eprintid: 25097 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/97 datestamp: 2023-07-10 09:05:22 lastmod: 2023-07-10 09:05:22 status_changed: 2023-07-10 09:05:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farhan, Nur Muhammad creators_name: Ermawaty, Imas Ratna creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Konten Media Sosial Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis konten interaktif media sosial untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaku kan di SMA Negeri 14 Kota Bekasi dan SMAN Negeri 18 Kota Bekasi dengan responden yang dituju adalah peserta didik kelas XI MIPA. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pemgembangan ADDIE. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini didapatkan bahwa presentase rata – rata penilaian ahli materi sebesar 80,92% (baik) dan presentase dari keseluruhan penilaian ahli materi sebesar 81.43% (baik). Pada hasil validasi media diperoleh penilaian presentase rata – rata pada aspek penilaian media sebesar 80.00% (baik) dan presentase dari jumlah keseluruhan penilaian dari ahli media sebesar 80.00% (baik). Kemudian dari hasil pre-test uji coba skala kecil diperoleh nilai rata - rata pre-test yang sebelumnya sebesar 68.59 meningkat menjadi 89,55 pada hasil nilai rata – rata post-test. Sedangkan pada uji coba skala besar menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata dari yang sebelumnya 70,57 pada hasil pre-test menjadi 88,93 pada hasil post-test. Dari hasil angket efektivitas pada uji coba skala kecil diperoleh presentase rata – rata dari penialian angket efektivitas media sebesar 87.73% (sangat baik). Sedangkan pada uji coba skala besar memperoleh hasil presentase rata – rata dari penilaian angket efektivitas media sebesar 85.04% (baik). Selanjutnya hasil dari angket motivasi belajar diperoleh rata – rata presentase sebesar 85.07% (baik) pada uji skala kecil dan 81.76% (baik) pada uji coba skala besar. Berdasarkan dari hasil penilitian maka diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran fisika berbasis konten interaktif media sosial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa layak diterapkan dalam proses pembelajaran. date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Cahyani, Adhetya, & Sari, P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3 (01): 123–40. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57. Hawari, Sabri, M. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Media Sosial Di Sma N 12 Semarang. Oleh : https://lib.unnes.ac.id/38485/. Ichwan, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA 87 (1,2): 149–200. Pangestu, Rexy, D., Afrizal, M., & Nyoman, R. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika 1 (1): 48–55. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55. Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Diterbitkan Oleh: Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (PUSAKA). Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 87 Warpindyastuti, Lady, D., & Meiva, E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dan Promosi Pada MIN 18 Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen 2 (1): 91–95. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2971/2039. Zulviyani, Lily, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Torgomba. Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 6. http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOLOGICA-EF.pdf. Hafida. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Tengah Pendemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Scince, vol. 2, no. 2, p. 82. Anam, W., Wati, & Asiah. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Channel Youtube Berbantu Aplikasi Powtoon pada Materi Suhu dan Kalor. U-Teach J. Educ. Young Phys. Teach., vol. 1, no. 1, pp. 19–28, 2020, doi: 10.30599/uteach.v1i1.19. Fitriyani. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Febriant, Ella, P., (2030) Motivasi Belajar Menurun Imbas Dari Covid-19. Apriansyahm. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran 88 Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi. Hendra. (2020). Eksistensi Media Sosial, Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 4 No. 1, Juni 2020 Mulyani, & Sabri. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Media Sosial Di Sma N 12 Semarang. Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Gallant. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Yang Interaktif Dan Kekinian. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rexy. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Video Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika tahun. Anhar, A., Shaleh. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam Informal Pada Remaja: Solusi Di Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Agama Islam. Universitas Ahmad Dahlan. Lizunasution. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan. Yani, Irfan, & Mia. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran 89 Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Ahmad, M. (2021). Pemanfaatan Model Pembelajaran Blended Learning Melalui Platform Interaktif Untuk Guru Di Lembaga Bimbingan Belajar Jakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Up3m Stkip Pgri Sumatera Barat citation: Farhan, Nur Muhammad dan Ermawaty, Imas Ratna (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Konten Media Sosial Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25097/1/NUR%20MUHAMMAD%20FARHAN.pdf