eprintid: 25094 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/94 datestamp: 2023-07-10 09:05:18 lastmod: 2023-07-10 09:05:18 status_changed: 2023-07-10 09:05:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhanti, Nabila Sekarini creators_name: Laksanawati, Wahyu Dian creators_id: dianlaksanawati@uhamka.ac.id title: Pengembangan Alat Praktikum Kalorimeter Berbasi Internet of Things Pada Materi Suhu Dan Kalor" ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik dalam menggunakan alat praktikum kalorimeter berbasis internet of things, mengurangi kesalahan dalam pengukuran, dan meningkatkan pemahaman konsep materi suhu dan kalor. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat praktikum kalorimeter berbasis internet of things pada materi suhu dan kalor. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap analyze, dilakukan analisis kebutuhan untuk melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Pada tahap design, dimulai dengan pembuatan desain alat praktikum, desain untuk aplikasi, hingga rancangan alat praktikum. Selain pembuatan desain, peneliti membuat instrumen untuk uji validasi ahli. Pada tahap development, alat praktikum yang telah dibuat diujikan kepada para ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Pada tahap implementation, dilakukan uji lapangan yaitu oleh 14 peserta didik (skala kecil) dan 145 peserta didik (skala besar). Pada tahap terakhir yaitu evaluation, pada tahap evaluasi ini dilakukan dengan menganalisis data validasi ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Data yang diperoleh dari analisis kebutuhan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rekapitulasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 91.8% (sangat baik), ahli media sebesar 90.9% (sangat baik), uji skala kecil sebesar 76.8% (baik), uji skala besar sebesar 85.08% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat praktikum kalorimeter berbasis internet of things pada materi suhu dan kalor layak digunakan dalam proses pembelajaran. date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akhirudin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). Belajar dan Pembelajaran (Jalal (ed.); 1st ed.). CAHAYA BINTANG GEMERLANG. Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1). https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730 Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran MATHSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 926–938. Azrianti, V. P., & Sukma, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash untuk Menanamkan Karakter Positif. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 4. Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal, 3(1), 35–43. Efendi, Y. (2018). Internet of Things (IoT) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4. Faot, I. Y. (2021). Teachers‟ Creativity In Designing Teaching Aids To Improve Students‟ Learning Outcomes At Grade IV SD Inpres Tobu. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 10(2), 330–338. Fezari, M., & Dahoud, A. Al. (2019). Exploring One-wire Temperatuer sensor 96 “DS18B20” with Microcontrollers. Handayani, M. F. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF E-MODUL DENGAN MATERI BADAN USAHA PADA KELAS XI DI SMA N 7 KOTA JAMB. Universitas Jambi. Hasanudin, C. (2017). Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan Kemanfaatan (1st ed.). DEEPUBLISH. Hendrawan, R., Budi, E., & Bakri, F. (2019). Media Berbasis Arduino: Model Pengukuran Percepatan gravitasi Bumi dengan Prinsip Gerak Jatuh Bebas. Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2019, 8, 123–134. Ilham, D. N., & Hardisal. (2020). Monitoring dan Stimulasi Detak Jantung dengan Murrotal Al-Qur’an Berbasis Internet of Things (IoT) (D. E. Restiani (ed.); 1st ed.). Jejak. Irwanto, B., Kabib, M., & Winarso, R. (2019). Rancang Bangun Sistem Kontrol Penimbangan Tembakau Dengan Mikrokontroller Arduino Uno. Jurnal Crankshaft, 2(2), 27–32. https://doi.org/10.24176/crankshaft.v2i2.3837 Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., Wahyuni, D., Kurniawan, M. A., Mardiana, N., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2018). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (1st editio). PT. Remaja 97 Rosdakarya. Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat (1st ed.). KENCANA. Luawo, M. I. R., & Maulidya, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Mengenai Gaya Pengambilan Keputusan pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Jakarta. Insight : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 195–200. Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. Masyruhan, M., Pratiwi, U., & Al Hakim, Y. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berbasis Mikrokontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6, 134–145. Muchlis, F., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Berbasis Internet Of Things untuk Praktikum Hukum Newton II. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 13–20. Muliadi, Imran, A., & Rasul, M. (2020). Pengembangan Tempat Sampah Pintar Menggunakan Esp32. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 2721–9100. Nisbayanti, Novianti, A., & Rahmadani, N. A. (2020). Dampak Penggunaan Media Phet dan alat Peraga Praktikum Terhadap Pemahaman Konsep Getaran Harmonik Sederhana pada Siswa SMA. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 29–36. Nurhayati. (2020). Pengembangan Alat Peraga Kartu Domino pada Tema 3 Sub Tema 1 Untuk Siswa Sekolah Dasar. 98 Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (A. Karim & S. Purba (eds.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis. Permatasari, G. P. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pemahaman pada Siswa Kelas V SD di Kecamatan Cibeunying Kaler. Pravalika, V., & Rajendra Prasad, C. (2019). Internet of things based home monitoring and device control using Esp32. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1 Special Issue 4), 58–62. Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, Yanti, Simarmata, J., Chamidah, D., Purba, D. S., & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Purwanti, S., & Anggraini Putri, R. Z. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Hots Pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 155–160. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1080 Rachmawati, D. O., Gunadi, I. G. A., & Budiada, K. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Fisika Sederhana. Prosiding SENADIMAS Ke-4. Ramadhana, M. F., Kurniawan, W., Hannats, M., & Ichsan, H. (2020). Sistem Monitoring Lahan Parkir berbasis Bluetooth Low Energy ( BLE ). 4(8), 2562–2568. Risma, Farida, & Andriani, S. (2021). Android Mobile Learning: MIT App 99 Inventor Dan Pengembangannya Pada Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics, 7. Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103 Rusman. (2017). Belajar Dan Mempelajari Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.). KENCANA. Sadiman, A., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (18th ed.). PT. Rajagrafindo Persada. Sandjaja, D. P., Roza, L., Hidayat, M. N., Rosyid, F. A., & Makdiani, N. (2020). The Development of Viscosity Practice Tools Based on Information and Communication Technology Using Arduino and Android on Static Fluid Material for Grade XI Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012042 Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349 Setiawan, A., Pursitasari, I. D., & Hadhienata, H. (2018). Pengembangan Kit Praktikum Difraksi dan Interferensi Cahaya untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemmpuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1). Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). 100 Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1, 46–57. Sholihah, M., Bahiroh, H., & Sahal Hadi, M. (2019). Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar. Siswanto, Adiguna, A., & Gata, W. (2018). Kendali dan Monitoring Suhu dan Ketinggian Air Aquarium dengan Sensor DS180B20, HCSR04 dan Mikrokontroler Arduino Uno R3 Berbasis Web. Prosiding SNST Ke-9. Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan: Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika (Nita (ed.); Cetakan Pe). PT. Remaja Rosdakarya. Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 231–243. Solecki, I., Porto, J., da Cruz Alves, N., Gresse von Wangenheim, C., Hauck, J., & Borgatto, A. F. (2020). Automated Assessment of the Visual Design of Android Apps Developed with App Inventor. Paper Session: Automated System SIGCSE ’20. Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. DEEPUBLISH. Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran (D. Ariyanto (ed.); Cetakan Pe). CV. PUSTAKA ABADI. Surbakti, A. R. U., & Abe, N. (2020). Application of App Inventor Website in Android-Based Physics Learning. Journal of Learning and Technology in 101 Physics, 1(2). Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajan Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (ed.); 1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya. Susiaty, U. D., Firdaus, M., & Andriati, N. (2021). Pengembangan Alat Peraga Papan Positif Negatif Berbasis Metode Montessori pada Siswa dengan ADHD. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10, 73–84. Syafiqoh, U., Sunardi, S., & Yudhana, A. (2018). Pengembangan Wireless Sensor Network Berbasis Internet of Things untuk Sistem Pemantauan Kualitas Air dan Tanah Pertanian. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i2.878 Wahyuningsih, F. T., Al Hakim, Y., & Ashari. (2019). Pengembangan Alat Peraga Pengukur Debit Air Menggunakan Sensor Flow Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fluida. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12, 38–45. Wasista, S., Setiawardhana, Saraswati, D. A., & Susanto, E. (2019). Aplikasi Internet of Things (IoT) dengan Arduino dan Android: “Membangun Smart Home dan Smart Robot berbasis Arduino dan Android” (1st ed.). DEEPUBLISH. citation: Ramadhanti, Nabila Sekarini dan Laksanawati, Wahyu Dian (2022) Pengembangan Alat Praktikum Kalorimeter Berbasi Internet of Things Pada Materi Suhu Dan Kalor". Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25094/1/NABILA%20SEKARINI%20RAMADHANTI.pdf