eprintid: 25098 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/98 datestamp: 2023-07-10 09:05:25 lastmod: 2023-07-10 09:05:25 status_changed: 2023-07-10 09:05:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Nuraeni Nanda creators_name: Ermawaty, Imas Ratna creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MODEL TEACHER CENTERED LEARNING (TCL) MELALUI INTEGRASI PROPHETIC ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Teacher Centered Learning (TCL) melalui integrasi prophetic. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Bekasi dan SMA Negeri 17 Bekasi dimana respondennya adalah peserta didik kelas XI MIPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tim ahli materi sebesar 80.34% (baik) dan tim ahli media sebesar 73.92% (cukup baik) pada tahap pertama serta nilai rata-rata tim ahli materi sebesar 88.28% (sangat baik) dan tim ahli media sebesar 86.78 (sangat baik) pada tahap kedua. Selanjutnya, hasil ujicoba pada kelompok kecil sebesar 86.25% (sangat baik) dan kelompok besar sebesar 87.11% (sangat baik). Kemudian, nilai rata-rata kebermanfaatan model pada kelompok kecil sebesar 81.38% dan kelompok besar sebesar 82.48% dengan kategori keduanya baik sehingga terlihat beberapa sikap yang menonjol dari dalam diri peserta didik. Capaian sikap ini mengacu pada sifat prophetic, yaitu Shidiq dan Amanah. Aspek sikap yang menunjukkan sifat shidiq, diantaranya tidak meniru jawaban saat ulangan, tidak menyalin pekerjaan orang, berani memberikan informasi dengan tepat, dan berani memberikan argumen dengan baik. Sedangkan, sifat amanah ditunjukkan oleh aspek sikap, seperti mengerjakan tugas dengan baik, berperan aktif dalam kelompok, dan mengerjakan sesuatu yang diperintahkan. Dengan demikian, penerapan model TCL dalam pembelajaran mampu meninjau sifat prophetic peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan model Teacher Centered Learning (TCL) melalui integrasi prophetic layak diterapkan dalam pengajaran blended learning. date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Al-Asyi, Y. A.-Q. (2016). Kepemimpinan Islam (Kebijakan-Kebijakan Politik Rasulullah sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan). PeNA. Alamsyah, Y. A. (2017). Membumikan Sifat Rasul dalam Kepemimpinan Pendidikan: Memposisikan Nabi Muhammad SAW sebagai Panutan dalam Kepemimpinan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 120–141. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh Anam, M. K., & Anggraini, L. (2020). Meningkatkan Literasi Perbankan Syariah dengan Mengembangkan Aplikasi Edukasi Berbasis Android. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 129–135. Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135–137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069 Aprillia, N., Pathoni, H., & Alrizal. (2021). Pengembangan E-Book Fisika Dasar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha, Energi, Impuls dan Momentum. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 463–468. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1230 Ardian, A., & Munadi, S. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 454–466. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara. Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569 152 Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish. Elisa, Rambe, A., Mardiyah, A., Siregar, T. A., Roipalah, & Zunastri, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Quizizz untuk Mengukur Kompetensi Pengetahuan Fisika Siswa. Journal of Natural Sciences, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.34007/jonas.v2i2.125 Ermawati, I. R., Anomeisa, A. B., & Seputra, H. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Karakter terhadap Hasil Belajar Fisika. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, VII(1), 106–115. Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2020). Desain Blended Learning (Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian). Scopindo Media Pustaka. Fauzi, A., Winata, W., & Ansharullah. (2021). Pengembangan Karakter Kepedulian Melalui Kurikulum “SENTRA” dengan Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Instruksional, 2(1), 64–69. Fiventina, L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Daring Mapel IPS Melalui Model Pembelajaran Artikulasi pada Peserta Didik SMP 20 Kota Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 40–51. Hafidzah, Subayani, N. W., & Alfiansyah, I. (2021). Pengembangan Modul Ajar Kepoh (Komik Edukasi Profesor Hana) Materi Perubahan Wujud Benda Kelas III Sekolah Dasar. JTIEE: Journal of Teaching in Elementary Education, 5(1), 1–16. http://eprints.umg.ac.id/4933/ Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving pada Siswa Kelas X-Mia SMA Swasta Kampus Teluk Dalam. Sinasis, 1(1), 103–116. Harefa, D. P., & Gumay, O. P. U. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. SJPIF: Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 1–14. 153 Haryadi, R., & Jannah, R. (2020). Pembelajaran Daring Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Edumaspul: Jurnal PendidikanJurnal Pendidikan, 4(2), 264–268. Hasannah, U., & Suprapto, N. (2021). Pengembangan Compact Book Fisika Berbasis Android untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 84–89. Hasibuan, W. F. (2016). Problematika Teacher-Centre Learning: Studi terhadap Institusi Pendidikan di Indonesia. Hutasoit, S. A. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) dan Project Based Learning (PBL) dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dan Peninjauan Karakter Siswa. Japendi: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1775–1799. Idamayanti, R., Yusdarina, Sakti, I., & Hasan, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 199–203. https://doi.org/10.30595/jkp.v Imbar, K., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14 Indrawati, E. S., Zaturrahmi, & Nurpatri, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 6 Padang. Jurnal ESTUPRO, 6(3), 64–71. Ismayani, A. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. PT Elex Media Komputindo. Isnarto, Arifudin, R., & Pramono, D. (2018). Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru di Kota Salatiga. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 210–216. 154 Izzet, A., Tobroni, Haris, A., & Mardiana, D. (2020). Prophetic Leadership Mahasiswa: Studi pada Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan Universitas Muhammadiyah Malang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 140–153. Khoriah, S. N., Rizkia, N. M., Awwaliyah, A. F., Ramadhani, A. D., Umam, A. M., & Mubarok, H. (2021). Pembelajaran Sekolah Indonesia Luar Negeri di Tengah Pandemi Covid-19 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH). ELIa: Journal of Educational Learning and Innovation, 1(2), 129–145. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.223 Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran yang Tepat pada Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Edunomika, 01(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194 M. Cakmar, S. mulyani I., Nurhayati, N., & Yani, A. (2021). Penerapan Blended Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 10 Pinrang. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17(3), 192–201. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.28991 Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran (E. Kuswandi (ed.)). PT Remaja Rosdakarya. Malik, A. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. Deepublish. Manalu, E. O., Haryanto, H., Wyrasti, A. F., & Juli, P. (2020). Identifikasi Penerapan Pendekatan Saintifik Kegiatan Menanya (M2) Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Matematika yang Bersifat Teacher Centered Learning. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 39–45. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page39-45 Maulani, M., Maison, Kurniawan, D. A., & Jumiarti, H. (2021). Identifikasi Kemampuan Analisis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berpusat pada Guru (Teacher Center Learning) pada Mata Pelajaran Fisika di 155 SMA N 1 Lubuk Sikaping. E-Proceeding SENRIABDI, 1(1), 143–150. Muhammad, S. (2017). Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi (M. D. Fajri (ed.)). Uhamka Press. Mujahida, & Rus’an. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered. Scolae: Journal of Pendagogy, 2(2), 323–331. Mursida, A. S., Jannah, M., & Wahid, M. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 2(1), 19–25. Narwanti, S. (2014). Pendidikan Karakter. Familia. Ngalimun, Fauzani, M., & Salabi, A. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Nurfadilah, Putra, D. P., & Riskawati. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.30605/jld.1.2.2021.14 Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. PRENADAMEDIA GROUP. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT REMAJA ROSDAKARYA. Puspitasari, E., Aristya Putra, P. D., & Handayani, R. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 44–52. Raharjo, S. (2019). THUNKABLE SECRET Panduan Lengkap Membuat Aplikasi Android dalam Hitungan Menit. Novo Media. Rahayu, A. I. (2021). Sifat-Sifat Rasulullah Saw sebagai Dasar Pendidikan 156 Karakter. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Ke-41, 1(01), 19–26. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.5 Ramadayanty, M., Sutarno, & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Representation untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24 Ramadhani, H. S. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran SCL (Student Centered Learning) dan TCL (Teacher Centered Learning) pada Motivasi Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Angkatan Tahun 2014 – 2015 Instrinsik & Ekstrinsik. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66–74. Ramdhani, M. A. (2014). Perbandingan Strategi Pembelajaran Teacher Centered Learning dengan Student Centered Learning terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Tarikh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian Problematika Teacher Centered Learning dalam Pembelajaran Siswa Studi Kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. Journal of Elementary Education, 05(01), 77–85. Sahlan, A., & Prastyo, A. T. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media. Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) dengan Student Centered Learning (SCL) (Universitas Muslim Indonesia). Article Universitas Muslim Indonesia. https://doi.org/10.31227/osf.io/ybeux Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). PUSAKA JAMBI. Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.). KENCANA PRENADA MEDIA. 157 Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan.” Setiawan, L. K., Pathoni, H., & Alrizal. (2021). Pengembangan Buku Elektronik Fisika Dasar I Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Vektor dan Kinematika. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 614–621. Setyowati, E. (2019). Pendidikan Karakter FAST (Fathonah, Amanah, Shiddiq, Tabligh) dan Implementasinya di Sekolah. Deepublish. Siang, J. L., Sukardjo, M., Salenussa, B. J. M., Sudrajat, Y., & Khasanah, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 40–52. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15329 Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Menulis Cerita Pendek Kearifan Lokal Menggunakan Model Mind Mapping Siswa SD Kota Samarinda. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 171–184. https://doi.org/10.32672/si.v21i2.1941 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Syams, A. N. (2018). Implementasi Prophetic Leadership di MI Nurul Ulum Bantul. Edukasia Islamika, 3(1), 105. https://doi.org/10.28918/jei.v3i1.856 Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 70–78. Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64. 158 Wijaya, T. (2019). Panduan Praktis Menyusun Silabus, RPP, dan Penilaian Hasil Belajar. Noktah. Wulandari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android di SMA Negeri 3 Ngabang. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 21. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1296 Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi (1st ed.). PRENADAMEDIA GROUP. Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (1st ed.). KENCANA. citation: Sari, Nuraeni Nanda dan Ermawaty, Imas Ratna (2022) PENGEMBANGAN MODEL TEACHER CENTERED LEARNING (TCL) MELALUI INTEGRASI PROPHETIC. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25098/1/Nuraeni%20Nanda%20Sari.pdf