proceedings, King’s Coll. London, 38(3), 1-6. Strelan, P., Osborn, A., & Palmer, E. (2020). The flipped classroom: A metaanalysis of effects on student performance across disciplines and education levels. Educational Research Review, 30, 100314. Rahmayani, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sma pada konsep gerak parabola (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMA Triguna Utama UIN Jakarta, Tahun Ajaran 2018/2019) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK IIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., ... & Firmansyah, H. (2021). Model Pembelajaran Era Society 116 5.0 (Vol. 1). Penerbit Insania. Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish. Wahyuni, E. (2020). Validitas perangkat pembelajaran model direct instruction berbantu kit eh-us20 pada materi elastisitas. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1). Sijabat, A. (2020, August). Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Pendidikan Fisika. Forum Pemuda Aswaja. Renny, K., Silitonga, H. T. M., & Hamdani, H. (2020). "Penerapan Model Direct Instruction Untuk eningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/38958 Fatimah, F. (2020). "Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Direct Instruktion (DI) Pada Pembelajaran Fisika Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 27-38. https://ojs.unimal.ac.id/relativitas/article/view/3344 Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung. Harianja, J. K. (2020). Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Pada Pelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 121-130. 117 Yanah, P. A., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom pada Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Peserta didik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 65-74. Akip, I. U. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom Dilengkapi dengan Mindmap Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, cet. 2, 2020), Hartini, T. I., & Martin, M. (2020). Pengembangan instrumen soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada mata kuliah fisika dasar 1. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 18- 21. Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). Jalinus, N., Yunos, J. M., Alias, M., Syahril, I., Sukardi, M. T., & Risfendra, S. P. (2021). RISET PENDIDIKAN DAN APLIKASINYA. UNP PRESS. Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.Paoliana, N., Taufik, M., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observ-Explain) terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(1). 118 Mahbengi, A. (2020). Analisis Instrumen Tes Buatan Pendidik Mata Pelajaran Fisika Di Madrasah Aliyah Aceh Tengah (Doctoral dissertation, UIN Ar- Raniry Banda Aceh). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2019). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2020). Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242 Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2018). Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Journal of Education Technology, 2(4), 197–204. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.17855 Fikri, S. A. (2019). Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Prosiding Sendika, 5(1), 325–330. Ismiati, I., Sarwi, S., & Marwoto, P. (2020). Pola dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 115–123. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1847 Oktarianto, M. L., Fitriani, E., & Romadhoni, S. A. L. (2022). Pengaruh Model 119 Pembelajaran Flipped Classroom dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 107-121. Hikmatunnisa, D., & Mahmudah, D. REMEDIASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3). Gumilar, E. B. (2021). Penerapan Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mahasiswa STAI Muhammadiyah Blora. JURNAL PEDAGOGY, 14(2), 56-67 citation: Putri, Nurulita Purnama dan Kusdiwelirawan, Acep (2022) PERBANDINGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25100/1/Nurulita%20Purnama%20Putri.pdf